April 11, 2008

tour d'indonesié

jalan-jalan atau travelling, sungguh menyenangkan. dari kecil saya menyukai kegiatan ini. mulai dari jalan2 sore keliling komplek, jalan2 ke tetangga sekitar rumah, jalan2 ke pusat keramaian, atau jalan2 ke tempat2 koservasi (semisal curug2, atau dago pakar.. konservasi?!). ketika sd, jiwa travelling dan jiwa adventurer dalam diri saya mulai terasah dengan kegiatan pramuka. setiap lomba kan selalu ada yg namanya hiking session, paling deket 4 KM, paling jauh rutenya sampai 20 KM. nah sesi hiking ini sesi lomba paling favorit . bener2 jalan-jalan dengan berjalan kaki. temen2 waktu sd juga rumahnya pada jauh2 dari rumah saya. mulailah saya mengasah lagi bakat travelling dan adventure saya dengan mendatangi rumah-rumah temen saya satu persatu yang jauhnya ada sekitar 25 KM dari rumah saya. kali ini g jalan kaki, tapi naek angkot. rasanya menyenangkan sekaliiiii... sampe smp dan sma, kegiatan berkeliling rumah teman2 masih berlanjut. yang radiusnya makin luas dan luas dan luas, serta debut waktu yang bisa sampai jam 11 mlm baru nyampe rumah. *hahaha...ini siyh bukan bakat travelling, tp emang doyan maen ajah!*

hal-hal yang seperti ini, yg menurut kamu sepele dan ga bisa dikatakan sebagai travelling, namun bagi saya ini merupakan sebuah modal yang lumayan untuk benar2 memulai ber-travelling. karena pengalaman2 yg tadi2 itu, sedikit banyak saya jadi punya mental penjelajah, ga takut nyasar *ini yg paling penting kalo pgn bisa travelling beneran*, tidak malu bertanya, dan selalu penasaran dengan tempat2 baru yg asik.

kalo jaman dulu yang namanya travelling bagi saya itu ya yg seperti tadi itu. mengingat ga bisa juga travelling jauh2 yg butuh duit banyak. ga lucu aja rasanya, pengen travelling ke Bali misalnya, tp minta duit sama ortu. iiiihh ga keren bgt! *kecuali k Balinya ramean sekeluarga, laen cerita*. nah berhubung jaman berganti jaman, keadaan berkembang, sekarang secara finansial saya sudah bisa berdiri sendiri. maka teringatlah saya akan cita2 sedari dulu yang pengen bgt keliling INDONESIA. dikala orang lain cita2nya keliling eropa, keliling amerika, kalo saya mah cintaaaaa bgt sama Indonesia. lah wong Indonesia yg segini luasnya aja belum saya kelilingin satu persatu. kalo saya siyh bakal malu, ngebangga2in udah keliling eropa, tp indonesia aja msh ada yg belum terjamah. jadi, sebelum saya bisa keliling dunia, saya ingin keliling indonesia dulu. jadi, nanti pas saya keliling eropa, keliling afrika, keliling amerika, dan bertemu org2 banyak, ada yg bertanya ttg spot2 oke di Indonesia, dgn lancarnya, saya bisa ceritain semuanya, krn saya kan udah keliling indonesia. dan lagi, ingatkah kalian "Visit Indonesia Year 2008" ??nah saya akan mbantu mewujudkan slogan ituw. jd misi 2008, keliling Indonesia aja yah kalian semuanyaaaa... :)

perjalanan travelling ini, tepatnya backpacking (soalnya saya mau backpacker style ajah, demi mengirit cost) insya Allah akan saya mulai bulan Juli mendatang. iya, iya, masih lama...tapi demi kelancaran perjalanan tersebut ga ada salahnya dong saya prepare lbh awal. survey semua2nya dari mulai spot2 yg asik, apa aja yg mau dilakuin nanti, nginep dimana, gmn cara nyampe tmptnya, dan sebagainya. rute perjalanan akan dimulai dari barat, pulau sumatra. menyusur hingga k timur *tp g sampai papua* dan terus k utara, ke pulau sulawesi. berhubung waktu terbatas cuti, tempat yg akan didatengin juga ga bisa banyak2. diantaranya adalah:
toba - sikuai - bali - lombok - bunaken - jogja - bandung
seperti perjalanan singkat, tapi ternyata, mendatanginya dalam satu trip aga repot juga. sampai2 saya harus mencari rute paling pas dari segi cost dan kenyamanan. bisa saja rute tersebut menjadi:
jogja - bali - lombok - bunaken - toba - sikuai (atau sikuai - toba)
atau bisa saja bagian jogja dihilangkan dan diganti dengan karimun jawa. waaaahh lbh repot lagi. malah setelah melakukan perkiraan kasar, cost yg dibutuhkan akan sama besarnya, bahkan lbh besar dengan cost yg dibutuhkan kalo kita travelling ke Phiphi Island d Thailand.hhhh.... tapi saya pantang mundur, apapun yang terjadi, saya akan tetap melakukan rencana ini. walaupun temen kantor ada yg menganggap saya g akan kuat secara fisik melakukan perjalanan ini, tp eeeiiittttsss dia melecehkan saya!!!saya jadi merasa lbh tertantang!!!!tunggu saja tanggal mainnya. dana insya allah udah cukup, slr udah siap menangkap moment2 dan spot2 oke, fisik harus dipersiapkan dari skrng dgn rajin workout hehe...paling engga lari pagi, sit-up, push-up, renang, cukup lah. okay!i'm ready for it! hidup Indonesia!

ada yg mau ikut???!

No comments: