June 25, 2009

si bontot itu bernama ririz

bulan ini mulai libur akhir taun ajaran anak2 sekolah. saat dimana tiket pesawat melonjak cukup gila yang membuat gw harus menahan diri untuk pulang ke bandung. sabar...

bulan ini, taun ini, si adik bungsu, adik cewe gw, masuk sma. sama seperti ketika dia masuk smp, seisi rumah dibuatnya sibuk mikirin 'akan kemanakah dia sekolah??' sementara si anaknya sendiri dengan santai dan cueknya menolak pilihan2 sekolah yang kita diskusikan, malah justru dia memiliki ide untuk bersekolah di sekolah swasta pilihannya.
'udah lah Ka, Dede sekolah di labschool aja'
whaaaaattt????(*&^^%$%
menyekolahkan dia di sekolah swasta ga pernah ada dipikiran gw, nyokap gw, dan adik gw yg cowo (klo bokap gw mah ngikut aja, yg penting sedia duitnya..hohoho). gw jadinya bertanya-tanya kenapa si Dede kepikiran pgn sekolah disitu. melihat nilai ujiannya yang membuat dia jadi ga bebas milih sekolah(banyak pun sekolah yg bisa d masukin, tak sesuai dgn keinginannya dan posisi sekolah yang nun jauh entah di belahan mana kota bandung), bisa jadi itu lah sebenarnya penyebab dia pasrah pgn masuk kesana. posisi yang sulit bagi dia sebagai anak bontot yg kaka-kakanya selalu(alhamdulillah) gampang masuk sekolah. dan kebetulan gw ama adik cowo gw satu sma. menjadi beban tersendiri bagi dia untuk masuk ke sma gw itu. maka sma turuntemurun itu akan berakhir hingga generasi adik gw bontot ini. menurut buku psikologi anak yg gw baca jaman dulu(jaman awal sma, nyolong punya mamah), anak bungsu akan menjadi pribadi yg unik. ada yg akan benar2 mirip dengan salah satu kakanya, dan ada yg benar2 out of the box, alias memecahkan kebiasaan yang terjadi pada kaka-kakanya dan keluarganya. nah mungkin dalam hal ini, dalam hal pendidikan, adik gw ini termasuk tipe kedua tadi kali yah.

when she was born
dari awal pembuatan adik gw, si adik ini emang bukan anak yg tercipta karena perencanaan dari ortu gw.(dengan tidak mengurangi rasa syukur), bisa dibilang adik jadi janin karena kebobolan. awal cerita adalah ketika jaman dulu nyokap gw jadi instuctor aerobic ibu2 komplek, mamah kehilangan murid2 senamnya satu persatu gara2 pada hamil. dan ibu ibu itu bilang:
'bu, udah aja aerobicnya ganti senam hamil aja, ntar ibu pk balon aja gt ngajarnya...hihi'
'ah ngapain pake balon, ya saya ikut hamil juga dong...hehe'
taadaaa!!omongan nyokap yang sekedar bercandaan berubah menjadi doa yang dikabul sama Allah. ga berapa lama(dlm hitungan minggu aja) nyokap gw pun hamil juga. whadda weird. karena saat itu nyokap gw masih pasang spiral KB. hingga akhirnya si spiral dicabut setelah usia kehamilan entah berapa minggu. dan mengingat nyokap gw saat itu sudah 37 tahun. aga riskan klo hamil.but anyway... Subhanallah, Maha Besar Allah, bahkan dipasang KB pun msh bisa hamil klo Allah memang berkehendak

