April 12, 2008

menyedihkan

saat yang paling benar-benar menyedihkan justru bukan pada saat kita bersedih, namun pada saat kita bahagia tapi ga ada seorang pun yang bisa diajak berbagi kebahagiaan. ketika euforia kita berada di puncak tertinggi, namun kita hanya sendirian, disitulah detik dimana terasa sangat menyedihkan. kebahagiaan seakan useless. lama-lama bisa gila malah, karena bahagia sendirian. (inspire from: anonymous)

sedih lainnya adalah sedih karena penderitaan cinta. ada orang kuat sekalipun akan menjadi sangat dramatis dan melankolis ketika berurusan dengan yang namanya cinta. namun, penderitaan cinta terdahsyat bukan karena cinta yang terpisahkan oleh waktu dan ruang, bukan pula cinta yang terpisahkan karena tak direstui orangtua, dan bukan pula cinta yg terpisahkan maut, krn pada kasus2 tadi, kedua orang saling mencintai. bukan pula cinta yang ditolak karena hanya satu pihak yang mencintai. on to of it, penderitaan cinta paling dahsyat adalah cinta yang bahkan untuk menyampaikannya saja, lidah sudah kelu duluan, cinta yang bahkan tak ditanggapi sama sekali. penolakan adalah bentuk dari suatu tanggapan dan reaksi. namun ke-tak-acuhan, adalah bentuk terparah dari derita karena cinta. love me or hate me, but spare me with your indifferent (inspire from: sang pemimpi;andrea hirata)

berani menikah

akhir-akhir ini...-terutama setahun terakhir,setelah saya bekerja-makin sering terdengar kata2 NIKAH, MENIKAH, nikah, menikah... ada mungkin sekitar 10 undangan pernikahan *malah lebih kayanya* setahun terakhir ini. entah itu datang dari teman kantor, ataupun teman2 masa sekolah. yang datangnya dari teman kantor siyh biasa aja. namanya orang udah bekerja, umur cukup ya apalagi next step selain menikah. ketika itu kabar datangnya dari temen sekolah, satu angkatan, perasaan yg kerasa...hhh...beda. sangat beda. kabar pertama, kabar kedua, masih biasa, mengingat pasangan yg menikah memang udah pacaran dari jaman sekolah dulu. makin kesini makin aneh. ada yg nikah setelah baru satu bulan kenal sama calonnya, ada yg nikah dengan entah siapa perempuannya yg diluar bayangan saya. perasaan makin beda. bahagia pasti. ngeliat temen merit gituh...tapi bercampur rasa lain. rasa iri, jealous, bete, terharu, sebel juga iyah. aneh...

beberapa temen sempet saya tanyain. saking saya penasaran dan impress sama mereka yg sudah menikah di usia muda. dipukul rata, rata2 nikah umur 22 *umur saya skrng!* saya bilang sama mereka, kalau mereka hebat. berani nikah diumur segitu. apalagi rata2 teman yg nikah itu, temen saya yg cowo cowo. yg mana cowo umur sgitu masih banyak yg doyan hahahihi. cowo2 itu bilang "nunggu apalagi, kerja udah, calon udah siap, udah punya rumah cicilan, y udah merit deyh". sementara yg cewe2 bilang "yah, kita kan cewe, umur segini udah pas bgt merit. g mau merit ketuaan". deg! alesan yg bikin sayah...hhhh...bikin rona muka berubah. mbikin api di dada bergejolak. bikin tulang tulang muka mengeras. teman... ini saya 22 juga, dan masih g tau kapan akan menikah.

salut sekali memang, sama mereka yang berani nikah muda, baik itu cewe ataupun cowo. karena menurut saya ga gampang, hidup serumah buat selama2nya sama seseorang, disaat umur lagi masih doyan2nya maen. maka saya bilang mereka semua memang pemberani. dan saya acungi 2 jempol. hebat karena berani dan siap mental.

on top of it, keberanian itu ternyata bukan hanya buat mereka yg menikah muda. tapi juga, buat mereka yg berani nikah tua. beberapa orang memang menginginkan menikah diumur mendekati 30, bahkan 30. yg menurut saya nikah tua. tapi bagi saya *yg dr dulu pgn nikah muda* menikah diumur sekitar segitu butuh keberanian juga. keberanian untuk siap menikah tua. keberanian buat menghadapi pernikahan demi pernikahan teman2 sekeliling. keberanian untuk menghadapi pertanyaan "kapan nyusul?" *nyusul k hongkong hah?! :D* keberanian untuk menghadapi imej 'perawan tua'. dan ternyata, untuk keberanian menikah tua itu, ga gampang. hhhh... twenty-something crisis :(

diantara yang berkesan

a******u satria utama

si dia ini pacar pertama saya. hihihi... jamannya masih cinta monyet. jamannya masih konyol2an. masih ga terlalu paham juga, pacaran itu sbnrnya apa siyh?yg kaya gimana siyh?harus gimana siyh?semuanya masih polos dan culun.

