December 23, 2008

...dan aku hanya butuh diam

'mungkin kita memang ga berjodoh...'
'...'
'dan tuhan telah menyampaikannya pada kita'
'...'
'kamu tau sendiri, selama ini, kita ga pernah bisa bersama yang benar2 bersama. setiap kita saling dekat, setiap kita ingin bersama, bahkan ketika kita pernah bersama, selalu ada saja hal yang pada akhirnya memisahkan kita...'
'...'
'apa memang ada yg salah sama kita?aku?kamu mungkin?'
'...'
'kalau memang mungkin kita ga jodoh di dunia, mungkin kita berjodohnya d akhirat nanti. berjodoh d surga...amin...'
'...'


tuan 'diam-seribu-bahasa', tuan 'diam-membatu'... si tuan itu tetap diam. tak keluar sedikitpun kata2 dari mulutnya. entah bila dipikirannya. si tuan itu selalu begitu. diam tak bereaksi, tak ada respon. susah diajak bertukar pikiran, apalagi untuk dibawa berdebat. bahkan ketika kusampaikan pendapatku mengenai 'jodoh'. entah apa yang ada dipikirannya sehingga sulit untuk dia ungkapkan. sesuatu yang buruk kah? yang bila dia sampaikan padaku akan sungguh menyakitkan dan membuat duniaku berhenti berputar? atau sesuatu yang dia pikir tak akan bisa aku cerna dengan akal ku? tuan, aku bukan cenayang yang dapat begitu saja membaca apa yang berkelebat dalam pikiranmu.

'iya kan Yang? iya kan?!'
'...'
'lalu apa namanya ini?yang terjadi sama kita ini, namanya apa??'
'...'

seperti bermonolog. anjing menggonggong, si tuan tetap terdiam. seribu bahasa. bahkan ketika tone suara naik satu oktaf lebih tinggi, si tuan tetap tak bergeming.

'aku juga harus diam kalau begitu...seperti kamu'
'Ra...'

hanya satu kata itu yang akhirnya keluar dari mulutnya. dan...heugh. si tuan merengkuh pundakku. dan seketika menggapai keseluruhan badanku. membuat dadaku sesak karena dia kini mendekapku. dalam hitungan detik ragaku terkuasai. aku tak berdaya. dia memelukku erat. mentransfer seluruh energi panasnya padaku. yang dapat kurasakan kini hanyalah panas tubuhnya serta deru nafasnya. dia tetap tak berkata-kata. pelukan ini mengartikan lebih dari sekedar kata-kata yang semestinya dia ucapkan. namun membuat seribu tanya baru dalam otakku.


dan mungkin aku hanya butuh diam, seperti dia...

December 3, 2008

tanggal 14 itu, fullmoon...

kau serahkan punggungmu, agar aku bisa bersandar disana...
kau menyediakannya untuk ku berkeluh, tanganmu kuat mengcengkeram ragaku yang lelah terkulai di punggungmu...

-------

kau tahu aku masih kuat berjalan, namun tak kau biarkan itu. tak kau biarkan aku berjalan di tepian dengan dada sesak menghisap lembabnya udara malam kota bandung. seketika merunduk di depanku, membelakangiku, menyediakan punggungmu dan tanganmu bergerak kebelakang, kearahku. menggapaiku agar aku bisa menghempas ragaku, terkulai di punggungmu, dan tanganku akan sangat erat memeluk lehermu, menciumi bau rambutmu, sementara kedua tanganmu menggenggam kakiku erat, agar aku tak terjatuh dari punggungmu.

ketika itu tanggal 14, bulan penuh tepat diatas kita. malam gelap tersiram sinar bulan yang sendu. aku hanya bisa menurut, dan terdiam. sambil terus kurengkuh lehermu, kubuai dengan rambut panjangku yang lurus terurai menyapu wajahmu sesekali. sampai dapat kau cium wangi rambutku. kau bilang rambutku harum, baru ku cuci dengan wangi mint. kukeringkan juga mereka dan kusisir rapih uraian rambutku. seperti yang selalu kau katakan tiap kali sehabis aku mencuci rambutku. bahwa mereka harus kering, dan rapih. kulakukan itu sesaat lalu sebelum kau singgah. kau dapat menciumnya kan? rambut panjangku, yang tak kau ijinkan untuk dipotong, rambut panjangku yang wangi dan rapih. yang sekarang sedang membelai lembut telinga dan lehermu, serta sesekali turun mencumbu pipimu.

langkahmu pelan, mungkin karena menggendongku yang beratnya memang bertambah. entah karena kau sekedar ingin menikmati malan di bawah 'fullmoon'. tak kudengar napas kelelahan karena masih membiarkan aku di punggungmu. dan kau pun berkata bahwa aku masih sanggup kau gendong d belakang punggungmu, aku masih ringan katamu. saat itu aku berharap kalau langkahmu lebih lambat lagi, dan jalan yang akan kita lalui akan masih jauh lagi.

mulailah kita berbelok, masih menyusuri jalan, menuju arah yang lebih gelap. makin membuatku sesak, meski aku sudah dengan nyamannya karena merasakan kehangatan punggungmu. aku bertanya 'kenapa?' tapi kau diam. karena tanya itu hanya tercekat di tenggorakanku, kau mungkin tak mendengarnya. 'kenapa?' kali kedua aku melontarnya, kali ini bersuara, berbisik, hilang terderu suara kendaraan yang lewat beberapa. kau masih diam. hingga aku rengkuh lebih erat lehermu, kepalamu, sambil terus kucium rambutmu. aku hanya bisa diam setelahnya. hanya sepatah 'kenapa?' yang begitu sulit terjawab, namun cukup membuat kelu lidah, pikiran, dan perasaan. memang mungkin tak perlu kau jawab. pohon-pohon besar mendesir daunnya. seakan ikut mendengar tanyaku dan berusaha menjawabnya. mereka pun ingin saling merengkuh, ketika jatuh pandangan ibanya melihat kita.

aku ingin tidur saja, hingga esok hari. saat dimana bulan sudah menghilang dari langit dan bintang tak lagi terlihat kilaunya. mungkin tak usah bangun lagi setelah tidur dalam keadaan seperti ini. saat kita sama-sama terdiam dengan hanya hembus nafas kita yang terdengar. saat dimana tak perlu lagi ada pertanyaan. saat aku mencium bau rambutmu, dapat membelai pipimu dengan bebasnya, dan merengkuh lehermu hingga seakan asa dan cintamu ikut terengkuh bersamanya. saat dimana tanganmu tak terlepas sedetikpun dari ragaku.

saat yang seperti ini. dibawah terang bulan dan kilau bintang.
berjalan menyusuri tepian, menghisap malam. berdua.

-------

[bandung, 14 oktober 2008]

November 26, 2008

ki-ra-na



KIRANA PARIKESIT SATRIANI


sebuah nama untuk anak perempuanmu kelak...


------------

'kalau nanti aku punya anak perempuan, aku bakal kasih nama Kirana...'
'kenapa?karena kamu suka Dewa19?haha...'
'ga tau, aku suka aja sama nama itu...dari dulu...'
'belakangnya mesti ada Satria nya... Kirana bla bla bla Satria...'
'nama kamu nya mana?'
'uhmm...ya udah, klo gitu Satria nya jadi Satriani... Satria+Giani...nama aku sama kamu kan... heuheu...'
'haha...kaya Joe Satriani dong...'
'iya bener...y udah gapapa lah bagus kan...'

tiba-tiba aku teringat perbincanganku dengan Kakang beberapa waktu silam. ketika kami sedang gemar membicarakan tentang nama. nama aku, nama Kakang, dan bercerita tentang nama impian kami berdua untuk anak-anak kami kelak. ketika itu Kakang bersikeras memilih nama Kirana untuk anak perempuannya. entah mendapat ide darimana Kakang pilih nama itu. bahkan ketika aku bertanya arti dari Kirana, Kakang sendiri pun tak punya jawabannya. ketika itu dugaanku hanya satu. karena Kakang suka Dewa19. heuheu...salah satu hits single Dewa19 yang booming pada masanya adalah lagu yang berjudul Kirana. ternyata dugaanku salah, Kakang bilang punya nama itu sebelum dia kenal lagu Kirana.
setelah Kirana dijadikan nama depan, maka kami melanjutkan diskusi tentang nama tersebut. aku memberikan saran bahwa nama belakang Kirana harus mengandung unsur nama Kakang yaitu Satria. maka Satria akan menjadi nama belakang Kirana. untuk lebih mengkombimasikan antara nama Kakang dan aku, maka jadilah Satriani, gabungan dari Satria dan Giani, nama belakangku. aku ingin menambahkan satu lagi nama sebagai nama tengah Kirana, hanya saja, diskusi kami selalu mentok diseputar Kirana dan Satriani.
nama tengah Kirana masih belum kami dapati. sampai suatu ketika aku dan Kakang memutuskan untuk berpisah sebelum kami 'menghasilkan' Kirana dalam wujud nyata, nama Kirana masih saja kami bahas. meski Kirana datang dari Kakang, namun ketika itu entah kenapa aku begitu menginginkan nama Kirana menjadi nama anakku kelak. aku sudah jatuh hati pada nama itu. hingga aku memberanikan diri meminta nama itu pada Kakang.

'nama kirana, boleh buat nama anakku aja ya...'
'boleh...silahkan aja...'
'kalau nanti kamu ketemu anak perempuan yang namanya Kirana, kamu harus curiga dia anakku ya Kang...kamu juga boleh kasih nama Kirana buat anak kamu'
'iya...'

sekarang aku sudah punya nama tengah itu. nama tengah untuk Kirana. Parikesit Kang, nama tengah untuk Kirana. menurut silsilah pewayangan Jawa dan juga cerita Mahabrata, Parikesit itu adalah putra dari seorang ksatria yang namanya sama dengan nama Kakang. nama Parikesit ini aku peroleh dari hasil searching di Wikipedia. kini aku juga tahu apa arti nama Kirana dan sepertinya Kakang pun harus tahu. dengan modal searching sana-sini, dapatlah aku arti nama Kirana. bahwa Kirana mempunyai arti elok, molek, cantik. dan ketika aku iseng mengetik 'Kirana' di 'Linguist' keluarlah arti dalam bahasa Inggris 'ray' or 'beautiful'. maka aku semakin jatuh hati akan nama Kirana.

