November 26, 2008

ki-ra-na



KIRANA PARIKESIT SATRIANI


sebuah nama untuk anak perempuanmu kelak...


------------

'kalau nanti aku punya anak perempuan, aku bakal kasih nama Kirana...'
'kenapa?karena kamu suka Dewa19?haha...'
'ga tau, aku suka aja sama nama itu...dari dulu...'
'belakangnya mesti ada Satria nya... Kirana bla bla bla Satria...'
'nama kamu nya mana?'
'uhmm...ya udah, klo gitu Satria nya jadi Satriani... Satria+Giani...nama aku sama kamu kan... heuheu...'
'haha...kaya Joe Satriani dong...'
'iya bener...y udah gapapa lah bagus kan...'

tiba-tiba aku teringat perbincanganku dengan Kakang beberapa waktu silam. ketika kami sedang gemar membicarakan tentang nama. nama aku, nama Kakang, dan bercerita tentang nama impian kami berdua untuk anak-anak kami kelak. ketika itu Kakang bersikeras memilih nama Kirana untuk anak perempuannya. entah mendapat ide darimana Kakang pilih nama itu. bahkan ketika aku bertanya arti dari Kirana, Kakang sendiri pun tak punya jawabannya. ketika itu dugaanku hanya satu. karena Kakang suka Dewa19. heuheu...salah satu hits single Dewa19 yang booming pada masanya adalah lagu yang berjudul Kirana. ternyata dugaanku salah, Kakang bilang punya nama itu sebelum dia kenal lagu Kirana.
setelah Kirana dijadikan nama depan, maka kami melanjutkan diskusi tentang nama tersebut. aku memberikan saran bahwa nama belakang Kirana harus mengandung unsur nama Kakang yaitu Satria. maka Satria akan menjadi nama belakang Kirana. untuk lebih mengkombimasikan antara nama Kakang dan aku, maka jadilah Satriani, gabungan dari Satria dan Giani, nama belakangku. aku ingin menambahkan satu lagi nama sebagai nama tengah Kirana, hanya saja, diskusi kami selalu mentok diseputar Kirana dan Satriani.
nama tengah Kirana masih belum kami dapati. sampai suatu ketika aku dan Kakang memutuskan untuk berpisah sebelum kami 'menghasilkan' Kirana dalam wujud nyata, nama Kirana masih saja kami bahas. meski Kirana datang dari Kakang, namun ketika itu entah kenapa aku begitu menginginkan nama Kirana menjadi nama anakku kelak. aku sudah jatuh hati pada nama itu. hingga aku memberanikan diri meminta nama itu pada Kakang.

'nama kirana, boleh buat nama anakku aja ya...'
'boleh...silahkan aja...'
'kalau nanti kamu ketemu anak perempuan yang namanya Kirana, kamu harus curiga dia anakku ya Kang...kamu juga boleh kasih nama Kirana buat anak kamu'
'iya...'

sekarang aku sudah punya nama tengah itu. nama tengah untuk Kirana. Parikesit Kang, nama tengah untuk Kirana. menurut silsilah pewayangan Jawa dan juga cerita Mahabrata, Parikesit itu adalah putra dari seorang ksatria yang namanya sama dengan nama Kakang. nama Parikesit ini aku peroleh dari hasil searching di Wikipedia. kini aku juga tahu apa arti nama Kirana dan sepertinya Kakang pun harus tahu. dengan modal searching sana-sini, dapatlah aku arti nama Kirana. bahwa Kirana mempunyai arti elok, molek, cantik. dan ketika aku iseng mengetik 'Kirana' di 'Linguist' keluarlah arti dalam bahasa Inggris 'ray' or 'beautiful'. maka aku semakin jatuh hati akan nama Kirana.

------------


5 comments:

Bayu said...

kalo gw dulu gw bakal gw kasih nama annisa wkwkw

Agni Giani said...

emng skrng udah g pgn lagi namanya annisa bay?
wkwkwk

Agni Giani said...

emng skrng udah g pgn lagi namanya annisa bay?
wkwkwk

nie said...

nama yang bagus ni... i love it...=)

Agni Giani said...

thx Nie...
cuman g tau niyh bakal beneran ada ato engga yah nama itu :D