saya sama dia ini pertama kalinya kenal jaman sd dulu. waktu itu kelas 4, saya murid baru, dan dia KM nya. saya sempet aga diomelin sama sang KM karena pakaian seragam saya kurang memenuhi standar sekolah baru saya itu. iiihh sebel banget kan!? lama kelamaan, ada sesuatu yang saya perhatiin dari dia. dia itu badannya tinggi, ga terlalu kurus, jadi menurut pandangan saya ketika itu, cukup ideal dan paling gagah diantara anak2 cowo lainnya *ohmigod!baru kelas 4 gituw!* apalagi, jabatan KM bikin dia makin...prikitiw!lebih diantara yang laennya :D .

dia, yang orangnya sangat cool, yang jarang ngobrol sama anak cewe, yang ga bakal ngomong kalo ga perlu, akhirnya mau ngomong juga sama saya.

dia cukup pintar juga dan sebenernya rame juga kalo diajak ngobrol, cuman, ngajakin ngobrol dia nya itu loh yang aga susah. dulu, jaman sd itu, guru2 suka ngatur tempat duduk anak2 seling-seling, cewe duduk ama cowo. entah apa maksud dibalik semua itu. cuman saya sih asik asik ajah duduk sama siapapun juga. nah dia ini seingat saya, belum pernah duduk sama cewe. ga tau kenapa. saya juga mempertanyakan hal ini, cuman ga saya kemukakan aja sama guru. g penting juga, lagian emang jumlah cowo lbh banyak dr cewe, jd pasti ada cowo yg duduk sama cowo, wajar aja kan?!

entah kenapa, saya merasa dekat dengan dia, secara dulu kalo sama anak2 cowo mah bukan deket, yang ada malah ledek2an, cela2an. ya tau sendiri kan anak cowo jaman sd mana bisa akur sama anak cewe nya. nah si dia ini, ga pernah sama sekali ngejek anak cewe, siapapun itu, kapanpun, ga pernah ngejek. apalagi sampe gangguin atau ngejailin. kagumlah saya sama dia. dan ternyata ada beberapa cewe juga yang sepertinya kagum sama dia, sama seperti saya. lucky me, saya lumayan bisa ngobrol sama dia. walaupun saya lupa dulu saya suka ngobrolin apa aja sama dia hehe.

oooh saya kira anak sd culun seperti saya, yang hanya tau belajar dan pramuka ga bisa jatuh cinta(is it fall in love?!hehe) sama cowo. ternyata, kayanya saya suka sama dia ini deyh. hmmm...

masuk smp, unfortunately, saya sama dia beda sekolah. nem dia hanya kurang 0.02 aja untuk bisa masuk ke sekolah yang sama dengan saya. hiks, saya jadi ikut sedih juga entah kenapa. "yah, kita ga satu sekolah..." masuk smp, saya ga bisa lupa sama dia. selalu inget. bahkan secara ga teratur tapi cukup sering, saya suka telpon dia atau sebaliknya. kami cukup sering bertemu, selain masih sering main ke sd, kami juga kerap bertemu di perlombaan pramuka. tapi setiap bertemu, saya hanya bisa diam di depan dia padahal banyak yang ingin saya obrolin sama dia. ya ampun...ada kupu-kupu di perut saya. saya kagum sama dia. dia ga pecicilan, dia ga genit sama cewe, dia cool, dan dia sangatlah berwibawa serta kharismatik*untuk ukuran umur segitu*

kelas 2 smp. tiba-tiba datang sepucuk surat. teman yang rumahnya di depan rumah saya, satu sekolah sama dia pada suatu hari ngasih surat ke saya. dan ternyata itu surat dari dia. ohmigod. isinya... ooohhh... itu surat cinta. hihihi...jadi malu juga ngingetnya. jaman dulu kan belom musim anak smp pegang handphone. jadi, 'penembakan' itu lewat surat dong!haduh, saya sampe g bisa tidur. entah berapa kali bolak balik saya baca surat itu. saya hapal banget itu bnr tulisan dia d surat itu. suratnya di tulis diatas kertas ber-kop IPTN, setau saya, papahnya dia memang kerja disana. duuuhh saya sampe inget. secepat kilat saya balas dong surat itu. dan keesokan harinya, saya titip k temen saya itu. isi surat itu jawaban saya yang "IYA". setelahnya, saya bertemu dengan si dia itu di suatu tempat dekat sd saya. untuk 'mengikrarkan' hubungan kami ini... cieeee mengikrarkan euy!berat!!! alias jadian.hihihihi...tapi sayang...saya ko bisa ga inget yah tanggal berapa itu. waaahh saya harus buka diary saya jaman dulu niyh. masa jadian pertama saya ga inget, padahal setelah itu saya selalu inget tanggal jadian sama pacar yg laen. hiks hiks... maap...