------------


November 25, 2008

'i will' and mr.cool

'tau lagu i will?'
'uhmm...'
'i will nya the beatles'
'uhmm...tau tau, yg dijadiin closingnya sinetron lupus kan?'

sebuah flashback. tiba tiba aku teringat kejadian beberapa tahun lalu sekitar tahun 2000. ketika kami masih sama-sama duduk di bangku sma. ketika itu mr.cool mengajak aku 'jalan', mungkin bisa dibilang sebuah kencan. diperjalanan pulang, dia bertanya padaku tentang lagu i will yang dinyanyikan the beattles (tau kan lagunya?pasti pada hafal deyh semua liriknya).

ketika itu aku berlagak tahu lagu tersebut. okey, aku memang tahu lagu itu, tapi aku enggak pernah tahu lirik lagu itu. hingga suatu hari di awal tahun 2003, aku baru tahu dengan jelas lirik lagu itu. dan baru ketika itu pula aku 'ngeh' kenapa hari itu, suatu hari di tahun 2000, my mr.cool bertanya tentang lagu i will.

if i could turn back time, jika saja aku tahu isi lagu i will itu ketika mr.cool bertanya padaku, jika saja aku tahu maksud lagu itu ketika mr.cool memintaku untuk menjadi kekasihnya (lagi). mungkin saja dari dulu hingga sekarang, hanya aku yang menghuni hatinya si mr.cool. silly thing, when you realize something but it's too late for you to realize. percuma aku tahu lagu i will-hingga akhirnya aku hafal dan fasih menyanyikannya-karena aku menyadarinya setelah selang 3 tahun berlalu. saat ketika mr.cool sudah dikelilingi kupu-kupu yang berasal dari taburan kasih sayang perempuan lain. saat dimana aku yang hanya bisa berkata bodoh pada diriku sendiri. dan saat dimana aku, yang menjadi terobsesi untuk membalas semua kebodohanku karena dulu dengan tegas menolak mr.cool hanya karena aku tidak tahu lirik lagu i will. kalau saja aku tahu mr.cool sudah berusaha sekeras itu menyampaikan maksud hatinya.

mr.cool...
tiga kali memintaku menjadi kekasihnya. memintaku berada disisinya untuk menjadi seseorang yang dia kasihi dan sayangi. tiga kali dimana dia dalam keadaan menyayangiku, dan setulus hati memohonku menjalani hari bersamanya.
tiga kali pula dia menyampaikannya lewat tulisan. tak satupun yang terucap langsung dari mulutnya meski kesempatan itu ada. tiga kali pula aku hanya bisa membayangkan wajah dan ekspresinya ketika mengatakan "maukah kamu menjadi kekasihku?". usahanya yang terberat justru malah yang tak menghasilkan apapun selain tangan hampa dan kecewa karena kutolak. ketika dia menyuratiku untuk kali yang kedua.
aku tidak tahu perasaanku terhadap mr.cool ini apa namanya. yang jelas, setiap kali dia dekat, aku seakan-akan menyiakannya. sementara begitu dia jauh, justru aku rindu berada didekatnya. aku juga tidak tahu pasti perasaan dia padaku seperti apa. yang jelas, ketika aku berusaha untuknya, yang ada adalah dia yang tak bergeming. dan saat aku angkuh, dia selalu ada untuk memintaku.

November 18, 2008

kuliah vs kerja

kalo kata aku, ketika kuliah itu kita bukan semata-mata belajar agar mendapat IPK besar, dan cari kerja gampang, dengan gaji yang besar. bukan semata-mata untuk itu.

walaupun baru lulus kuliah 2 tahun, dan setelah mengalami kehidupan 'bekerja', baru dirasakan lah, bahwa kuliah itu sangat banyak membentuk kepribadian dan menempa mental.
suasana kuliah yang keras, bikin jadi tahan mental (walaupun pas ngalaminnya mah nangis melulu). tugas-tugas segambreng melatih sikap kooperatif dan kerjasama yang bagus banget (secara semuanya rela bantuin ngerjain tugas gw klo gw udah mulai mewek :D ). semangat kekeluargaan pun benar-benar terasah. sama temen udah berasa sodara sendiri saking deketnya (secara kalo udah malem, selalu minta anterin pulang krmh wkwkwk). jiwa sosialisasi yang lebih serius dilatih juga dengan ngikutin organisasi2 dan sering jadi panitia kalo ada acara di kampus semisal ospek atau pekan olahraga. belum lagi, tata cara interaksi dengan dosen-dosen yang ga semuanya lancar. mulai lah belajar solving problem yang cukup berat dan meres otak. bagian bikin tugas akhir yang paling ditakuti. dan mbikin tersenyum bangga setelah berhasil melaluinya. giliran sibuk nyari kerja, mulai lah otak berpikir keras lagi(gmn caranya dapet duit dr mamah, pdhl udah g kuliah). serta mengatur strategi (strategi gmn caranya selalu dikasih tau lowongan kerja ama tmn..haha secara saya jarang k kampus).

setahun pertama kerja, interaksi masih meliputi orang-orang baru yang dikenal di kantor. masih merasa nyaman dengan keadaan baru bekerja. menikmati menjadi pekerja yang punya uang sendiri, bisa beli apa-apa sendiri sakarep dhewe! disertai tanggung jawab penuh terhadap diri sendiri tentunya. memasuki tahun kedua, mental yang sudah dilatih waktu kuliah, lebih tertempa lagi di tempat kerja. interaksi dengan orang yang totally different. kalau waktu kuliah, semua orang itu nyaris sepantara, sementara, yang namanya 'temen' di tempat kerja itu bisa jadi umurnya lebih tua dibanding orangtua sendiri. sempet bingung bagaimana caranya mingle. apalagi di kantorku, lumayan banyak expat juga. secara perusahaan multinasional. lagi-lagi, skill bersosialisasi kembali teruji.

awal taun 2008 ini, kembali aku teruji. ditransfer ke balikpapan. kota antah berantah di kalimantan. yang walaupun bagus kotanya, tetep ajah mesti nyebrang lautan buat mencapainya. merasa terjebak. takut g bisa pulang. merasa diasingkan. time goes by... teman-teman baru di balikpapan ngasih gw pengalaman baru lagi. semakin mengenal banyak orang, gw rasa secara tidak langsung membuat kita ter-upgrade.9 bulan di balikpapan, tiba-tiba dihadapkanlah gw pada interaksi dengan teman-teman lama. bermacam-macam. yang udah nikah, punya anak, kerja, dan beberapa yang masih kuliah. mengenal dan dekat dengan teman lama serta banyak berinteraksi dengan mereka membuat gw punya pandangan baru. dengan tanpa maksud mendiskriminasikan atau apapun itu namanya, atau mungkin hanya kebetulan terjadi sama gw. walaupun umur gw dan teman2 itu sama, tapi bila dikomparasi antara yang sudah bekerja dan masih kuliah, dan juga dengan yang sudah punya anak, ternyata bisa sangat jauh berbeda. pastinya banyak faktor penyebabnya. terutama buat yang punya anak. namun, bagi para lelajang ini, awalnya saya kira sama. saya pun tak pernah sama sekali mendiskriminasikan. cuman lama-lama. ya ko terasa memang beda. cara menyikapi sesuatu, jelas beda. cara pendang terhadap sesuatu, juga tampak terlihat bedanya. saya sendiri tidak begitu merasakan signifikansi pada awalnya. apalagi bila menyangkut sosialisasi biasa dengan teman2. namun, bila yang terjadi sudah menyangkut dan ada kaitannya dengan kelangsungan masa depan saya, ko malah makin terasa yah jomplangnya.

saya pikir hanya masalah toleransi. tapi ternyata, ego sebagai seorang manusia punya peran juga. saya sebenarnya tak mau memperuncing bedanya ini. tapi semakin dirasa dan ditelaah secara logis, ko malah semakin kentara.

ah sudah cukup lah kalau gitu saya menelaah. yang dikhawatirkan saya menjadi tidak bisa lagi toleran terhadap si orang satu ini. lagipula bukan semata-mata salahnya juga kan blm 'dewasa' dan mempunyai pola pikir yg mungkin memang masih berbeda dengan saya, si perantau dari bandung.

*bahaya bgt y gw posting ini, siap2 dicerca!!!!kabuuuuurrrrr

November 17, 2008

a letter to Allah

dear Allah,
(untukku)
jadikanlah cobaan ini sebagai satu jalan untukku meraih ridhoMu,
jadikanlah cobaan ini sebagai penebus kesalahan-kesalahan ku,
jadikanlah cobaan ini sebagai ujian untukku mencapai 'level' yang lebih tinggi di hadapanMu.
bukakanlah hatiku selebar-lebarnya,
lapangkanlah hatiku seluas-luasnya...

dear Allah,
(untuknya)
limpahkanlah curahan kasihMu untuknya,
balaslah semua kebajikannya dengan kebahagiaan yang berlimpah,
perkuatlah imannya agar senantiasa santun dihadapanMu,
semoga apa yang telah dia 'tularkan' kepadaku, menjadi satu catatan dalam daftar amal baiknya dan menjadi pahala untuknya.
kesalahan yang diperbuatnya, semata-mata karenaku, bukan karena niat buruknya.
permudahkankanlah jalannya untuk membahagiakan orangtuanya,
permudahkanlah jalannya mencapai ridhoMu.
bukakanlah hatinya selebar-lebarnya,
lapangkanlah hatinya seluas-luasnya...

dear Allah,
ikhlaskanlah hati kami...

amin

November 12, 2008

bintang


Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahaya. Terdapat bintang semu dan bintang nyata. Bintang semu adalah bintang yang tidak menghasilkan cahaya sendiri, tetapi memantulkan cahaya yang diterima dari bintang lain. Bintang nyata adalah bintang yang menghasilkan cahaya sendiri. Secara umum sebutan bintang adalah objek luar angkasa yang menghasilkan cahaya sendiri (bintang nyata).

Menurut ilmu astronomi, definisi bintang adalah:
“Semua benda masif (bermassa
antara 0,08 hingga 200 massa matahari) yang sedang dan pernah melangsungkan pembangkitan energi melalui reaksi fusi nuklir.”

---------------
entah itu bercahaya sendiri atau tidak, bintang darimu tetap nyata bagiku

November 11, 2008

lembayung senja

semburat lembayung kuning menyeruak ditengah langit kelabu

perlahan sirna di langit barat, berganti jingga yang temaram

lekat kupandangi tiap celahnya, hingga pedih menyentuh mata

eloknya tak dapat kubuai,

temaramnya tak kuasa ku sibak

kubiarkan malam datang mendesir,

lembut menyapa tepian jiwa yang rentan

November 10, 2008

13

13, angka tigabelas

mitos mengatakan kalau angka ini adalah angka sial. angka yang dihindari setiap orang. tak ada lantai 13, tak ada bangku nomor 13. namun bagi kami, angka ini dapat dibilang sebagai angka keramat dan sakral. angka yang memiliki arti khusus dalam perjalanan kehidupan kami.

---------

pagi itu upacara adat pernikahan sepupu kami yang biasa kami panggil teteh. karena teteh adalah sepupu dari pihak saya, maka upacara adat yang berlangsung pun memakai adat sunda. dalam serangkaian upacara pernikahan adat sunda, ada salah satu bagian yang dinamakan 'saweran'. bukan saweran seperti penyanyi dangdut yang diberi uang oleh penontonnya, tapi saweran disini adalah melemparkan uang-uang recehan pada para tamu undangan yang menyaksikan prosesi upacara adat. begitulah kira-kira lebih kurangnya.

ketika itu uang receh berupa koin yang dibagikan adalah kepingan uang rupiah bernilai 100, 200, 500, dan 1000. dengan sedikit modifikasi khas keluarga kami, beberapa dari koin-koin tersebut ditempeli nomor yang dapat ditukar dengan berbagai macam hadiah langsung. semacam doorprize. kebanyakan, yang paling bersemangat adalah anak-anak kecil. karena bagi mereka, sekeping pun begitu berharga. lumayan untuk tambah uang jajan. namun demikian, euforia tak hanya dirasakan anak-anak kecil itu. tapi semua orang yang hadir ikut serta meramaikan meriahnya prosesi saweran. begitu pun kami.

antusias, saya berdiri di depan petugas yang akan melempar sawer. sementara dia berdiri sedikit jauh di belakang. lemparan pertama, sontak kami terkejut. saya berhasil mengambil koin rp.200 yang bernomor. alhamdulillah, bisa ditukar dengan doorprize yang bernilai lebih tinggi dari koin 200. dan lagi dan lagi, saya mengais beberapa koin yang tercecer di tanah. berebut dengan para keponakan.

saya mendapat beberapa koin dan dia juga. dia yang tinggi menambah hasil perolehan koin-koin dengan mengais koin yang tersangkut di kain penutup penganten. kain yang berada di tempat tinggi, tak ada yang mampu mencapainya selain dia. setelah saya menukarkan koin berangka dengan doorprize berupa handuk kecil warna biru, dan setelah membagikan beberapa koin kepada para keponakan, kami menghitung hasil saweran yang kami peroleh.

jumlahnya 13,000. terdiri dari 3 keping uang 1000, dan 20 keping uang 500. tigabelas ribu rupiah. harta pertama kami. uang sakral. yang bagi kami begitu berharganya.

'13 ribu...kenapa msti 13 ya?'
'gak apa-apa, bagi kita mungkin ini jadi angka keberuntungan'
'kamu yang simpen ya, nanti kita beli celengannya'
'iya, sementara biar dimasukin celenganku yang gak kepake ya...'
'harta bersama pertama kita...'
'gak boleh dipake, uang sakral'

dan senyum pun mengembang dari bibir kami.

---------
harta bersama pertama kami. hasil usaha kami sendiri. walaupun dengan usaha dan hasil yang tak seberapa, semoga dapat menjadi awal yang baik. sebagai simbol, bahwa kami pernah bersama-sama berusaha dan bekerja sama. masih tersimpan angka 13 itu dimeja kamar. didalam tempat yang aman. dan tak ada orang lain yang boleh menyentuhnya.

13 kami...
*hasil penghitungan terakhir, ternyata jumlah uangnya bukan 13K, tp12.5K... i think we have the better number.hehe...aaahhh believe in myth :D

helaian asa



rajutan itu terurai kembali

menjadi helaian benang-benang asa

terberai berwarnakan pilu


rajutan itu terurai kembali

kehilangan bentuknya yang elok

tercecer di sela-sela harap dan penantian

October 31, 2008

hellow-ween

at the end of october

01. minal aidzin wal faidzin, lebaran di balikpapan not bad. keliling 7 rumah temen bikin ndut ajah. menyenangkan sekali makan enaaaakkk hehe...
02. terjadi sedikit airmata berdarah seminggu setelah lebaran. membuat berat badan yg sudah diperoleh kembali merosot...hhhh...tak sangka dan tak nyana.
03. 3 weeks vacation at bandung...okey 2 weeks pure vacation, and 1 week training at hyatt...
overall great!walaupun sempet ada sedikit 'drama'
04. 5cities in 3 days. cimahi-cianjur-bogor-depok-jakarta...toured with my beloved kakang :D with his black-new-ninja heheheh great great great... being cold in puncak, raining. at puncak: 'a, villa a villa...' (ga ngerti kan lo?hehe...ditawarin villa ama aa2 d puncak :D).
05. ke depok k nikahan teteh. akhirnya teteh nikah juga dengan pria pilihannya tanpa ada paksaan dan perasaan tertekan. alhamdulillah
06. dikasih tau permainan kartu baru ama si the king of 'kartu', si jamil. permainan kartu yg sangat sangat mengasah otak!edan lah
07. dia selalu menemani kemanapun saya ingin pergi setiap harinya. bahkan ketika saya tak ingin pergi kemana2, dia pun menemani.
08. wisata kuliner d bandung. sampe saya sakit krn terlalu diforsir jalan2nya. heu....
09. bismillah...memulai langkah dengan niat baik bersamanya. insya allah. amin

October 12, 2008

tiga kata

bersabar

bertahan

berjuang


dan semua akan indah pada akhirnya

comfort zone

"keluarlah dari daerah nyaman untuk sesuatu yang lebih baik dan berkembang" 

saya lupa baca tahu pernyataan itu darimana, cuman setau saya pernyataan itu memang ada benarnya. ketika kita berada di dalam area nyaman, kita cenderung stuck disitu dan nyaris ga ada keinginan untuk berkembang. make sense! namanya juga udah nyaman, siapa siyh orang yg rela melepaskan kenyamanan yang udah didapat. anggapan itulah yang bisa bikin kita ga berkembang dan ga mau maju, padahal justru hanya dengan melakukan sesuatu yang baru yang lebih menantang yang akan menjadikan kita lebih maju. seperti mengerjakan hal baru yang belum pernah kita kerjakan sebelumnya, bergaul dengan orang2 baru, atau bisa juga beradaptasi dengan lingkungan baru. hey, hidup tanpa hal baru itu kayanya berasa datar dan hambar.

pernah kan kita merasa begitu nyamannya ketika berada bersama teman2 kita. hal itu cenderung membuat kita malas mencari teman baru saking terlalu nyamannya kita dengan teman kita sekarang. it's okay, really okay kita sangat menjaga baik pertemanan kita dgn org2 tersebut. cuman, "mingles with new people is the way for us to improve ourself" someone told me that,dan itu mengena banget di otak saya.
tentang pekerjaan. terlalu nyaman berada disuatu lingkungan pekerjaan, terlalu nyaman dengan pekerjaan yang dilakukan, akan bikin kita stay disitu tanpa perkembangan apapun. oke oke aja siyh kalo untuk tipe orang yang ga ngoyo dan ga gitu punya target tertentu. but, since u're 22 years old, it's not good keep stayin on that situation ;)
pun begitu juga dengan spesial relationship dengan lawan jenis. keadaan dan hubungan yang sangat begitu nyaman, malah akan bikin kita bosen. seakan ga ada perkembangan, dan passion untuk maju pun nyaris hilang. padahal salahsatu tujuan dari 'making those relationship' adalah memajukan satu sama lain. dan ketika passion itu hilang, hambarlah yang terasa. 

memang berkah, sangat berkah ketika kita mendapatkan keadaan nyaman, berada pada posisi dan area nyaman. harus musti kita syukuri. alhamdulillah...
but, cobalah keluar dari area nyaman itu untuk sesuatu yang lebih berkembang dan untuk hidup yang lebih beragam 

bon courage!

memilih dan yakin

memilih.yakin.

dua kata itu. bikin dada sesek. bikin ganjelan disini. ada yang ngeganjel dibalik tulang rusuk. atau mungkin jauh lebih dalam lagi berada?hhh...dimana?

memilih.yakin.

selalu bikin nafas berhela panjang. selalu bikin mata panas hingga menjadi merah dan berair. bikin otak berhenti bekerja sesaat. otot mengejang. lutut lemas.

memilih.yakin.

belum kuat untuk melakukannya

dear God, i beg you...

give me the wisdom to understand him
 
give me the love to forgive him
 
give me the patience to understand his deeds
 
but dearest God,
don't give me the power...
 
because if you give me the power,
 
I'LL BREAK HIS HEAD

October 8, 2008

me, talk to myself

Ag,
cobalah melihat kenyataan
semua tidak seindah seperti yang kau kira
tak semua yang kau inginkan bisa kau dapatkan

Ag,
yang terjadi padamu ini,
yang kembali terulang ini,
akan menjadikanmu manusia yang lebih kuat.
mungkin yang sebelumnya itu belum bisa membuatmu kuat,
maka inilah saatnya kau menjadi kuat, lebih kuat
aku yakin itu.

Ag,
jangan pernah bertanya apa salahmu
sungguh kau tidak salah,
bukan salahmu, pun bukan salah siapa-siapa.
inilah hidup sebenarnya
bahkan ini hanyalah kerikil penghalang dalam hidup
kerikil kecil..

Ag,
siapkan dirimu,
kuatkan mentalmu,
dirimu bukan lagi gadis remaja yang lemah,
bukan lagi gadis yang mudah terpengaruh masalah,
yang gagal adalah jalannya,
tapi bukan dirimu.

Ag,
tabahkan hatimu,
aku yakin kau kuat,
maka jangan biarkan airmata membasahi pipimu,
apalagi sampai membanjiri harimu.

Ag,
menjadi tua itu pasti,
namun menjadi dewasa adalah pilihan
aku yakin kau akan bijak memilih.
memilih untuk menjadi dewasa.
maka inilah saatnya...

Ag,
akan kupeluk erat dirimu jika memang kau jatuh.
tak akan kubiarkan dirimu hingga terpuruk.
akan kubantu kau bangkit,
jika memang kau tenggelam.

tapi kuyakin,
aku tak akan membantumu apapun,
tak perlu ku peluk erat dirimu,
karena kau tak akan pernah terpuruk...

c'est la vie, il y a tristesse et bonheur

lucu yah, ketika kita selalu menuntut diri kita untuk bahagia...
apakah kita yakin kalau diri kita akan mudah bahagia dengan segala tuntutan yang kita ciptakan terhadap diri kita sendiri?
memang bahagia itu apa? memang bahagia itu punya siapa?
hakikinya bahagia dimiliki setiap orang...
namun, ketika untuk menjadi bahagia kita menjadi banyak menuntut terhadap diri sendiri?
namun, ketika untuk menjadi bahagia kita menjadi menuntut orang lain?
namun, ketika untuk menjadi bahagia kita harus merusak kebahagiaan orang lain?
setelah merasa mendapat kebahagiaan itu, apakah benar bahagia yang kita dapat?
entah...
aku pun tak tau...
yang jelas, jangan terlalu memaksa diri kita memperoleh bahagia mungkin yah...
toh kebahagiaan hakiki akan datang dengan sendirinya ketika kita melihat orang lain bahagia
kebahagiaan dimiliki semuanya, hanya...
tergantung kita akan mencari dan menemukan kebahagiaan itu dimana?
dalam diri kita sendiri kah?
dalam diri orang lain kah?
di bagian mana kah bahagia itu bersembunyi dalam diri kita?
ternyata dekat...
ada di hati...
namun seringnya tak nampak,
sedemikian dekatnya di hati...
sehingga sering kali terlupakan...

find your happiness in your 'heart'...
that's the place where your true happiness sit in the silence...
waiting for you to find...

October 4, 2008

10 facts 'bout me

homework from bayu... (since he tagged me for making this out..ugh!)

01. my legs are different in length between right and left. (right leg is the longer one)
02. lost one of my rib since i was born (like adam loose his rib?!kekekek)
03. have no rounded asymetric head.
04. i will never have my 32 teeth, my dentist said that i have no space anymore in my mouth.
05. very very hate to the God's crature named GECKO a.k.a small lizard a.k.a disgusting-animal-hanging-on-the-wall, u know what! (bhs: cecak)
06. weezer big fan, but have none of their 'real' album (i just have their .mp3 format)
07. have a bad hair fall. lost 30% of my hair since i was in college
08. have 2 turtles but hate to touch them, even when i just see them stick out their head from it shell. yeiks!
09. love cats and have 9 cats at home but never showered them. not even once and never ever do that now and forever.
10. a big fan of him since 1994 :D

so, who wanna tagged by me huh?!

september 2008; ramadhan 1429

wrote on 29.09.2008
01. tgl 1 september bertepatan dengan tgl 1 ramadhan
02. 5 september is my birthday. it was nice surprise from my bff (bff?!sounds abg bgt yakh, heuheu...)
03. several people that have a close connection to me are celebrating their bday this month.
- bapa: yg bertanggung jawab penuh atas benih d rahim ibuku, 24 tahun silam. sehingga nongol lah diriku =)
- my falling star: yg bertanggung jawab atas kupu2 yg beterbangan di perutku serta kegilaan yg terjadi pada hari2ku, selama 10 tahun terakhir
- kudil: one of my close friend for several teens years
- kang teguh: biro konsultasi kegalauan :D
- heru: yg kata dia sendiri mirip my brother
- my ex-bf
- my ex-bf's girl
- my bf's ex-girl
(haaa...lieur kan?!)
04. puasanya bocor 6 hari...hhh...pas seminggueun nyawalan...
05. alhamdulillah, taraweh lancar (ada sih bolong sekitar 3 kali mah ;p )
06. menu sahur yang cukup lengkap, hasil order catering ke bu puji, tetangga deket kosan. tiap sahur makan edan (maruk mode on)
07. Para Pencari Tuhan, yg diperhatiin malah kisah aya ama azzam, hehehe... (bete bgt ngliat si aya, sok sok jual mahal, tp sbnrnya mupeng ama si azzam.hhh...dasar!)
08. the best buka puasa: adalah seuatu hari ketika kuliner tour ama wiwin.hahaha... mulai dari nasi padang sederhana dgn 2 lauk dan 2 nasi (tak lupa tajil kolek), berlanjut baso malang cak man, finish di cangkir kopi dengan fried banana dan sate pisang nya...heuheu...pulang k rmh ngantuk gila :D
09. insya Allah, besok udah malam takbir. alhamdulillah Idul Fitri tiba. walaupun ga bisa kumpul sama keluarga (mamah bapa aa dd), bukan berarti saya anak durhaka dan ga hormat sama orang tua. bukan berarti juga saya ga memprioritaskan keluarga. bukan berarti saya memilih hal lain yg tidak sepenting keluarga. sungguh bukan... please note that!
10. SELAMAT IDUL FITRI yah... Minal aidzin wal faidzin buat semua yg merayakan. dimulai dari nol ya...(teringat iklan spbu pasti pas :D ) ^_~

baru posting skrng d blogspot, mood luar biasa harus d drive dulu :D

September 30, 2008

polyvore

blogwalking always fun...
i got this one yesterday
just click the image below

September 26, 2008

menyayanginya, mencintainya

Pada saat orang yang kau SUKA menyakitimu, maka kau akan marah dan tak mau lagi bicara padanya.
Pada saat orang yang kau SAYANG menyakitimu, engkau akan menangis untuknya.
Pada saat orang yang kau CINTAI menyakitimu, kau akan berkata,"Tak apa dia hanya tak tahu apa yang dia lakukan."

Pada saat kau SUKA padanya, kau akan MEMAKSANYA untuk menyukaimu.
Pada saat kau SAYANG padanya, kau akan MEMBIARKANNYA MEMILIH.
Pada saat kau CINTA padanya, kau akan selalu MENANTINYA dengan setia dan tulus...

dan kini aku tau, kepadanya aku sayang
dan kepada dia aku cinta.

bismillah...

September 22, 2008

his present

19 september 2008, kakang akan berulang tahun yang ke-23.
bingung cari kadonya. soalnya kurang tau juga sebenernya si kakang lagi butuh apa. berikut, source barang yg bisa di jadiin kado itu aga terbatas kalo di balikpapan. you know lah...setelah dapet apa yang mau dikasih, tibalah saatnya merancang parcel cantik buat dikirim k rumah kakang di bandung sana.

isi parcel sendiri ga hanya kado ultah aja, tapi beserta beberapa barang yg memang mau dikasih ke kakang dari jaman kapan tau.


1. scrapbook yang aku bikin ketika ultah kakang yang ke-17. berarti buku ini usianya udah 6 taun. wow lama jg yah...liat aja, jilidannya udah ga sempurna lagi. curiga sering bgt dibaca kakang. hehe...

isi buku ini macem2, mulai ttg 'kakang mnurut aku', 'pertama kali kenal kakang', 'aku menurut kakang', berikut foto aku sama kakang waktu kita umur 17. kelas 3 sma.

waktu terakhir kali aku ketemu kakang, aku pinjem buku ini. sekedar nge-refresh isinya. sekarang isinya udah aku update. kebetulan bukunya ga 2 side. jadi aku msh bisa nulis d sisi satunya lagi.

2. CD yang aku isi sama foto2 aku semua. sesuai permintan kakang. 'aku minta foto km yg terbaru'...padahal kakang cuman minta 1 buah foto, tapi aku kasih 1 CD penuh...hehehe...ga tau niyh, kakang udah muntah2 belom yah pas abis liat CD ini :D

foto kakang yg di cover CD itu aku crop-crop dr foto kakang sama temen2nya. yang aku dapatkan dari seseorang temennya kakang. heu...kakang aga kaget juga'dapet foto-foto aku drmn??' tapi kakang bilang seneng sama CDnya, lucu2 katanya...
*ya iyalah, gw gt loch ;p

3. 24-black-T. yang aku beli waktu nonton roadshow IBL di balikpapan. kakang sirik aku nonton basket. secara kakang sula banget sama basket tp dia ga bisa nonton roadshownya. entah giliran d bdg udah cuman kakang ga liat, atau emang belom, atau emng ga ada. tau deyh. ya udah aku beliin aja oleh2 kaos itu.

tulisan 24 nya itu, bunder2nya itu bentuk bola basket. warna item kesukaan kakang. buat kakang maen basket deyh...

4. kado. kado utamanya cuman ini sebenernya. isinya...ada deeeehhh...biar cukup kakang sama aku aja deyh yang tau. yang jelas kakang suka.

*awas aja yah kalo ga suka...eugh ;p

setelah digabung-gabung maka jadilah seperti ini:



ada beberapa item lain yg ga disebutin diatas siyh

kesemuanya ini aku packing kedalam kardus bekas sepatuku sedemikian rupa mengunakan plastik pembungkus disertai pita biar kaya kado beneran, sehingga cantik menawan...


cantik kan kaya yg bikin ;p

serta kemudian di bungkus sedemikian rupa sehingga paket yang sudah cantik ini bertahan bentuknya ketika sampai ke tangan kakang. maka tampilan terakhir menjadi seperti ini



demikianlah perjuangan saya. spesial untuk ultah kakang

September 19, 2008

happy bday, abi...


selamat ulang tahun ya Abi...
semoga dikasih yang terbaik sama Allah...
amin...

selamat ulang taun, Pak...


Bapa, selamat ulang taun ya...
semoga senantiasa dilindungi Allah dan sehat selalu...
amin.

*wish i was there at your big day to give u a hug (and a present..heu..)

September 10, 2008

sooo tense

i feel sooo tense...
not just a lil bit tense, but it's a high tense!

it's a high tense, but nothing i can do to make this tense go out
after that, then it will become more and more tense.
when it comes more and more and more tense,
it feels like blow out on your head,
feels like be in a high-speed-rollerrcoster,

so what am i supposed to do to reduce this tense?
am i supposed to blowin' out this tense from my head?
or am i supposed to keep this tense inside my head?
and inside my heart....

*please babe, i really need you...

September 8, 2008

galau

kuncinya hanya satu sebenernya, agar hati tidak lagi galau...

P.A.S.R.A.H

September 5, 2008

morning surprise at my bday

this morning, 5 september 2008 8.08am GMT+8

i looked at my room, the lamp was still off, dark inside the room, outside also. bcoz of the rain, the
morning rain...
i was sure that my room still locked, so i came to my desk through the room next door :D
it was dark...
i opened the door...

then...

look what i've found on my desk:



my desk, taraaa!!!look at the banner




my desk, closer...colorfull baloon


they're really 'niat'


whadda great surprise i've got!

and i know who did it...
there were you girls(and a boy)!!!

thx anyway, it's really nice =)

August 26, 2008

release with Ikhlas

apa yang kita miliki di dunia ini sebenarnya tak lain hanya titipan semata dari Yang Maha Punya.
suatu waktu hilang, jangan sedih. tak usah marah tak usah gundah. toh itu diambil juga sama yang punya. yang harusnya marah kan Yang Punya, masa Dia tidak boleh membawa kembali barang miliknya yang dititipkan ke kita.

when u have to release something, someone, sometime, just release them with Ikhlas...

hati akan lega, sungguh...

August 21, 2008

membawa kenangan

saya: 'udah aku bakarin semua. tinggal kesisa satu, kartu lebarannya aja...'
kakang: '...'
saya: 'ko diem?maaf ya...'
kakang: 'kenapa dibakar?aku kaget dengernya...'
saya: 'waktu itu aku pengen banget lupain kamu...ternyata ga ngefek...'

dead air...

saya: 'maaf, aku menyesal...'
kakang: 'y udah, udah lama juga. yg dari kamu juga ga tau aku taruh mana, tp yg pasti masih ada, ga aku bakar...'

--------------------------

Semalam kami berbincang, hangat sekali. Seperti biasa, saya yang terkantuk selalu mengeluarkan ide yang membuat Kakang berkata "mmm...akan aku pertimbangkan". Ide tentang saya dan kakang. Tentang bagaimana kami, tentang bagaimana mengatasi masalah yang ada disekitar saya dan Kakang. Terkadang perbincangan ini, selalu membahas tentang kedatangan saya ke Bandung, yang selalu Kakang bilang dengan kata 'pulang'. Sempat saya protes mengenai ini. "Rumahku sekarang di Balikpapan. Jadi kalau ke Bandung udah bukan pulang lagi, tapi 'datang' ". Dan kakang pun protes =).

Malam itu saya bacakan ke Kakang hasil penemuan saya di Wikipedia tentang arti namanya Kakang. Dia terkagum sendiri "bahkan aku aja ga tau sampe segitunya tentang arti namaku...hehe...". Setelah itu, berlanjut dengan pembacaan cerita oleh saya untuk Kakang. Cerita saya tentang Kakang, yang saya bacakan dengan penuh rasa malu.Hihi...maka saya dan Kakang pun tertawa bersama. Hingga tiba-tiba Kakang bertanya mengenai surat yang dulu Kakang kirim untuk saya.

Ya, saya sudah meluluh-lantakan semua surat dari Kakang. Di suatu siang ketika saya merasa 'sudah-cukup-tentang-kakang'...saya membakar semuanya. hanya satu yang terselamatkan: kartu Lebaran dari Kakang. Sungguh saya menyesal. Saya membayangkan ekspresi Kakang yang pasti kecewa bercampur kaget ketika saya berkata bahwa semua surat telah saya bakar habis.

--------------------------

'coba kalau masih ada, pasti bakal lucu banget kalau nanti kita baca bareng'
'tapi udah aku salin surat pertamamu ke diary-ku kok, masih bisa kita baca bareng...'

. . .

August 14, 2008

kakang bete

hari ini kakang ga saum sunah seperti biasanya. kakang bilang dia lagi lemes banget dan malah nanti ga bakal kuat kalau saum. lagipula ini sunah, jadi tak apa kalau kali ini kakang absen dulu saumnya. wajar aja kakang hari ini terasa lemas, soalnya kemarin kakang hanya makan sekali, pas sore hari. kemarin, kakang memang ga nafsu makan, pasalnya kakang bete karena sedang ada masalah.

"aku ga puasa dulu kayanya hari ini, lemes banget"
"ya udah gapapa, jangan maksain, sunah ini ko.hari ini aku aja yang puasa..."

mudah-mudahan kakang ga bete lagi hari ini. paling engga, bete nya kakang berkurang deh. karena saya jauh disini dan ga bisa nemenin kakang, jadi saya hanya bisa berdoa buat kakang disini. mudah-mudahan, tahajudnya kakang dan saumnya kakang bisa jadi bikin kakang tenang dan memperlancar semua urusan kakang.amin...

August 13, 2008

telepon membawa berkah

sekembalinya saya ke balikpapan sehabis 3weeks-vacation, saya sama kakang mulai rajin telponan. secara satu-satunya media komunikasi saya dengan kakang adalah telpon ini. lucky us, provider selular kami sama, alhasil biaya telpon relatif lebih murah. besides, sedari sekitar 3 bulan lalu, di balikpapan telah hadir ESIA, yg memiliki tarif telpon murah, 1000/jam. horeeeeee!!! *terimakasih banyak buat esia*

belakangan kami sadar kalo provider gsm kami memiliki tarif lebih murah dari esia, yaitu rp1/nelpon. walaupun jam tayangnya pukul 00-05, dan setiap 10menit sekali otomatis putus, tapi akhirnya kami sepakat untuk pakai provider gsm kami saja kalau mau telponan. lagipula suara kakang terdengar lebih jelas kalau pake IM3. kakang setuju. maka kami menentukan kalau jadwal chit-chat yang biasanya berlangsung malam hari menjelang saya tidur, yaitu dari malam hingga pukul 00 atau 02 pagi, berubah menjadi mulai pukul 2 atau pukul 3 pagi hingga subuh(subuhnya waktu balikpapan yaa..).

yang membuat saya senang sekaligus terharu dan bersyukur adalah, ketika kakang membangunkan saya untuk mulai chit-chat. kronologisnya adalah, sekitar pukul2.30 wita, kakang telpon saya. setelah kira-kira 2 atau 3 kali mati(ingat yg tadi saya bilang kalau telpon otomatis terputus setelah 10 menit), kakang dan saya tahajud dulu. kami sama-sama bangun, mengambil wudhu dan sholat. selesai berdoa, kakang telpon saya lagi. adem deyh kalo abis sholat begitu. langsung seger dan siap chit-chat lagi sampai subuh. kalau adzan subuh udah kedengeran, pembicaraan kami akhiri, dan saya sholat subuh, terus tidur lagi deh ^.^ lumayan sampai pukul 6.30. tapi pernah satu ketika,saat mau tahajud dan kakang suruh saya ambil wudhu, eeehh saya malah ketiduran sampe akhirnya kakang telpon dan nanya "udah sholat blm km?" saya: "belum, barusan ketiduran hehe" langsung deyh bangun, wudhu, terus sholat.

ternyata, jam tayang nelpon 1rupiah ini bawa berkah sendiri buat saya dan kakang, terutama buat saya yang suka susah banget sholat malam kalo ga dibangunin mamah. kalau kakang siyh kayanya rajin2 aja deh =)

makasih kakang, udah ngingetin dan ngajak saya sholat malam. belum lagi puasa senin-kamis nya kakang. alhamdulillah... kakang bilang kalau mau makasih sama "Yang Diatas", pastinya, cuman jalannya kan lewat kakang, jadi harus bilang makasih juga sama kakang.

sekali lagi, terimakasih ya kakang...

it's such a blessing for having you

belajar masak

kakang bilang saya harus bisa masak, at least harus udah mulai belajar masak dari sekarang kalo memang saya belum bisa masak. dia bilang "mau dikasih makan apa ntar suami sama anak2 kalo ibunya g bisa masak?emang mau beli makan tiap hari?"

saya hanya bisa tertunduk disertai perubahan roman muka waktu kakang bilang itu. walaupun kakang ga bisa liat muka saya-karena pembicaraan ini hanya lewat telepon-tapi mungkin kakang bisa tau kalo mimik saya berubah. sedetik kemudian suara kakang melembut, "makanya, km mulai belajar masak dari sekarang yaa..."

ketika datang weekend pertama pasca pembicaraan dengan kakang mengenai 'belajar masak', what a coincidence thing, teman kantor ngajak saya masak-masak d tempat tinggalnya.
cindy:"ngapain niyh wik en?"
agni:"tau niyh...bosen,gw siyh ngenet aja d kantor" (kegiatan yg jadi pilihan terakhir klo semua list kegiatan udah ga bs terlaksana)
cindy:"masak yu, ntar kita k pasar dulu"
-teringat pembicaraan dengan kakang ketika itu, tanpa pikir panjang saya menjawab-
agni:"hayuuuhh banget!!"
alhasil, jadilah kami masak-masak untuk dinner sabtu malam. saya, cindy, dan imma-dengan diketuai cindy-berangkatlah sore hari sehabis pada ngenet di kantor ke pasar sepinggan.

entah kenapa yah, bisa jadi ini pengalaman pertama saya ke pasar berbelanja bahan-bahan untuk dimasak. sebelumnya, saya ke pasar untuk menemani mamah, atau mamahnya pacar saya jaman kuliah dulu, atau membeli belut waktu jadi panitia 17an jaman masih aktif di karang taruna. kali ini, saya benar-benar berbelanja 'sendiri'. setibanya di pasar, saya baru bisa ngekor-ngekor cindy yg udah expert banget belanja dan melakukan tawar menawar sama penjual, pleus pake logat balikpapan, yang mana sangat memudahkan proses tawar menawar tersebut. gleg!hebat banget si cindy.

setelah rampung dengan membali bahan-bahan masakan, sesampainya kami di tempat imma, mulailah kami membersihkan dan mengolah bahan makanan menjadi rupa-rupa masakan. cindy sempet berenang dulu, sementara saya dan imma langsung mengambil pisau dan peralatan tempur lainnya. saya kebagian membersihkan cumi untuk diolah menjadi cumi goreng tepung-yang kata semua orang asin banget,padahal kata saya udah pas asinnya. imma mulai membersihkan sayuran untuk bahan pelengkap menu bihun gorengnya. selesai berenang, cindy sibuk menyiapkan tahu dan tempe goreng tepung beserta sambal dadak. tetangga sebelah imma, yang masih teman kami juga, Xinxin-expat dari china-datang juga join acara dinner kami dengan membawa dua masakan. oseng labu dan oseng kubis. tidak lupa kami bikin desertnya, yaitu nata de coco with orange squash. niat awalnya saya mau bikin lemon squash, tp krn kelupaan ga beli lemonnya, dan yg ada orange juice, maka jadilah buat orange squash. kebetulan cindy ada stok nata de coco. jadilah desert mantap itu, 'orange squah with nata de coco'. =)

was a great saturday nite. bagi2 tips masak memasak. tapi cape juga ya, masaknya ada kali 1jam 40 menit. tapi ngabisiinnya cuman 15 menit. karena emang udah lapar dan cape habis masak. but it really fun anyway, gals! ;p

selama proses dari mulai berangkat ke pasar, siap-siap masak, dan sampe akhirnya makan, semuanya saya reportase langsung sama kakang. kakang curiga ga yah, ko tiba2 saya jadi masak2 bgini?hehehe...
*kakang, tuh kan, saya mau ko belajar masak :D *

acara masak-memasak ini berlanjut weekend selanjutnya. kali ini masak berduaan wiwin di kosannya wiwin. dengan menu tumis kangkung ala wiwin, dan tahu asam-manis ala saya-tahu disini hambar rasanya,makanya saya modif hehehe. sukses banget kali ini, secara tingkat ke-asin-an saya dan wiwin setara, jd tidak terjadi perdebatan rasa. selain menyiapkan tahu asam manis, saya juga masak nasi. enak,pulennya pas dan takaran airnya juga.hehe...setelah semua siap, barulah neng putri muncul dan tinggal makan dengan lahapnya*lapar ya neng??!!* bela2in ga mandi dulu, takut keburu mulai makan2nya.duuhh...it was really fun also neng wing, neng puput...wareg pisan nya neng?!*kakang juga tau kali ini saya masak tukung d tempatnya wing*

walaupun bukan belajar masak makanan kesukaannya kakang-sambel goreng ati ampela dan sop daging pake makaroni-yang menunya masih terlalu repot buat saya, tapi mudah2an kakang seneng karena saya mau belajar masak. amin...

>>wah, makasih ya kakang udah nyuruh saya belajar masak, ga rugi ko belajar masak mah. walaupun pada akhirnya bukan saya yang masakin makanan buat kakang, tapi saya jadi bisa masak ;D
>>makasih juga buat cindy atas guidancenya ttg cara belanja d pasar tradisional, dan imma atas dapurnya.
>>buat wiwin, ntar kita masak kangkung lagi ya neng... ;p
>>thx juga buat putri yang bantu ngabisin tukung(tumis kangkung) beserta nasinya.hahah...dasar lo rakus banget, perut tuh perut liat... :D

August 7, 2008

terikat jodoh

temen gue cerita... menurut sebuah kepercayaan, manusia itu dalam hal urusan pasangan hidup ada dua macem;

1. manusia yang tidak terikat jodoh, dimana manusia2 dgn keadaan seperti ini, bukan berarti bakal g punya pendamping hidup, hanya, justru manusia2 ini dengan siapapun dia menjalani hubungan, akan lancar2 saja, dan baik2 saja. dan akan lebih mudah menemukan pendamping hidupnya. karena dia bebas memilih, tidak ada ikatan jodoh dgn siapapun.

2. manusia yg terikat jodoh, dimana manusia dgn keadaan ini, sedari brojol k bumi, jodohnya sudah ditentukan. makanya, manusia dgn takdir bgini, sama siapapun dia menjalin hubungan, sebaik apapun dia menjalinnya, klo org itu bukan jodohnya, maka akan berakhir pula. bukannya justru enak?udah punya jodoh?masalahnya adalah???di belahan bumi manakah manusia2 ini menemukan jodohnya??kaya mencari jarum ditumpukan 1 ton jerami....

ps. kayanya gw tipe 2 itu deyh...gagal melulu....ooohh dimanakah gerangan jodohku berada??

berangkat mancing

he said:
"syg a** berangkat mancing dulu ya. smangat kerjanya. hp gak a** bawa soalnya lg d-charge. musm"

i replied:
"km hati2 y, klo siang jgn lupa mkn...ntar klo dpt ikan,kirim2 ksini yaaa...hehe... musm2"


hmmm...
sms biasa yg berisi informasi. dan diikuti balasan yg biasa juga...
tapi bacanya ko berasa lucu bgt ya?

apalagi bagian 'brangkat mancing' nya itu loh...

you're beautiful

"you dont love a woman because she is beautiful, but she is beautiful because you love her..."

perfect!except...

everything was perfect...

saturday night, perfect time to hangout or date
nice shirt, nice skirt...
great hair do and make-up...
really, it was perfect!

but,
we missed one thing,
one-big-important thing...


girls, are we really missed that 'thing' ??


July 23, 2008

untuk perasaan yang akan terluka

luka itu pasti ada...
mungkin karena aku.
tapi sungguh, aku tak bermaksud.
keadaan selalu mempertemukan aku dan dia disaat yang kurang tepat.
sehingga harus kamu terluka.

sungguh...
aku tak bermaksud.
aku hanya tak ingin kehilangan dia lagi.
penantian ini terlalu lama.
terlalu banyak tempat pemberhentian.

kalau akan jadi melukai perasaanmu,
sungguh...
aku dan dia tak bermaksud.

untuk perasaan itu,
perasaanmu yang sebentar lagi akan terluka...
sungguh aku minta maaf.


June 27, 2008

congrats for the new baby born ^_^

congrats for the new baby born , AGNI!!!


yeah...
it's a baby boy and i love it so much *more than everyone knows-hehe*

MY PRECIOUS NIKON D80...

had it with blood n tears, sweat n sacrifice...sooo hiperbolic...hehe

June 20, 2008

antara jodoh dan perdamaian dunia

suatu sore, saya terlibat pembicaraan telepon dengan seorang teman baik yang ada di bandung.obrolan diisi dengan bercandaan2 ga penting, maklum lah hanya melepas rasa kangen sama teman lama.ditengah2 pembicaraan, entah bagaimana awalnya, tiba2 membicarakan masalah berdoa...

...
dia:"doain gw yaahhh...
"saya:"yeee ada jg doa bwt diri gw sendiri dulu"
dia:"emngnya lo mau berdoa apa?"
saya:"doa minta jodoh...hehe...ya Allah, amin"
dia:"haha...dih!berdoa ko minta jodoh.berdoa tuh doa buat perdamaian dunia, doa biar ga ada lagi org yg kelaperan ke..."
saya:(mikir..)"hahaha...kalopun tercipta perdamaian juga percuma klo gw ntar g punya jodoh..."
...

doa perdamaian dunia...
kesan nya emang berat banget...
dan tanggapan saya malah terdengar sangat egois...bukan tok k mslh perdamaian dunia siyh. intinya, selaen minta jodoh, banyak hal baik lain yg harus kita doakan.banyak hal lain yg bisa kita lakukan selain ngomongin jodoh, jodoh, dan jodoh...semisal ngurusin global warming, konservasi hutan kalimantan, konservasi perairan indonesia, menyantuni anak yatim, jadi kaka asuh, serta kebaikan2 kecil lainnya seperti selalu tersenyum k semua org, ga ngomong kata2 kasar, bantuin temen, dsb...(tuh banyak kan?!)...

Tuhan udah nyiapin ko buat kita msg2 jodoh yg pas...(walau tetep bth ikhtiar dan doa)...tinggal sabar aja nunggu waktu yg tepat. Insya Allah, dikasih yg terbaik. yang bisa kita jadikan sempurna dan menyempurnakan kita, yg bisa kita tingkatkan potensinya dan bisa meningkatkan potensi kita, yg bisa kita buat lebih baik dan membuat kita lbh baik.

Amin...

April 12, 2008

menyedihkan

saat yang paling benar-benar menyedihkan justru bukan pada saat kita bersedih, namun pada saat kita bahagia tapi ga ada seorang pun yang bisa diajak berbagi kebahagiaan. ketika euforia kita berada di puncak tertinggi, namun kita hanya sendirian, disitulah detik dimana terasa sangat menyedihkan. kebahagiaan seakan useless. lama-lama bisa gila malah, karena bahagia sendirian. (inspire from: anonymous)

sedih lainnya adalah sedih karena penderitaan cinta. ada orang kuat sekalipun akan menjadi sangat dramatis dan melankolis ketika berurusan dengan yang namanya cinta. namun, penderitaan cinta terdahsyat bukan karena cinta yang terpisahkan oleh waktu dan ruang, bukan pula cinta yang terpisahkan karena tak direstui orangtua, dan bukan pula cinta yg terpisahkan maut, krn pada kasus2 tadi, kedua orang saling mencintai. bukan pula cinta yang ditolak karena hanya satu pihak yang mencintai. on to of it, penderitaan cinta paling dahsyat adalah cinta yang bahkan untuk menyampaikannya saja, lidah sudah kelu duluan, cinta yang bahkan tak ditanggapi sama sekali. penolakan adalah bentuk dari suatu tanggapan dan reaksi. namun ke-tak-acuhan, adalah bentuk terparah dari derita karena cinta. love me or hate me, but spare me with your indifferent (inspire from: sang pemimpi;andrea hirata)

berani menikah

akhir-akhir ini...-terutama setahun terakhir,setelah saya bekerja-makin sering terdengar kata2 NIKAH, MENIKAH, nikah, menikah... ada mungkin sekitar 10 undangan pernikahan *malah lebih kayanya* setahun terakhir ini. entah itu datang dari teman kantor, ataupun teman2 masa sekolah. yang datangnya dari teman kantor siyh biasa aja. namanya orang udah bekerja, umur cukup ya apalagi next step selain menikah. ketika itu kabar datangnya dari temen sekolah, satu angkatan, perasaan yg kerasa...hhh...beda. sangat beda. kabar pertama, kabar kedua, masih biasa, mengingat pasangan yg menikah memang udah pacaran dari jaman sekolah dulu. makin kesini makin aneh. ada yg nikah setelah baru satu bulan kenal sama calonnya, ada yg nikah dengan entah siapa perempuannya yg diluar bayangan saya. perasaan makin beda. bahagia pasti. ngeliat temen merit gituh...tapi bercampur rasa lain. rasa iri, jealous, bete, terharu, sebel juga iyah. aneh...

