August 13, 2008

belajar masak

kakang bilang saya harus bisa masak, at least harus udah mulai belajar masak dari sekarang kalo memang saya belum bisa masak. dia bilang "mau dikasih makan apa ntar suami sama anak2 kalo ibunya g bisa masak?emang mau beli makan tiap hari?"

saya hanya bisa tertunduk disertai perubahan roman muka waktu kakang bilang itu. walaupun kakang ga bisa liat muka saya-karena pembicaraan ini hanya lewat telepon-tapi mungkin kakang bisa tau kalo mimik saya berubah. sedetik kemudian suara kakang melembut, "makanya, km mulai belajar masak dari sekarang yaa..."

ketika datang weekend pertama pasca pembicaraan dengan kakang mengenai 'belajar masak', what a coincidence thing, teman kantor ngajak saya masak-masak d tempat tinggalnya.
cindy:"ngapain niyh wik en?"
agni:"tau niyh...bosen,gw siyh ngenet aja d kantor" (kegiatan yg jadi pilihan terakhir klo semua list kegiatan udah ga bs terlaksana)
cindy:"masak yu, ntar kita k pasar dulu"
-teringat pembicaraan dengan kakang ketika itu, tanpa pikir panjang saya menjawab-
agni:"hayuuuhh banget!!"
alhasil, jadilah kami masak-masak untuk dinner sabtu malam. saya, cindy, dan imma-dengan diketuai cindy-berangkatlah sore hari sehabis pada ngenet di kantor ke pasar sepinggan.

entah kenapa yah, bisa jadi ini pengalaman pertama saya ke pasar berbelanja bahan-bahan untuk dimasak. sebelumnya, saya ke pasar untuk menemani mamah, atau mamahnya pacar saya jaman kuliah dulu, atau membeli belut waktu jadi panitia 17an jaman masih aktif di karang taruna. kali ini, saya benar-benar berbelanja 'sendiri'. setibanya di pasar, saya baru bisa ngekor-ngekor cindy yg udah expert banget belanja dan melakukan tawar menawar sama penjual, pleus pake logat balikpapan, yang mana sangat memudahkan proses tawar menawar tersebut. gleg!hebat banget si cindy.

setelah rampung dengan membali bahan-bahan masakan, sesampainya kami di tempat imma, mulailah kami membersihkan dan mengolah bahan makanan menjadi rupa-rupa masakan. cindy sempet berenang dulu, sementara saya dan imma langsung mengambil pisau dan peralatan tempur lainnya. saya kebagian membersihkan cumi untuk diolah menjadi cumi goreng tepung-yang kata semua orang asin banget,padahal kata saya udah pas asinnya. imma mulai membersihkan sayuran untuk bahan pelengkap menu bihun gorengnya. selesai berenang, cindy sibuk menyiapkan tahu dan tempe goreng tepung beserta sambal dadak. tetangga sebelah imma, yang masih teman kami juga, Xinxin-expat dari china-datang juga join acara dinner kami dengan membawa dua masakan. oseng labu dan oseng kubis. tidak lupa kami bikin desertnya, yaitu nata de coco with orange squash. niat awalnya saya mau bikin lemon squash, tp krn kelupaan ga beli lemonnya, dan yg ada orange juice, maka jadilah buat orange squash. kebetulan cindy ada stok nata de coco. jadilah desert mantap itu, 'orange squah with nata de coco'. =)

was a great saturday nite. bagi2 tips masak memasak. tapi cape juga ya, masaknya ada kali 1jam 40 menit. tapi ngabisiinnya cuman 15 menit. karena emang udah lapar dan cape habis masak. but it really fun anyway, gals! ;p

selama proses dari mulai berangkat ke pasar, siap-siap masak, dan sampe akhirnya makan, semuanya saya reportase langsung sama kakang. kakang curiga ga yah, ko tiba2 saya jadi masak2 bgini?hehehe...
*kakang, tuh kan, saya mau ko belajar masak :D *

acara masak-memasak ini berlanjut weekend selanjutnya. kali ini masak berduaan wiwin di kosannya wiwin. dengan menu tumis kangkung ala wiwin, dan tahu asam-manis ala saya-tahu disini hambar rasanya,makanya saya modif hehehe. sukses banget kali ini, secara tingkat ke-asin-an saya dan wiwin setara, jd tidak terjadi perdebatan rasa. selain menyiapkan tahu asam manis, saya juga masak nasi. enak,pulennya pas dan takaran airnya juga.hehe...setelah semua siap, barulah neng putri muncul dan tinggal makan dengan lahapnya*lapar ya neng??!!* bela2in ga mandi dulu, takut keburu mulai makan2nya.duuhh...it was really fun also neng wing, neng puput...wareg pisan nya neng?!*kakang juga tau kali ini saya masak tukung d tempatnya wing*

walaupun bukan belajar masak makanan kesukaannya kakang-sambel goreng ati ampela dan sop daging pake makaroni-yang menunya masih terlalu repot buat saya, tapi mudah2an kakang seneng karena saya mau belajar masak. amin...

>>wah, makasih ya kakang udah nyuruh saya belajar masak, ga rugi ko belajar masak mah. walaupun pada akhirnya bukan saya yang masakin makanan buat kakang, tapi saya jadi bisa masak ;D
>>makasih juga buat cindy atas guidancenya ttg cara belanja d pasar tradisional, dan imma atas dapurnya.
>>buat wiwin, ntar kita masak kangkung lagi ya neng... ;p
>>thx juga buat putri yang bantu ngabisin tukung(tumis kangkung) beserta nasinya.hahah...dasar lo rakus banget, perut tuh perut liat... :D

2 comments:

bayudita said...

Patut dicoba nih hasilnya..kalo ke pasar mah saya sering, tapi kalo masak belum ada yang nyuruh tuh :p

agni noorgiani said...

@bayu: ya iyalah blm ada yg nyuruh...yg ada jg km bay yg nyuruh biar dimasakin... ;P