proses persalinan ga jauh ajaibnya sama proses hamilnya nyokap. jam 9 pagi, nyokap masih ngajarin adik gw cowo ngerjain pr.
'udah ya, mamah pergi dulu ke rumah sakit. ini adenya udah mau lahir'
dan nyokap gw pun pergi bersama bokap ke rumah sakit. gak lama kemudian gw denger nyokap gw udah lahiran. whew! emang secepat itu ya?? pikir gw kala itu. ternyata begitu dateng ke rumah sakit, dokter kandungannya minta ijin buat sarapan dulu katanya biar ada tenaga. dan ketika nyokap gw udah pengen melahirkan, si dokter blm kunjung selesai, dan akhirnya di bantu suster sambil mengejan. dokternya dateng, si kepala adik gw udah nongol duluan. jd bisa d bilang, adik gw keluar sendiri. haha. sorenya gw ke rumahsakit, nyokap gw udah jalan-jalan aja gitu biasa. segar bugar. yg beda, perutnya jadi kempes. tetangga gw bilang, nyokap gw kaya induk kucing, abis bersalin udah bisa langsung jalan2. ah saat itu seh gw ga ngerti apa2. cuman belakangan gw tau klo nyokap berarti kuat juga, pdahal udah cukup tua buat melahirkan.

when she calls me
waktu kecil, adik gw g bisa diem. sering jatoh dari tempat tidur waktu msh jadi bayi. ampe kepalanya sering kliatan benjol, jangan2 ini pertanda adik gw jadi pemalas. hehe...
dari pertama kali dia bisa manggil gw, dia memilih untuk memanggil gw dengan sebutan Kakak(sok keren bgt niyh bocah). yg mana, sebagai keluarga sunda, panggilan itu gak common di keluarga gw. dan ketika itu, hanya ada satu satunya tetangga gw yg manggil anak besarnya dengan sebutan Kakak, itu pun rumahnya nun jauh disebelah sana nya rumah gw dan adik gw jelas2 belum berinteraksi dengannya ketika keciiill bgt dulu. hingga saat ini, adik gw si bontot tetap manggil gw Kakak, ga bisa berubah meskipun udah sering diminta manggil Teteh aja ama nyokap gw. ya sudahlah...

semales-malesnya adik gw yg cowo, dia masih mau berusaha keras, paling engga detik2 ujian. nah ini, adik gw yg ini, gw g tau entah krn dia males beneran atau cuman cari perhatian aja. heran gw ni anak ko males banget. ampe adik gw yg cowo selalu ngeluh jg ke gw. 'Teh, si dede males bgt tuh disuruh belajar gambar ngeles melulu. les bhs inggris suka males2an jg'. blm lagi nyokap gw 'ah si dede mah y gt deh Ka, waktunya les gitar, dia malah tidur'. ampun deeeehh! emang adik gw ini hobi banget cari perhatian. mentang-mentang bungsu dan bokap gw selalu nurutin kemauannya dia.

jealousy
ah terkadang (sering juga deng) gw ngiri banget ama adik gw si bontot ini. nyokap selalu belain dia klo dia udah gw marahin, alesannya krn adik gw ini emang ada penyakit yg berhubungan sama jantung. sering gw marahin adik gw yg emang suka cari perhatian melulu. ampe akhirnya dia ga akrab sama gw. bokap gw siyh bilang gw begitu krn katanya gw jadi merasa tersaingi karena kehadiran adik gw si bontot itu, yg sama2 cewe. dan kita lahir d hari yang sama yg konon katanya emang g ada bakat akur. gw ngomong apaaa, selalu dia bantah. ga pernah ada nurut2nya. beda klo yg ngomong adik gw yg cowo. apapun itu, dia pasti nurut. bahkan ketika adik gw cowo marahpun, si bontot selalu baek sama adik gw cowo(yg terkadang malah bikin risih krn ngintilin terus si tengah). gw iri berat melihat kedekatan mereka. apalagi, klo mereka udah mulai masak bareng. sambil cekikikan, bikin kue bareng. yeah, hobi mereka sama. dari mulai seneng masak, bikin kue, ngejait, menyulam, nonton tipi, lebih seneng di rumah, dan lain lain. bahkan ga jarang adik gw cewe suka melukin adik gw cowo ketika mereka nonton tivi. dan gw, merupakan kebalikan dari semua itu. alhasil, gw lah anak terasing di rumah yang ga punya temen. hikshiks. tapi enak bagi gw, mereka masak, gw yg ngabisin. klo nyokap gw udah mulai nyindir2 gara2 gw g pernah mau ikutan bikin kue, selalu gw lancarkan senjata andalan gw: 'yah..klo semuanya masak, siapa yg ngabisinnya ntar?bagi2 tugas lah, mereka masak, aku yg ngabisin..hahaha'