beberapa temen sempet saya tanyain. saking saya penasaran dan impress sama mereka yg sudah menikah di usia muda. dipukul rata, rata2 nikah umur 22 *umur saya skrng!* saya bilang sama mereka, kalau mereka hebat. berani nikah diumur segitu. apalagi rata2 teman yg nikah itu, temen saya yg cowo cowo. yg mana cowo umur sgitu masih banyak yg doyan hahahihi. cowo2 itu bilang "nunggu apalagi, kerja udah, calon udah siap, udah punya rumah cicilan, y udah merit deyh". sementara yg cewe2 bilang "yah, kita kan cewe, umur segini udah pas bgt merit. g mau merit ketuaan". deg! alesan yg bikin sayah...hhhh...bikin rona muka berubah. mbikin api di dada bergejolak. bikin tulang tulang muka mengeras. teman... ini saya 22 juga, dan masih g tau kapan akan menikah.

salut sekali memang, sama mereka yang berani nikah muda, baik itu cewe ataupun cowo. karena menurut saya ga gampang, hidup serumah buat selama2nya sama seseorang, disaat umur lagi masih doyan2nya maen. maka saya bilang mereka semua memang pemberani. dan saya acungi 2 jempol. hebat karena berani dan siap mental.

on top of it, keberanian itu ternyata bukan hanya buat mereka yg menikah muda. tapi juga, buat mereka yg berani nikah tua. beberapa orang memang menginginkan menikah diumur mendekati 30, bahkan 30. yg menurut saya nikah tua. tapi bagi saya *yg dr dulu pgn nikah muda* menikah diumur sekitar segitu butuh keberanian juga. keberanian untuk siap menikah tua. keberanian buat menghadapi pernikahan demi pernikahan teman2 sekeliling. keberanian untuk menghadapi pertanyaan "kapan nyusul?" *nyusul k hongkong hah?! :D* keberanian untuk menghadapi imej 'perawan tua'. dan ternyata, untuk keberanian menikah tua itu, ga gampang. hhhh... twenty-something crisis :(

diantara yang berkesan

a******u satria utama

si dia ini pacar pertama saya. hihihi... jamannya masih cinta monyet. jamannya masih konyol2an. masih ga terlalu paham juga, pacaran itu sbnrnya apa siyh?yg kaya gimana siyh?harus gimana siyh?semuanya masih polos dan culun.

saya sama dia ini pertama kalinya kenal jaman sd dulu. waktu itu kelas 4, saya murid baru, dan dia KM nya. saya sempet aga diomelin sama sang KM karena pakaian seragam saya kurang memenuhi standar sekolah baru saya itu. iiihh sebel banget kan!? lama kelamaan, ada sesuatu yang saya perhatiin dari dia. dia itu badannya tinggi, ga terlalu kurus, jadi menurut pandangan saya ketika itu, cukup ideal dan paling gagah diantara anak2 cowo lainnya *ohmigod!baru kelas 4 gituw!* apalagi, jabatan KM bikin dia makin...prikitiw!lebih diantara yang laennya :D .

dia, yang orangnya sangat cool, yang jarang ngobrol sama anak cewe, yang ga bakal ngomong kalo ga perlu, akhirnya mau ngomong juga sama saya.

dia cukup pintar juga dan sebenernya rame juga kalo diajak ngobrol, cuman, ngajakin ngobrol dia nya itu loh yang aga susah. dulu, jaman sd itu, guru2 suka ngatur tempat duduk anak2 seling-seling, cewe duduk ama cowo. entah apa maksud dibalik semua itu. cuman saya sih asik asik ajah duduk sama siapapun juga. nah dia ini seingat saya, belum pernah duduk sama cewe. ga tau kenapa. saya juga mempertanyakan hal ini, cuman ga saya kemukakan aja sama guru. g penting juga, lagian emang jumlah cowo lbh banyak dr cewe, jd pasti ada cowo yg duduk sama cowo, wajar aja kan?!

entah kenapa, saya merasa dekat dengan dia, secara dulu kalo sama anak2 cowo mah bukan deket, yang ada malah ledek2an, cela2an. ya tau sendiri kan anak cowo jaman sd mana bisa akur sama anak cewe nya. nah si dia ini, ga pernah sama sekali ngejek anak cewe, siapapun itu, kapanpun, ga pernah ngejek. apalagi sampe gangguin atau ngejailin. kagumlah saya sama dia. dan ternyata ada beberapa cewe juga yang sepertinya kagum sama dia, sama seperti saya. lucky me, saya lumayan bisa ngobrol sama dia. walaupun saya lupa dulu saya suka ngobrolin apa aja sama dia hehe.

oooh saya kira anak sd culun seperti saya, yang hanya tau belajar dan pramuka ga bisa jatuh cinta(is it fall in love?!hehe) sama cowo. ternyata, kayanya saya suka sama dia ini deyh. hmmm...

masuk smp, unfortunately, saya sama dia beda sekolah. nem dia hanya kurang 0.02 aja untuk bisa masuk ke sekolah yang sama dengan saya. hiks, saya jadi ikut sedih juga entah kenapa. "yah, kita ga satu sekolah..." masuk smp, saya ga bisa lupa sama dia. selalu inget. bahkan secara ga teratur tapi cukup sering, saya suka telpon dia atau sebaliknya. kami cukup sering bertemu, selain masih sering main ke sd, kami juga kerap bertemu di perlombaan pramuka. tapi setiap bertemu, saya hanya bisa diam di depan dia padahal banyak yang ingin saya obrolin sama dia. ya ampun...ada kupu-kupu di perut saya. saya kagum sama dia. dia ga pecicilan, dia ga genit sama cewe, dia cool, dan dia sangatlah berwibawa serta kharismatik*untuk ukuran umur segitu*

kelas 2 smp. tiba-tiba datang sepucuk surat. teman yang rumahnya di depan rumah saya, satu sekolah sama dia pada suatu hari ngasih surat ke saya. dan ternyata itu surat dari dia. ohmigod. isinya... ooohhh... itu surat cinta. hihihi...jadi malu juga ngingetnya. jaman dulu kan belom musim anak smp pegang handphone. jadi, 'penembakan' itu lewat surat dong!haduh, saya sampe g bisa tidur. entah berapa kali bolak balik saya baca surat itu. saya hapal banget itu bnr tulisan dia d surat itu. suratnya di tulis diatas kertas ber-kop IPTN, setau saya, papahnya dia memang kerja disana. duuuhh saya sampe inget. secepat kilat saya balas dong surat itu. dan keesokan harinya, saya titip k temen saya itu. isi surat itu jawaban saya yang "IYA". setelahnya, saya bertemu dengan si dia itu di suatu tempat dekat sd saya. untuk 'mengikrarkan' hubungan kami ini... cieeee mengikrarkan euy!berat!!! alias jadian.hihihihi...tapi sayang...saya ko bisa ga inget yah tanggal berapa itu. waaahh saya harus buka diary saya jaman dulu niyh. masa jadian pertama saya ga inget, padahal setelah itu saya selalu inget tanggal jadian sama pacar yg laen. hiks hiks... maap...

pacaran sama dia, hari-hari saya g jauh beda. secara beda sekolah. jadi g kaya anak2 lain ya bisa pulang bareng dan bisa ngobrol di jam istirahat. ngiri. dan lagi, dia ini kalo telpon saya suka jarang ngomongnya. jadinya sayaaaaa aja yang cerewet sementara dia cuman ngedengerin. haduh... kamu tuh yaaa... menjelang kelas 3 smp, saya putus sama dia. entah kenapa, saya juga lupa. mungkin karena kita sama2 kelas tiga, sama sama sibuk belajar, jadi bakal ga ada waktu untuk ketemu. apalagi sekolah beda, dan rumah kita juga berjauhan. gileee...debut pertama saya pacaran, udah long distance. ya udah kami putus.eeehh setelah putus, taunya saya sama dia sekelas di bimbel. yang mana ketemu 2 kali seminggu. adduuuhh knp putus yah kalo gitu. tapi itulah saya dan dia. walaupun dulu kita pernah pacaran, dan temen deket waktu sd, tp pas ketemu, hanya bisa liat2an dan selebihnya diam. saya cuman bisa mengagumi dia dari jauh. saya ga berani ngobrol sama dia. bahkan nyapa dia. ooohh...

haduh...ceritain dia yang satu orang aja segini panjangnya...
cerita berlanjut. menjelang saya masuk sma. saat itu saya sudah mulai bisa melupakan dia. saya dekat dengan seseorang *cerita org ini akan dibahas dalam posting terpisah hehe*. sampai masuk sma, saya sama dia, kembali ga satu sekolah. tapi, suatu valentine, dia dtg k rmh saya malem2 ngasih sekotak coklat...(hihi dia masih suka sama saya, gr neh). tapi disaat saya sedang dekat2nya dan akrab2nya sama seseorang. eeeeehhhh tiba2 muncul lah sepucuk surat lagih. kembali dari dia. isinya, ngajak saya balikan lagih... ohmigod...mana bisaaaa??saya kan lagi sama yang lain. dengan terpaksa saya menolak dia. sebelumnya ketika saya msh available, sempat jalan sama dia, tp wkt itu dia sama sekali g bilang apa2. knp pas saya udah sama seeorang, lah dia baru ngasih surat. oh y ampun... saat itu siyh saya hanya bisa nolak dia.

kelas 2, saya single and available :D . teman saya deket rumah, ngajak saya ke bazaar sekolahannya. pas lagi asik2nya nonton dan ngobrol2 ama temen2 yg lain...tiba2 lewatlah sosok dia di depan saya. saya ga percaya itu dia yang lewat. karena takut salah, saya tanya sama temen saya, apa itu bener dia??ternyata bener itu dia. dan saya baru inget, kalo temen saya itu satu sma sama dia. ya ampun, hati saya sungguh, ketika itu bergetar. y ampun...perasaan saya sama dia muncul lagi. sayang...dia sama cewe. ketika saya tanya sama temen, cewe itu katanya ,mantannya dia. namun setelah diselidiki, si mantannya itu ternyata udah balik lagi sama si dia. oh hati saya hancur.

setahun berlalu, saya denger kabar *adaaaa aja yg masih nge update kabar dia k saya, padahal saya pgn lupa sama dia* katanya dia available. saya kembali menaruh harapan. melalui proses penyelidikan intensif...cieeee...saya dpt nomer hp nya *nah mulai deyh era hp* saya deket lagi sama dia. dari yg saya tau, dia memang ga punya cewe. dan dia g pernah bilang k saya kalo dia punya cewe. hhh... ternyata dia berusaha menutupi kalo dia sbnrnya punya cewe, yg akhirnya dia blg jg klo dia punya cw *jd gmn ini teh?!!*. saya kecewa... tp saya berusaha biasa. bisa dekat dgn dia aja saya udah seneng. bodo amat lah cewenya itu gimana. beberapa kali sepulang sekolah, dia maen k rmh saya. hingga suatu hari, cewenya telpon saya. entah dpt dr mana nomer saya. dia siyh blg pengen kenal aja sama saya. nanya dulu si dia itu gimana. lama-lama, si cewe ini sampai menyamar sebagai org lain dan mulai lah dia meneror(aduh terlalu serem kata2nya) saya krn saya deket sama pacarnya, yang mana si dia itu.hhh... saya ga pernah cerita sama dia kalo cewenya itu telpon saya seperti itu. saya harus menjauh dari dia. pernah juga saya ngebentak cewe itu "heh!gue sama dia itu temenan yah, g ada urusannya sama lo!" cuman, klo saya di posisi cewe itu juga pasti saya cemburu bgt, apalagi ternyata si cewe itu tau kalo saya dulu mantan pacar cowonya.hhhh...mulai lah drama sinetron. si dia yg ga ngebaca situasi malah sering curhatin cewenya yg katanya berelingkuh lah, apalah, ke saya. malah pernah suatu malem, katanya abis berantem sama cewenya, dia hampir mau dtg k rumah saya. cuman saat itu udah mlm, nyaris tengah mlm dan saya juga lagi tidur. ganggu aja! saya kesel. kesel sama dia yg ga ngerti2, dan kesel sama saya yg pura2 baik sama dia. padahal, deep down inside, saya pgn bilang sama dia "udah tau cewe lo kaya gitu!udah putus aja napa!mending sama gue aja yg lebih baik" :D

belakangan saya tau dia pernah bilang klo dia g mungkin lagi sama saya. katanya, saya terlalu galak sama dia. sementara dia ingin cewe yang lembut dan sayang sama dia. y ampun padahal saya sayang sama dia.

belom berakhir...saya ga pernah lupa sama dia. malah selalu berharap mengulang lagi hari-hari saya sama dia. saya ingin ber"pacaran" yang semestinya sama dia. memperhatikan dia, mengurus dia, ga galak sama dia, dan mencintai dia sepenuh hati. saya sudah berubah sekarang, saya ga galak lagi. tapi mungkin memang kami belum berjodoh. selalu dipertemukan di timing yang kurang tepat menurut saya. hhh... lagi-lagi... temen saya bilang saya udah gila. masa memori jaman sd masih kebawabawa ampe sekarang. "plis deyh ni, udah!dia itu udah dr jaman kpn" tapi saya selalu penasaran...entah kenapa...

terakhir kali saya ketemu dia, 3 minggu lalu, di acara pernikahan salah satu teman sd saya. saya sudah 5 tahun ga ketemu dia. dia ga berubah. tampilannya, posturnya, gaya bahasanya... hhh... saya sempat tercekat. tapi anehnya, hati saya ga bergetar seperti waktu sebelumnya saya ketemu dia. ga bergetar tapi malah ada desir2 aneh. desir2 aneh ini yg lbh hebat dari bergetar... si dia dateng sama cewenya, yang menurut dia pengertian dan ga mengekang dia. happy for u then... :)

keeping the old passion kalo kata temen saya siyh. soalnya menurut temen saya, dia lah ini passion saya dari dulu. and maybe it's time for renewing my passion. dan maybe, passion saya untuk saat ini dan selanjutnya adalah bukan dia lagi. :)

a**, jadi kapan kita bisa ketemu lagi?? :D

April 11, 2008

tour d'indonesié

jalan-jalan atau travelling, sungguh menyenangkan. dari kecil saya menyukai kegiatan ini. mulai dari jalan2 sore keliling komplek, jalan2 ke tetangga sekitar rumah, jalan2 ke pusat keramaian, atau jalan2 ke tempat2 koservasi (semisal curug2, atau dago pakar.. konservasi?!). ketika sd, jiwa travelling dan jiwa adventurer dalam diri saya mulai terasah dengan kegiatan pramuka. setiap lomba kan selalu ada yg namanya hiking session, paling deket 4 KM, paling jauh rutenya sampai 20 KM. nah sesi hiking ini sesi lomba paling favorit . bener2 jalan-jalan dengan berjalan kaki. temen2 waktu sd juga rumahnya pada jauh2 dari rumah saya. mulailah saya mengasah lagi bakat travelling dan adventure saya dengan mendatangi rumah-rumah temen saya satu persatu yang jauhnya ada sekitar 25 KM dari rumah saya. kali ini g jalan kaki, tapi naek angkot. rasanya menyenangkan sekaliiiii... sampe smp dan sma, kegiatan berkeliling rumah teman2 masih berlanjut. yang radiusnya makin luas dan luas dan luas, serta debut waktu yang bisa sampai jam 11 mlm baru nyampe rumah. *hahaha...ini siyh bukan bakat travelling, tp emang doyan maen ajah!*

hal-hal yang seperti ini, yg menurut kamu sepele dan ga bisa dikatakan sebagai travelling, namun bagi saya ini merupakan sebuah modal yang lumayan untuk benar2 memulai ber-travelling. karena pengalaman2 yg tadi2 itu, sedikit banyak saya jadi punya mental penjelajah, ga takut nyasar *ini yg paling penting kalo pgn bisa travelling beneran*, tidak malu bertanya, dan selalu penasaran dengan tempat2 baru yg asik.

kalo jaman dulu yang namanya travelling bagi saya itu ya yg seperti tadi itu. mengingat ga bisa juga travelling jauh2 yg butuh duit banyak. ga lucu aja rasanya, pengen travelling ke Bali misalnya, tp minta duit sama ortu. iiiihh ga keren bgt! *kecuali k Balinya ramean sekeluarga, laen cerita*. nah berhubung jaman berganti jaman, keadaan berkembang, sekarang secara finansial saya sudah bisa berdiri sendiri. maka teringatlah saya akan cita2 sedari dulu yang pengen bgt keliling INDONESIA. dikala orang lain cita2nya keliling eropa, keliling amerika, kalo saya mah cintaaaaa bgt sama Indonesia. lah wong Indonesia yg segini luasnya aja belum saya kelilingin satu persatu. kalo saya siyh bakal malu, ngebangga2in udah keliling eropa, tp indonesia aja msh ada yg belum terjamah. jadi, sebelum saya bisa keliling dunia, saya ingin keliling indonesia dulu. jadi, nanti pas saya keliling eropa, keliling afrika, keliling amerika, dan bertemu org2 banyak, ada yg bertanya ttg spot2 oke di Indonesia, dgn lancarnya, saya bisa ceritain semuanya, krn saya kan udah keliling indonesia. dan lagi, ingatkah kalian "Visit Indonesia Year 2008" ??nah saya akan mbantu mewujudkan slogan ituw. jd misi 2008, keliling Indonesia aja yah kalian semuanyaaaa... :)

perjalanan travelling ini, tepatnya backpacking (soalnya saya mau backpacker style ajah, demi mengirit cost) insya Allah akan saya mulai bulan Juli mendatang. iya, iya, masih lama...tapi demi kelancaran perjalanan tersebut ga ada salahnya dong saya prepare lbh awal. survey semua2nya dari mulai spot2 yg asik, apa aja yg mau dilakuin nanti, nginep dimana, gmn cara nyampe tmptnya, dan sebagainya. rute perjalanan akan dimulai dari barat, pulau sumatra. menyusur hingga k timur *tp g sampai papua* dan terus k utara, ke pulau sulawesi. berhubung waktu terbatas cuti, tempat yg akan didatengin juga ga bisa banyak2. diantaranya adalah:
toba - sikuai - bali - lombok - bunaken - jogja - bandung
seperti perjalanan singkat, tapi ternyata, mendatanginya dalam satu trip aga repot juga. sampai2 saya harus mencari rute paling pas dari segi cost dan kenyamanan. bisa saja rute tersebut menjadi:
jogja - bali - lombok - bunaken - toba - sikuai (atau sikuai - toba)
atau bisa saja bagian jogja dihilangkan dan diganti dengan karimun jawa. waaaahh lbh repot lagi. malah setelah melakukan perkiraan kasar, cost yg dibutuhkan akan sama besarnya, bahkan lbh besar dengan cost yg dibutuhkan kalo kita travelling ke Phiphi Island d Thailand.hhhh.... tapi saya pantang mundur, apapun yang terjadi, saya akan tetap melakukan rencana ini. walaupun temen kantor ada yg menganggap saya g akan kuat secara fisik melakukan perjalanan ini, tp eeeiiittttsss dia melecehkan saya!!!saya jadi merasa lbh tertantang!!!!tunggu saja tanggal mainnya. dana insya allah udah cukup, slr udah siap menangkap moment2 dan spot2 oke, fisik harus dipersiapkan dari skrng dgn rajin workout hehe...paling engga lari pagi, sit-up, push-up, renang, cukup lah. okay!i'm ready for it! hidup Indonesia!

ada yg mau ikut???!