December 21, 2010

motret

moto itu gak gampang sodara sodara...
satu sesi poto, saya bs jepret semisal 200 frame. tapi yg 'jadi' hanya 1 frame saja.
lain waktu, sampe 300 frame, yg layak paling 2 frame.
hufff... sampe stress juga dan berpikir, sebegitu sulitnya kah moto itu???

kirain saya ajah, ternyata bbrp teman jg mengalami hal yg sama. ahh apa mungkin karena belum ketemu 'celah' nya ya??... learning by doing.
beberapa teman ragu untuk upload fotonya d facebook. dengan alasan malu sama yg lbh jago moto. tp klo saya sih, cuek ajah. upload foto bukan untuk showoff atau menunjukkan eksistensi. tp justru ingin mendapat kritik dari tmn2 yg lebih jago, lbh paham, n lebih ngerti fotografi. nah dr kritikan tersebut, jd banyak belajar. jangan takut untuk dapet kritik tajam n komen pedas. it makes u learn.

keep jepret! utilize ur camera! listen more! n never stop learning (from the most simple one, to the most complicated one. step by step. master it one by one.)

October 10, 2010

am back ;)

after several times off from this blogging world....
well...here i am now...(again)

tp cuman mau setor muka ajah.
frankly, (and sadly) konsistensi saya dalam dunia tulis menulis semacam ini msh naik turun. bbrp bulan lalu sempat tercetus untuk benar2 fokus dalam mengasah kemampuan tulis menulis ini, tapi faktor X begitu kuat...ahh cari excuse yah...jd nya ya begini ini. tidak begitu produktif lagi. baik d blog, ato sekedar corat coret d fb.

kenapa??
itu lah pertanyaan terbesar untuk diri saya sendiri. somehow, multitasking is not that good. saya jd gampang ke distract sama hal2 lain yg (saat itu) saya anggap lbh menarik. writting, is always interesting for me. since i was in child, seriously. but how to make a good writting, the process is not always interesting, somehow.

anyhow,
writting (a good one), always be my obsession, my passion, my daily, and i (wanna) see my future in there. really wish to.

August 31, 2010

super-hot-spicy tuna with champignon


recipe for dummies:
1. oseng 1 siung bawang putih n 0.25 siung bawang bombay pake margarin ampe dah kecium bau2 harum.
2. masukan 0.25 buah paprika yg dah d potong2, ama jamur champignon kira2 0.125kg yg dah dipotong 4 (jamurnya gede sih jd potong 4 ajah).
3. sambil d oseng2, bumbuin pake gula pasir bbrp tabur, lada hitam bbrp tabur, n kira2 2 gejrot saus tiram. oseng ampe kira2 si jamur matang.
4. masukan chili-tuna kalengan, cukup 0.5kaleng atau kira2 2 sendok makan. aduk2 hingga merata. tambahkan lagi lada hitam.
5. matikan api, tambahkan sedikit garam. gak di garemin lagi pun tak apa. sesuai selera.
6. VOILA! ready to serve ;)

August 30, 2010

wanita dan masak

pernah ada satu kejadian pada tmn saya, saat pacarnya bilang:
'jd cewe ya hrs bisa msk dong.WAJIB!mau d ksh makan apa nanti suaminya, masa beli terus'
teman lain pernah, ibu pacarnya tak suka padanya krn si-calon-ibu-mertua menganggap tmn saya itu tidak bisa memasak
'ibu lbh setuju km sama si anu, dia bisa masak'

reaksi kedua teman saya sama. sedikit mangkel dan berargumen dgn pacar masing2 (meski pada akhirnya mereka putus juga).
'skrg ini kita mau masak gmn cara?kosan pun gak ada dapur. dan lg msk untuk siapa?klo hanya untuk diri sendiri lbh praktis beli. lain halnya klo sdh berumahtangga, ada suami. secapek apapun pasti kita berusaha masak. dan itu dgn penuh sukarela.'

gak ada yang salah sama kedua teman saya beserta argumennya, ataupun pacar mereka masing2 dengan alasannya. wanita harus bs masak, saya setuju. pria menuntut wanitanya bisa masak, wajar sekali. siapa yg gak ingin masak untuk suami tercinta? siapa yg gak ingin makan masakan istri tercinta?

namun alangkah lebih indah terdengar bila:
'aku gak bisa masak. aku belum jago. bagaimana?'
'tenang sayang, kan bisa liat resep. nanti kita masak bareng2 yah'
(klo yg ini pacar saya hihi :D )

indah sekali terdengarnya, sangat memanjakan telinga dan hati. membuat tentram, aman, damai, sejahtera.

semua masalah ada solusinya. termasuk urusan wanita dan masak-memasak ini. para wanita, bisa menyisihkan waktu belajar masak dikit2. jago tidaknya bkn yg terpenting, asal ada niat semua pasti bisa. para pria, menuntut masakan dr wanitanya itu wajar, bimbinglah mereka agar bisa memasak untuk kalian dari hati. dan pakai cinta. *halah*

*just my thought... happy cooking all ;)

August 28, 2010

[cooking for dummies] Tumis Jamur

ceritanya baru sempat masak yang aga seriusan (baca: baru bisa sih emang) sekarang ini. kosan lama kan ga ada dapurnya, sementara d kosan baru ini ada dapur dan enak. jadilah ini dumb n dumber cooking project ;) rasanya not bad, at least habis dimakan oleh bkn hanya saya.

(beuuh kmn ajah neng, hari gini br muley masak2 :D)

berikut resepnya: (kali ajah ada dummies macam saya yg perlu)

Tumis Jamur Pemula

bahan:
1. jamur (nmnya jamur apa sih yg lebar2 itu?)
2. paprika
3. cabe merah
4. bawang putih
5. potongan ayam kecil2

cara masak:
1. tumis bawang putih yg d cincang
2. masukan ayam yg dah d potong dadu kecil2
3. masukan cabe merah n paprika yg dah d potong (sesuka hati aja mo d potong ky apa)
4. masukan jamurnya yg dah d sobek2 jd panjang2
5. tambahkan sedikit air (biar aga berkuah n jamur jd cpt matang)
6. bumbuin deh, pake merica, gula putih, n kecap asin (ini pk feeling ajah).
7. matikan api. lalu tambahkan garam (sesuai selera)
(entah kenapa ya, saya selalu percaya sampai saat ini klo nambahin garam baiknya setelah api mati).
8. VOILA! hasilnya seperti gbr berikut:

tumis jamur


sekian dan terimakasih ;)

August 23, 2010

maka bersyukurlah...

@ManggarBase, 200810

ada yang saya cermati dari bapak penceramah menjelang buka puasa bersama jumat lalu (sblm para wanita dtg dan mengalahkan frekuensi suara si bapak penceramah).
"sesungguhnya nikmat yang begitu besar dari Allah telah kita abaikan. dan manusia lebih gembira dan bersuka cita akan nikmat Allah yang sesungguhnya kecil. analogikan begini, ketika ada nyamuk hinggap di pipi, tepat d depan mata, kita akan melihat nyamuk itu secara keseluruhan, begitu jelas. kakinya terlihat, badannya, mukanya, semuanya jelas. namun ketika gajah yang berada di depan mata kita, apa kah yang kita lihat? tentu kita tak akan melihat gajah secara keseluruhan. hanya bisa melihat (mgkn) kakinya saja, belalainya saja, atau bahkan mgkn kita tak sadar kalau itu gajah, dan malah bertanya 'makhluk apa ini?' itulah mata manusia. ketika mendapat kenikmatan berupa anak, istri, naik jabatan, kita begitu bersuka citanya tiada kira hingga merayakannya (bahkan terkdang berlebihan). padahal sesungguhnya bagi Allah itu hanyalah nikmat kecil yang diberikan-Nya. sementara, untuk udara yg kita hirup setiap detik, untuk mata yg dapat melihat sepanjang hari, seringnya kita luput untuk bersyukur akan itu. padahal itu nikmat yang begitu besar yang telah Allah beri untuk kita..."

maka layak kah bersedih untuk kehilangan suatu nikmat yg sesungguhnya kecil itu, sementara masih banyak nikmat Allah yang begitu besarnya untuk kita syukuri?
maka pantas kah kita mengabaikan nikmat yg kita anggap biasa namun sesungguhnya adalah nikmat yang tiada terkira besarnya dari Allah?