pacaran sama dia, hari-hari saya g jauh beda. secara beda sekolah. jadi g kaya anak2 lain ya bisa pulang bareng dan bisa ngobrol di jam istirahat. ngiri. dan lagi, dia ini kalo telpon saya suka jarang ngomongnya. jadinya sayaaaaa aja yang cerewet sementara dia cuman ngedengerin. haduh... kamu tuh yaaa... menjelang kelas 3 smp, saya putus sama dia. entah kenapa, saya juga lupa. mungkin karena kita sama2 kelas tiga, sama sama sibuk belajar, jadi bakal ga ada waktu untuk ketemu. apalagi sekolah beda, dan rumah kita juga berjauhan. gileee...debut pertama saya pacaran, udah long distance. ya udah kami putus.eeehh setelah putus, taunya saya sama dia sekelas di bimbel. yang mana ketemu 2 kali seminggu. adduuuhh knp putus yah kalo gitu. tapi itulah saya dan dia. walaupun dulu kita pernah pacaran, dan temen deket waktu sd, tp pas ketemu, hanya bisa liat2an dan selebihnya diam. saya cuman bisa mengagumi dia dari jauh. saya ga berani ngobrol sama dia. bahkan nyapa dia. ooohh...

haduh...ceritain dia yang satu orang aja segini panjangnya...
cerita berlanjut. menjelang saya masuk sma. saat itu saya sudah mulai bisa melupakan dia. saya dekat dengan seseorang *cerita org ini akan dibahas dalam posting terpisah hehe*. sampai masuk sma, saya sama dia, kembali ga satu sekolah. tapi, suatu valentine, dia dtg k rmh saya malem2 ngasih sekotak coklat...(hihi dia masih suka sama saya, gr neh). tapi disaat saya sedang dekat2nya dan akrab2nya sama seseorang. eeeeehhhh tiba2 muncul lah sepucuk surat lagih. kembali dari dia. isinya, ngajak saya balikan lagih... ohmigod...mana bisaaaa??saya kan lagi sama yang lain. dengan terpaksa saya menolak dia. sebelumnya ketika saya msh available, sempat jalan sama dia, tp wkt itu dia sama sekali g bilang apa2. knp pas saya udah sama seeorang, lah dia baru ngasih surat. oh y ampun... saat itu siyh saya hanya bisa nolak dia.

kelas 2, saya single and available :D . teman saya deket rumah, ngajak saya ke bazaar sekolahannya. pas lagi asik2nya nonton dan ngobrol2 ama temen2 yg lain...tiba2 lewatlah sosok dia di depan saya. saya ga percaya itu dia yang lewat. karena takut salah, saya tanya sama temen saya, apa itu bener dia??ternyata bener itu dia. dan saya baru inget, kalo temen saya itu satu sma sama dia. ya ampun, hati saya sungguh, ketika itu bergetar. y ampun...perasaan saya sama dia muncul lagi. sayang...dia sama cewe. ketika saya tanya sama temen, cewe itu katanya ,mantannya dia. namun setelah diselidiki, si mantannya itu ternyata udah balik lagi sama si dia. oh hati saya hancur.

