October 10, 2009

kenalan lama bernama Hati

11 tahun itu berarti berapa bulan?
132 bulan kan?

132 bulan,
sejak kita pertama kali memutuskan berteman dengan hati.
sejak kita membiarkan hati itu bermain dalam diri kita masing2.
kita tidak tau, kala itu, 132 bulan yang lalu, sejak hari itu, kalau kita ternyata sedang membuat kesepakatan dengan hati untuk pada akhirnya membiarkan si hati terus bersama kita sampai hari ini.

sudah 11 tahun. sudah 132 bulan. sudah 4018 hari.

saat itu bisa saja kita berpikir kalau hati yang kita pegang bersama, yang kita percayai bersama, hanyalah hati dari monyet-monyet yang baru saja menerima otak homo sapiens. dan masih mempelajari bagaimana caranya menjadi manusia. karena 11 tahun silam, itulah kita. bocah bocah ingusan, yang mengaku sedang jatuh cinta untuk yang pertama kalinya. tak pernah terpikir akan jadi apa kedepannya, dengan hati ini yang digenggam bersama.

kita pernah, tak hanya sekali, berusaha melupakan bahwa hati kita terperangkap di tempat yang sama. berusaha mencari hati lain sebagai kenalan baru kita. masing2 dari kita berusaha mencarinya. kita sama-sama beranggapan kalau kita berhasil, lolos dari kesepakatan hati-bersama kita, dan menemukan hati masing-masing di tempat yang jauh berbeda. tapi nyatanya, kita kembali mencari hati kita bersama. bahkan hingga berulang kali, kita kembali ke tempat yang sama. kotak yang sama.

kalau saja kala itu kita tak sesumbar bersepakat untuk mulai berteman dengan hati, hari ini, masa setelah 11 tahun lewat, kita sama-sama sudah bebas. keluar dari perangkap kotak sabun yang mengurung hati kita, mengikatnya satu sama lain hingga bersesak-sesakan berada di dalamnya. dulu kotak itu sanggup menampung hati hati kecil yang bertaut. tapi kita luput, bahwasanya hati hati kecil itu kian hari kian berkembang dan bertumbuh. apa kamu yg merawatnya hingga dia tumbuh besar? mereka sekarang bersesakan, ingin keluar dan melepaskan diri dari ikatan yang bernama cinta.

lorong waktu tak pernah eksis. tak kan pernah bisa membawa kita kembali ke hari itu untuk membatalkan kesepakatan kita dalam mengenal hati bersama.

setelah 132 bulan ini...
kita akan bertahan? atau menyerah?

No comments: