April 11, 2008

cerita kawat gigi

beberapa taun lalu sempet pasang kawat gigi permanent buat rahang atas (2002-2005). dikarenakan kondisi keuangan ketika itu, *aje gile, ngabisin duit berjutajuta cuman buat gigi gua doang?!mana waktu itu udah mau masa2 gue masuk kuliah dan ade gua masuk sma. menuai protes keras dr ade gua, dia minta mentahnya seharga gue pasang kawat gigi* maka rahang bawah gue pun belom sempet di beresin.

flash back...
februari 2002,
akhirnya permohonan buat pasang kawat gigi dikabulkan juga setelah melalui perjalanan panjang *halah!* dengan alasan ga pede senyum gara2 gigi berantakan lah *gigi gua waktu itu kaya drakula dgn gigi taring yg menonjol. berikut gigi susu gua masih nongkrong d rahang, padahal ketika itu gue udah 16 taun! nyokap gue kerajinan ngasih kalsium*. 14 februari 2002, disaat org2 valentine's day, gue malah berada di dokter spesialis orotodonsia buat pasang kawat gigi permanen yg mana sebelumnya gue di photo panoramik terngkorak gue *jelek bgt bentuk tengkorak gue :( *. pemasangan kawat gigi berlangsung lama dan melelahkan,ampe rahang gue pegel karena mangap mulu selama puluhan menit.

berikut step step pemasangannya:
step 1.
rahang gue di cetak dulu pake sejenis gips buat gigi berbau menthol dan berasa mint. dokter bikin adonan, masukin cetakan dan masukin k rahang gue. didiemin sampe rahang gue tercetak di adonan itu. gagal! gue g bisa mencetak-kan gigi2 gue k adonan itu. gue muntah! dokter kecewa, doi bikin adonan baru berwarna ijo itu. kali ini dia ganti cetakan. dimasukin lagi k mulut gue. kali ini dokter marahin gue. dia nyuruh gue napas lewat idung *yg mana gue g bisa* VOILA! kali ini berhasil. u know what?ternyata td gue muntah karena cetakan giginya yg kegedean g pas buat rahang gue yg berukuran anak2. what?! jd di rahang gue itu kata dokter masih berukuran bocah!! :( cetakan ini berfungsi untuk monitoring kerapihan gigi2 gue pleus buat analisa dokter buat tindakan k gue. serta buat nyetak kawat2 buat d ganti tiap bulannya...hhh...
step 2.
kali ini gue disuruh mangap lebar!mulut gue di ganjel pake kasa biar tetep mangap selama proses pemasangan kawat gigi (diselipin buntelan2 kasa di bawah bibir atas, di antara gusi ama bibir atas) kebayang??...trus gigi gue diolesin cairan2 aneh...yg pertama warna(warna apa ya gue aga lupa) klo g salah warna coklat kaya betadine. cairan ini sama sekali g boleh kena bagian mulut lain selain gigi. pernah waktu itu gara2 lidah gue g mau diem,kena cairan ini. rasanya kaya digigit semut!tau dah cairan apa ini. gue g sempet nanya dokternya wkt itu. abis itu cairan d oles k gigi dan dibersiin, kembali gigi gue d olesin cairan. kali ini warna nya biru. di oles gigi satu persatu dan dibersiin lagi. selanjutnya kembali dioles dgn cairan lain kali ini g berwarna(seinget gue).
step 3.
inilah dia main part nya!pemasangan behel behel buat dudukan kawat di gigi gue. bentuknya kaya paku paku gitu(engga kaya paku bgt siyh), segi empat,ada landasannya dan dudukannya d atas (pasti g kebayang dah!) si behel behel ini satu persatu di kasih cairan lem gigi dan kemudian di tempelin ke gigi gue. behel di tempel, dan si dokter menekan dengan sangat keras behel k gigi, in order to merekatkan dgn pasti behel ke gigi, sampe mbikin gigi kita goyang!seriously! hal ini dilakukan biar gigi bisa bergerak dan merapihkan diri setelah behel2 dan kawat dipasangkan (in my assumption). sumpah sakit bgt! ampe kepala nyut2an rasanya. dan inget yah, mulut masih keadaan menganga loh dari tadi...
step 4.
abis behel2 terpasang pada masing2 gigi, mulailah si dokter masangin kawat menjulur dari ujung gigi kanan k ujung gigi kiri melewati dudukan behel di setiap giginya. oh iya, bentuk behel d tiap ujung itubeda ama behel di gigi2 lain krn buat nempatin ujung kawat. kawat yg dipasangin k gue itu ga halus, dia bergerigi dan mengingatkan gue pada kawat segel listrik yg bokap gue sering liatin *what?!*
step 5.
terakhir, dari prosesi panjang pemasangan kawat gigi permanen ini adalah pemasangan karet karet penahan kawat. karet2 yg suka warna warni ini dipasang buat nahan si kawat d dudukannya. pemasangan karet ini adalah tahap paling menyakitkan dari semua tahap. karena pada tahap ini, gigi yg udah terpasang behel kembali tertekan dan OMG pokonya rasanya bener2 sakit dan bikin kepala pusing sumpah! warna karet pertama gue adalah oranye kaya warna oranye jeruk mandarin, cukup fresh!

after all...
dokter ngasih gue obat buat penghilang rasa sakit dan ngilu yg gue derita. abis itu dikasih juga sikat gigi khusus 2 biji yg beda bentuk. buat ngebersiin sela2 kawat gigi yg g bisa terjangkau sikat gigi biasa...thx for CDR, karena gue sama sekali ga ngalamin sariawan 10 biji yg dialamin temen2 gue yg laen selama seminggu pertama pasang kawat gigi walaupun selama seminggu pertama emng ga enak makan. cuman bisa makan bubur dan nasi yg dikuahi banyak, serta puding dan agar2 doang . 2 minggu lberikutnya gue di suruh kontrol ke dokter gigi gua itu for the next treatment. okay! what's next??...

to be continued...

4 comments:

Fashion Buddhi said...

Hai mbak agni, btw pasang kawat gigi di dokter mana ? bisa beri refrensi. thx

Agni Giani said...

saya pasang di bandung. sama drg.Heidy

Wisnu brazuca said...

Hy mbak agni, Btw biaya keseluruhan pemasangan kawat gigi behel keseluruhan sampai selesai, berapa mbak....?

Terima kasih atas balasan nya.....

Agni Giani said...

hai Wisnu, dulu tahun 2002 biaya pasangnya 1.5juta. belum termasuk panoramic (ini harganya lupa sekitar 100rb). dan itu hanya gigi atas yaaa :D