setahun berlalu, saya denger kabar *adaaaa aja yg masih nge update kabar dia k saya, padahal saya pgn lupa sama dia* katanya dia available. saya kembali menaruh harapan. melalui proses penyelidikan intensif...cieeee...saya dpt nomer hp nya *nah mulai deyh era hp* saya deket lagi sama dia. dari yg saya tau, dia memang ga punya cewe. dan dia g pernah bilang k saya kalo dia punya cewe. hhh... ternyata dia berusaha menutupi kalo dia sbnrnya punya cewe, yg akhirnya dia blg jg klo dia punya cw *jd gmn ini teh?!!*. saya kecewa... tp saya berusaha biasa. bisa dekat dgn dia aja saya udah seneng. bodo amat lah cewenya itu gimana. beberapa kali sepulang sekolah, dia maen k rmh saya. hingga suatu hari, cewenya telpon saya. entah dpt dr mana nomer saya. dia siyh blg pengen kenal aja sama saya. nanya dulu si dia itu gimana. lama-lama, si cewe ini sampai menyamar sebagai org lain dan mulai lah dia meneror(aduh terlalu serem kata2nya) saya krn saya deket sama pacarnya, yang mana si dia itu.hhh... saya ga pernah cerita sama dia kalo cewenya itu telpon saya seperti itu. saya harus menjauh dari dia. pernah juga saya ngebentak cewe itu "heh!gue sama dia itu temenan yah, g ada urusannya sama lo!" cuman, klo saya di posisi cewe itu juga pasti saya cemburu bgt, apalagi ternyata si cewe itu tau kalo saya dulu mantan pacar cowonya.hhhh...mulai lah drama sinetron. si dia yg ga ngebaca situasi malah sering curhatin cewenya yg katanya berelingkuh lah, apalah, ke saya. malah pernah suatu malem, katanya abis berantem sama cewenya, dia hampir mau dtg k rumah saya. cuman saat itu udah mlm, nyaris tengah mlm dan saya juga lagi tidur. ganggu aja! saya kesel. kesel sama dia yg ga ngerti2, dan kesel sama saya yg pura2 baik sama dia. padahal, deep down inside, saya pgn bilang sama dia "udah tau cewe lo kaya gitu!udah putus aja napa!mending sama gue aja yg lebih baik" :D

belakangan saya tau dia pernah bilang klo dia g mungkin lagi sama saya. katanya, saya terlalu galak sama dia. sementara dia ingin cewe yang lembut dan sayang sama dia. y ampun padahal saya sayang sama dia.

belom berakhir...saya ga pernah lupa sama dia. malah selalu berharap mengulang lagi hari-hari saya sama dia. saya ingin ber"pacaran" yang semestinya sama dia. memperhatikan dia, mengurus dia, ga galak sama dia, dan mencintai dia sepenuh hati. saya sudah berubah sekarang, saya ga galak lagi. tapi mungkin memang kami belum berjodoh. selalu dipertemukan di timing yang kurang tepat menurut saya. hhh... lagi-lagi... temen saya bilang saya udah gila. masa memori jaman sd masih kebawabawa ampe sekarang. "plis deyh ni, udah!dia itu udah dr jaman kpn" tapi saya selalu penasaran...entah kenapa...

terakhir kali saya ketemu dia, 3 minggu lalu, di acara pernikahan salah satu teman sd saya. saya sudah 5 tahun ga ketemu dia. dia ga berubah. tampilannya, posturnya, gaya bahasanya... hhh... saya sempat tercekat. tapi anehnya, hati saya ga bergetar seperti waktu sebelumnya saya ketemu dia. ga bergetar tapi malah ada desir2 aneh. desir2 aneh ini yg lbh hebat dari bergetar... si dia dateng sama cewenya, yang menurut dia pengertian dan ga mengekang dia. happy for u then... :)

keeping the old passion kalo kata temen saya siyh. soalnya menurut temen saya, dia lah ini passion saya dari dulu. and maybe it's time for renewing my passion. dan maybe, passion saya untuk saat ini dan selanjutnya adalah bukan dia lagi. :)

a**, jadi kapan kita bisa ketemu lagi?? :D

April 11, 2008

tour d'indonesiƩ

jalan-jalan atau travelling, sungguh menyenangkan. dari kecil saya menyukai kegiatan ini. mulai dari jalan2 sore keliling komplek, jalan2 ke tetangga sekitar rumah, jalan2 ke pusat keramaian, atau jalan2 ke tempat2 koservasi (semisal curug2, atau dago pakar.. konservasi?!). ketika sd, jiwa travelling dan jiwa adventurer dalam diri saya mulai terasah dengan kegiatan pramuka. setiap lomba kan selalu ada yg namanya hiking session, paling deket 4 KM, paling jauh rutenya sampai 20 KM. nah sesi hiking ini sesi lomba paling favorit . bener2 jalan-jalan dengan berjalan kaki. temen2 waktu sd juga rumahnya pada jauh2 dari rumah saya. mulailah saya mengasah lagi bakat travelling dan adventure saya dengan mendatangi rumah-rumah temen saya satu persatu yang jauhnya ada sekitar 25 KM dari rumah saya. kali ini g jalan kaki, tapi naek angkot. rasanya menyenangkan sekaliiiii... sampe smp dan sma, kegiatan berkeliling rumah teman2 masih berlanjut. yang radiusnya makin luas dan luas dan luas, serta debut waktu yang bisa sampai jam 11 mlm baru nyampe rumah. *hahaha...ini siyh bukan bakat travelling, tp emang doyan maen ajah!*

hal-hal yang seperti ini, yg menurut kamu sepele dan ga bisa dikatakan sebagai travelling, namun bagi saya ini merupakan sebuah modal yang lumayan untuk benar2 memulai ber-travelling. karena pengalaman2 yg tadi2 itu, sedikit banyak saya jadi punya mental penjelajah, ga takut nyasar *ini yg paling penting kalo pgn bisa travelling beneran*, tidak malu bertanya, dan selalu penasaran dengan tempat2 baru yg asik.

kalo jaman dulu yang namanya travelling bagi saya itu ya yg seperti tadi itu. mengingat ga bisa juga travelling jauh2 yg butuh duit banyak. ga lucu aja rasanya, pengen travelling ke Bali misalnya, tp minta duit sama ortu. iiiihh ga keren bgt! *kecuali k Balinya ramean sekeluarga, laen cerita*. nah berhubung jaman berganti jaman, keadaan berkembang, sekarang secara finansial saya sudah bisa berdiri sendiri. maka teringatlah saya akan cita2 sedari dulu yang pengen bgt keliling INDONESIA. dikala orang lain cita2nya keliling eropa, keliling amerika, kalo saya mah cintaaaaa bgt sama Indonesia. lah wong Indonesia yg segini luasnya aja belum saya kelilingin satu persatu. kalo saya siyh bakal malu, ngebangga2in udah keliling eropa, tp indonesia aja msh ada yg belum terjamah. jadi, sebelum saya bisa keliling dunia, saya ingin keliling indonesia dulu. jadi, nanti pas saya keliling eropa, keliling afrika, keliling amerika, dan bertemu org2 banyak, ada yg bertanya ttg spot2 oke di Indonesia, dgn lancarnya, saya bisa ceritain semuanya, krn saya kan udah keliling indonesia. dan lagi, ingatkah kalian "Visit Indonesia Year 2008" ??nah saya akan mbantu mewujudkan slogan ituw. jd misi 2008, keliling Indonesia aja yah kalian semuanyaaaa... :)

perjalanan travelling ini, tepatnya backpacking (soalnya saya mau backpacker style ajah, demi mengirit cost) insya Allah akan saya mulai bulan Juli mendatang. iya, iya, masih lama...tapi demi kelancaran perjalanan tersebut ga ada salahnya dong saya prepare lbh awal. survey semua2nya dari mulai spot2 yg asik, apa aja yg mau dilakuin nanti, nginep dimana, gmn cara nyampe tmptnya, dan sebagainya. rute perjalanan akan dimulai dari barat, pulau sumatra. menyusur hingga k timur *tp g sampai papua* dan terus k utara, ke pulau sulawesi. berhubung waktu terbatas cuti, tempat yg akan didatengin juga ga bisa banyak2. diantaranya adalah:
toba - sikuai - bali - lombok - bunaken - jogja - bandung
seperti perjalanan singkat, tapi ternyata, mendatanginya dalam satu trip aga repot juga. sampai2 saya harus mencari rute paling pas dari segi cost dan kenyamanan. bisa saja rute tersebut menjadi:
jogja - bali - lombok - bunaken - toba - sikuai (atau sikuai - toba)
atau bisa saja bagian jogja dihilangkan dan diganti dengan karimun jawa. waaaahh lbh repot lagi. malah setelah melakukan perkiraan kasar, cost yg dibutuhkan akan sama besarnya, bahkan lbh besar dengan cost yg dibutuhkan kalo kita travelling ke Phiphi Island d Thailand.hhhh.... tapi saya pantang mundur, apapun yang terjadi, saya akan tetap melakukan rencana ini. walaupun temen kantor ada yg menganggap saya g akan kuat secara fisik melakukan perjalanan ini, tp eeeiiittttsss dia melecehkan saya!!!saya jadi merasa lbh tertantang!!!!tunggu saja tanggal mainnya. dana insya allah udah cukup, slr udah siap menangkap moment2 dan spot2 oke, fisik harus dipersiapkan dari skrng dgn rajin workout hehe...paling engga lari pagi, sit-up, push-up, renang, cukup lah. okay!i'm ready for it! hidup Indonesia!

ada yg mau ikut???!

teman-teman yang baik

Alhamdulillah...
terimakasih Ya Allah...

selama ini, aku selalu dikelilingi teman-teman yang baik. yang menemaniku selalu, tertawa bersama dikala senang, menghibur dikala sedih, mengangkat dikala jatuh. menjadikanku kuat dan dewasa. Alhamdulillah tiada kira. teman-teman baik selalu ada didekatku. selalu mengajak ke jalan yang baik, mengingatkan ketika khilaf, selalu membantuku untuk lebih baik. terimakasih...