bagusnya, bakat-bakat dan keinginan dia udah mulai kelihatan sedari kecil. through her diary, gw ama nyokap tau klo cita2 dia jd fashion designer. bakat dan2nya udah kliatan dr jaman dulu. mana ada jaman gw dulu, anak SD yg beli lipstik 5 warna dalam 1 tube(yg pada akhirnya gw colong pas gw pindah k jkt). anting2nya udah sekotak gede(yg suka gw pinjem dan minta :D ). baju2nya aneh2, ky ada d majalah2 abege (yg terkadang suka gw pake klo plg k bdg). bahkan nyokap gw aja g segitu lihainya mbikin variasi kerudung cantik seperti yg adik gw sering buat. wkt sd dulu, klo k sekolah centil banget, kerudungnya dimacem2in. setiap hari model baru, ampe ibu2 d sekolahan yg suka pada nungguin anaknya, nanya ama nyokap gw gmn cara bikin kerudung bgitu. yang mana nyokap gw sendiri aja g tau. belum lagi bakat kecilnya dia menari. kita ga pernah masukin dia sanggar tari, tapi dia seneng bikin aneka modern dance. dan ngelatih anak2 bocah buat tarian panggung agustusan. anak2 kecil semua dia urusin(klo ini mah bakat dr nyokap haha). belum lagi kabaret. di sekolah dia ga begitu aktif ikut ekskul kaya gw, tp dia jd EO perpisahan kelasnya. hobi masak2 dan bikin kue, yg paling bikin gw concern banget. sampe2 gw pgn masukin dia k sekolah masak2 aja, biar jd chef atau ahli pastry gt. krn dia bukan hanya bikin, tp sering nyiptain makanan baru. masaknya dia ga pernah pake resep, tapi selalu bisa gw habisin ludes tuh makanan. enyaaak! terigu telor sosis nugget sayuran selalu tersedia. just in case dia pgn bikin kue ato sekedar bikin baso bakar. kabar terakhir dr mamah, dia sekarang udah jarang banget makan masakan mamah. seringnya dia masak sendiri buat makannya dia, sesuai selera dia. feel free, kata mamah. bahkan mamah bilang, si adik cowo kmrnan baru aja menciptakan menu baru. wooohooo!!!aseeekk gw pulang ntar dijamu ama masakan yg bener2 ala rumaahh made in adik2 gw... gw tinggal sikat aja. hahaha

she still my sister
y udah lah de, dimanapun kamu ingin sekolah, Kakak cuman bisa support baik mental ataupun materi. yg penting ntar kuliah harus ke tempat 'itu' biar bisa gantiin si Farrah Queen tuh. dan lebih hebat malahan. biarkan hanya gw yg menjadi korban keinginan orangtua. yg ga pernah bisa milih sekolah dari jaman dulu kala. hiks (curcol)

bip..bip... she's texting me
'Ka hari ini gajian kan?dede mu beli high heels dong buat perpisahan sklh'

whaaatt??*&^$#&$#@^%

5 comments:

Neng Lia said...

'Ka hari ini gajian kan?dede mu beli high heels duong'

aje gile....neng gw aja kagak punya hi heels disini...

ade lo TOP bgt dah :D

Agni Giani said...

tau tuh ajaran siapa..
haha...kakaknya aja kalah bo!

Ka-el said...

gw selalu pengen punya adik
-tertanda, si bontot jg

essypritacinta said...

Aww... ade gw jg niiii
si ovan seangkatan yah sm si riris?Mau masuk SMA.. susyeeee...
ah ah ah ah

pusyiiiiinnnggg..
*tapi kayaknya dyanya mah ga pusing
hehehe.. dodol ah..

Agni Giani said...

gw selalu pgn punya kakak lin...
tertanda si sulung haha

chi, ovan daftar kmn?iye sama, serumah pusing, dianya mah santey2 aja...aih enak bener jd bontot :D