seingatku, tak pernah ada diantara teman-temanku yang membawa aku menjadi buruk. tak pernah ada teman-temanku yang mengajak ke arah kemaksiatan. tak pernah ada. tak pernah ada yang mengajariku merokok, mencoba minuman, atau clubing (kalaupun pernah mencoba, itu murni datangnya dari rasa penasaranku, bukan ajakan teman-teman). Alhamdulillah tiada kira. Allah begitu baik mempertemankan aku dengan orang-orang shaleh/shalehah yang selalu mengajarkan kebaikan, apapun bentuknya itu.

teman-teman yang kawanan wanita berjilbab, namun tak sungkan memperkenalkan aku yang belum menjadi muslimah sejati pada akhwat-akhwat temannya. teman-teman yang lebih glamor, namun tak sungkan memperkenalkan aku yang sederhana ini. teman-teman yang selalu aku kagumi prestasinya dan ternyata menaruh bangga padaku. temanku yang calon dokter, yang bercita-cita jadi walikota, yang bercita-cita jadi presiden, yang selalu ranking satu, yang hobi kesiangan tapi gemar belajar, yang finalis putri indonesia, yang cerewet, yang selalu memuji aku, dan yang diam-diam mengagumiku (sedikit geer gpp yah :D ).

teman-teman ku yang hebat tiada kira dengan kelebihannya masing-masing.
Alhamdulillah...terimakasih Ya Allah, Kau pertemukan aku dengan mereka.

cerita kawat gigi

beberapa taun lalu sempet pasang kawat gigi permanent buat rahang atas (2002-2005). dikarenakan kondisi keuangan ketika itu, *aje gile, ngabisin duit berjutajuta cuman buat gigi gua doang?!mana waktu itu udah mau masa2 gue masuk kuliah dan ade gua masuk sma. menuai protes keras dr ade gua, dia minta mentahnya seharga gue pasang kawat gigi* maka rahang bawah gue pun belom sempet di beresin.

flash back...
februari 2002,
akhirnya permohonan buat pasang kawat gigi dikabulkan juga setelah melalui perjalanan panjang *halah!* dengan alasan ga pede senyum gara2 gigi berantakan lah *gigi gua waktu itu kaya drakula dgn gigi taring yg menonjol. berikut gigi susu gua masih nongkrong d rahang, padahal ketika itu gue udah 16 taun! nyokap gue kerajinan ngasih kalsium*. 14 februari 2002, disaat org2 valentine's day, gue malah berada di dokter spesialis orotodonsia buat pasang kawat gigi permanen yg mana sebelumnya gue di photo panoramik terngkorak gue *jelek bgt bentuk tengkorak gue :( *. pemasangan kawat gigi berlangsung lama dan melelahkan,ampe rahang gue pegel karena mangap mulu selama puluhan menit.

berikut step step pemasangannya:
step 1.
rahang gue di cetak dulu pake sejenis gips buat gigi berbau menthol dan berasa mint. dokter bikin adonan, masukin cetakan dan masukin k rahang gue. didiemin sampe rahang gue tercetak di adonan itu. gagal! gue g bisa mencetak-kan gigi2 gue k adonan itu. gue muntah! dokter kecewa, doi bikin adonan baru berwarna ijo itu. kali ini dia ganti cetakan. dimasukin lagi k mulut gue. kali ini dokter marahin gue. dia nyuruh gue napas lewat idung *yg mana gue g bisa* VOILA! kali ini berhasil. u know what?ternyata td gue muntah karena cetakan giginya yg kegedean g pas buat rahang gue yg berukuran anak2. what?! jd di rahang gue itu kata dokter masih berukuran bocah!! :( cetakan ini berfungsi untuk monitoring kerapihan gigi2 gue pleus buat analisa dokter buat tindakan k gue. serta buat nyetak kawat2 buat d ganti tiap bulannya...hhh...
step 2.
kali ini gue disuruh mangap lebar!mulut gue di ganjel pake kasa biar tetep mangap selama proses pemasangan kawat gigi (diselipin buntelan2 kasa di bawah bibir atas, di antara gusi ama bibir atas) kebayang??...trus gigi gue diolesin cairan2 aneh...yg pertama warna(warna apa ya gue aga lupa) klo g salah warna coklat kaya betadine. cairan ini sama sekali g boleh kena bagian mulut lain selain gigi. pernah waktu itu gara2 lidah gue g mau diem,kena cairan ini. rasanya kaya digigit semut!tau dah cairan apa ini. gue g sempet nanya dokternya wkt itu. abis itu cairan d oles k gigi dan dibersiin, kembali gigi gue d olesin cairan. kali ini warna nya biru. di oles gigi satu persatu dan dibersiin lagi. selanjutnya kembali dioles dgn cairan lain kali ini g berwarna(seinget gue).
step 3.
inilah dia main part nya!pemasangan behel behel buat dudukan kawat di gigi gue. bentuknya kaya paku paku gitu(engga kaya paku bgt siyh), segi empat,ada landasannya dan dudukannya d atas (pasti g kebayang dah!) si behel behel ini satu persatu di kasih cairan lem gigi dan kemudian di tempelin ke gigi gue. behel di tempel, dan si dokter menekan dengan sangat keras behel k gigi, in order to merekatkan dgn pasti behel ke gigi, sampe mbikin gigi kita goyang!seriously! hal ini dilakukan biar gigi bisa bergerak dan merapihkan diri setelah behel2 dan kawat dipasangkan (in my assumption). sumpah sakit bgt! ampe kepala nyut2an rasanya. dan inget yah, mulut masih keadaan menganga loh dari tadi...
step 4.
abis behel2 terpasang pada masing2 gigi, mulailah si dokter masangin kawat menjulur dari ujung gigi kanan k ujung gigi kiri melewati dudukan behel di setiap giginya. oh iya, bentuk behel d tiap ujung itubeda ama behel di gigi2 lain krn buat nempatin ujung kawat. kawat yg dipasangin k gue itu ga halus, dia bergerigi dan mengingatkan gue pada kawat segel listrik yg bokap gue sering liatin *what?!*
step 5.
terakhir, dari prosesi panjang pemasangan kawat gigi permanen ini adalah pemasangan karet karet penahan kawat. karet2 yg suka warna warni ini dipasang buat nahan si kawat d dudukannya. pemasangan karet ini adalah tahap paling menyakitkan dari semua tahap. karena pada tahap ini, gigi yg udah terpasang behel kembali tertekan dan OMG pokonya rasanya bener2 sakit dan bikin kepala pusing sumpah! warna karet pertama gue adalah oranye kaya warna oranye jeruk mandarin, cukup fresh!

after all...
dokter ngasih gue obat buat penghilang rasa sakit dan ngilu yg gue derita. abis itu dikasih juga sikat gigi khusus 2 biji yg beda bentuk. buat ngebersiin sela2 kawat gigi yg g bisa terjangkau sikat gigi biasa...thx for CDR, karena gue sama sekali ga ngalamin sariawan 10 biji yg dialamin temen2 gue yg laen selama seminggu pertama pasang kawat gigi walaupun selama seminggu pertama emng ga enak makan. cuman bisa makan bubur dan nasi yg dikuahi banyak, serta puding dan agar2 doang . 2 minggu lberikutnya gue di suruh kontrol ke dokter gigi gua itu for the next treatment. okay! what's next??...

to be continued...

April 9, 2008

nikahan kudil *selengkapnya*

sabtu, 22 maret 2008.
satu orang teman lagi sudah melepaskan masa lajangnya. kali ini giliran temen sd ku. temen yang sudah berteman dengan saya sedari kelas 4 SD. satu SMP, dan nyaris satu SMA. namanya aldilla septiadi *double 'L' g siyh?* atau biasa kita panggil KUDIL.
Kudil yang lahir tanggal 6 september 1985, berani melepas keperjakaannya-dengan cara yg layak-pada umur 22 tahun *hiks bahkan saya sehari lbh tua dari dia*. istrinya namanya dewi, umur 19 tahun. waaaahh bener2 pasangan muda.

sebelum hari-H
seminggu sebelum hari-H, suatu minggu sore, kudil telepon saya yg lagi tidur lelap habis landing dari Jakarta.
"Ni, dimana lo?ad d rmh ga?"
"napa emng dil?ini gw baru landing k balikpapan"
"gw mau ngasih undangan niyh"
"eh elo yah!dari kmrn gw telponin, sms-in, kaga ada jawaban mulu seh!?ulan jg udah telponin, sms=in, kaga bisa2 mulu...kmn aje lo?"
"iya, sorry, sibuk bgt, riweuh"
"y udah undangan taro rmh gw aja, kpn emng?"
"minggu depan"
"oh bagus lah kebetulan minggu depan gw balik k Bdg lagi"
"oke deyh ntar gw taro rmh lo yah"
"sip!"

saya yg udah tau gosip jauh2 hari kalo kudil mau merit yah jadinya g gitu surprise jg dia mau ngasih undangan merit. bahkan saya baru sadar, saya ga ngasih ucapan selamet pas tadi dia telpon...kekekeke...sorry Dil...
spontan langsung telpon ulan, soalnya dia yg ngasih gosip kudil mau merit, eh tp ga bisa. telpon echi deyh...ngasih tau dengan berapi2 klo kudil mau merit minggu depan. echi yg sebelumnya emng g tau gosipnya, ga percaya denger kbr dari saya. "gila Ni, gw abis nonton AAC ini, nangis, dan gw bahkan blm lega, lo telpon ngasih tau klo si kudil merit??gw ada d dunia nyata ga neh??" wakakakakak...pas echi tanya sama siapa kudil merit, dimana, jam brp, hmmm...dengan yakin saya jawab "ga tau chi, gw g sempet nanya, bahkan ngasih selamet pun gw engga..OMG". selebihnya saya sama echi cekikikan ngerumpiin kudil ama ulan *liat postingan ini untuk kisah ulan kudil* pelus rencana kita buat ke undangan nikahannya kudil. *berikut mencak2 gara2 kudil ngeduluin cewe2 merit duluan :D *

D-day
setelah rencana nyiapin kostum kondangan bareng gagal, rencana berangkat bareng antara saya, ulan ama echi pun akhirnya harus batal juga. rencana kumpul di rumah saya krn yg terdekat dgn tempat kondangan. sehabis dandan bareng kita berangkat bareng. eh, berhubung hujan ketika hari-h, dari pagi ampe sore ampe menjelang jam undangan yaitu jam 7 nyaris g berhenti2, akhirnya meeting point langsung d tempat kondangan. berangkat sendiri2 dengan cara sendiri2, ketemuanlah kita d tempat kondangan kudil. yg dateng belakangan, tebak sapa hayoohh??echi lah pasti nya...hehe sorry chi!

overall, tampilan kita bertiga oke bgt dong ah! secara udah pada jadi wanita karir gitu loch.kekekekek...ga lama kita bertiga nemuin abi n lady di pojokan tepi kolam renang. eugh!berasa ngedate ajah tu bocah bedua. malem minggu pula. mupeng dayh saya ;D. ramah tamah sama abi n lady-namanya lydia *entah nulisnya lydia, lidya, atau lidia. yg bener yg mana Bi?* sambil ngambil makanan. lagi asik ngerumpi awe three *padahal kemarennya juga baru ketemu* tiba2 kami ditemukan oleh seorang ibu2 tua yg sudah tak asing lagi. "echi, ulan, agni" awe three: loading sedetik, dan trus berdiri "bu nana?!" ternyata guru sd kita kelas 6. hahaha...padahal kita udah segini gedenya dan berdandan pula, eehh masih juga dikenali. ramah tamah lagi... ngobrol sana sini...ga lama, ketemu rombongan temen sd lainnya, wendy, ilham, ama ery. ouch!jadi kaya reunian.

acara selanjutnya poto bareng penganten dong. semua nama2 yang tadi disebut ikut foto pleus bayu juga ikutan. kecuali lydia itu yg emang ga kenal ama kudil, jd g ikutan foto. *tp di foto ko ery nya g kebawa yah??hihihihi duwh maap yah* sehabis foto, bu nana pamit. disusul abi n lydia *belakangan nyesel knp ga nahan abi biar g pulang dulu :( *. kalo awe three siyh, masih lanjut bincang2 ama rombongan wendy, yah seputaran kuliah, kerjaan, etc, nongkrong terussss ampe acara abis, bahkan sampe kursi diberesin...hehehehehe...tp g ikut beresin kursi ko!hihihi...

eniwei...(hhh...cape...)selamet yah buat kudil n istri. semoga menjadi keluarga sakinah mawadah warohmah. maap si awe three ini cuman bisa kasih kado seadanya begitu. :)

editor's note: awe three jadi bintang mlm itu (walaupun cuman pandangan saya), secara kita bertiga terbilang paling sukses. hehe... iya ga lan?chi?

April 8, 2008

nikahan kudil, 22 maret 2008

nikahan kudil, 22 maret 2008
night-garden-party theme


from left to right:
abi, agni, ulan, kudil, bu nana, istrinya kudil, echi, bayu, ilham, wendy

April 5, 2008

di seberang sana

17.15...
bis meluncur.
sudah, jangan melirik ke kiri. duduklah di sisi kanan.
hentikan kebiasaan selalu duduk di sisi kiri setiap kali pulang.
hentikan kebiasaan otomatis melirik ke kiri.
memandang gedung di seberang sana.
gedung merah, di seberang gedung biru.
tak akan ada yang terjadi dengan terus memandangi nya.

hhhh...
perasaan ini berbeda setiap kali ku lihat gedung merah itu.
didalam dada ini ada yang berdesir halus.
setiap kakli kulihat gedung merah itu, wajahnya tiba-tiba muncul di depanku.
hhhh...
bikin dada ini terasa sedikit sesak.

seandainya saja dia di situ.
di depan gedung merah itu.
menantiku datang setiap pukul 17.15