"Semua yang ada di langit dan di bumi selalu meminta kepada-Nya. Setiap waktu Dia dalam kesibukan. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"
[Ar-Rahman:29-30]

Renungan [2]

Alloh menguji keikhlasan dalam kesendirian,
Alloh memberi kedewasaan ketika masalah berdatangan,
dan Alloh melatih ketegaran dalam kesakitan

[RT @jatifallat]

worst think worst

have u ever think about the worst thing that might be happen on the wedding day?
wake up in the morning with pimples on your face?
the melted cake?
bad weather?

the worst thing is...
when the bride is not u


[Desperate Housewives - season6]

August 15, 2010

August 13, 2010

Renungan [1]

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu,
dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu;
Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”

[QS. Al-Baqarah:216]

[tips] shopping for dummies


tips shopping a la gw:

DO(s):
1. make a shopping list. ini bisa membantu km hanya mmbeli brg yg memang d BUTUHkan, menghindari ke-IMPULSIVE-an.
2. shopping with someone else. biasanya tmn pria lbh membantu. mereka lbh logik dan mengingatkan 'emng itu perlu?' klo tmn cewe sih 'setan' jg 'udaaah beli ajah' kekeke...
3. shopping setelah hari gajian. biasanya hr gini sih, kasir antri pjg, bikin males dan jdnya mengurungkan niat beli :D
4. bawa uang cash secukupnya. setelah bikin list, tentunya tau dong estimasi biaya belanja, pleus uang buat mkn. bawalah uang secukupnya. klo krg ya kurangin belajaaannya.
5. shopping when u're in a good mood and healthy. belanjalah ketika suasana hati sedang waras.

DON'T(s):
1. shopping when u're 'messed'. jgn pernah sekali2 yah, shopping ketika suasana hati lg kacaubalau dan carutmarut. ini bakal bikin km membeli segala sesuatu yg sbnrnya g d butuhin, tanpa terkecuali.
2. bring ur credit card or debit card. siap2 ajah jebol :p
3. tergiur akan tulisan SALE. ini racun bgt,brgnya emng diskon, tp rawan untuk beli item byk, jd ya sama ajah, borosss.
4. impulsive shopping. alias belanja tanpa rencana. ya tau sendiri lah akibatnya klo berbelanja tanpa rencana :D
5. mencoba-coba untuk balik krmh ngambil extra money. demi membeli brg yg ketika shopping gak kebeli krn duit yg terbatas ato krn mmg tdk ada dlm list, jgn pernah sekali-kali berusaha mencoba untuk balik k rmh ambil duit, n balik lg k mall. akan membuat semua usaha menahan napsu berbelanja sia-sia sajah.


happy shopping girls ;)

August 5, 2010

mendakilah, mungkin lelahnya akan berganti

hari ke-5

airmata rasanya sudah banyak keluar. tp kenapa tidak mengering juga. sirkulasi banyaknya asupan air dan keluarnya airmata ternyata tidak ada kaitannya. mau kamu dehidrasi sekalipun, bila lukanya masih terasa, ya masih mengalir lah airmatamu. dan masih bisa deras.

---

untuk pertama kalinya setelah 4 minggu terakhir, minggu pagi ini cerah. matahari tak lagi malu-malu, awan untuk sementara istirahat dulu. justru di kala hari cerah seperti inilah, aku bersepeda sendirian. bukan lagi batal bersepeda karena hujan, atau Sang Peneman bersepedaku yang sampai bermalam di kantor karena lembur, bukan karena itu. melainkan karena, aku sekarang sudah sendirian (lagi). hey Sang Peneman, akhir pekan ini adalah pekan terakhir sebelum Ramadhan, tidak hujan tak pula dirimu lembur. harusnya kita sedang bersepeda mendaki bukit. bukit dengan tanjakan bersudut 40derajat, yang pernah membuat aku mengap-mengap kehabisan napas, dan pernah membuatku oleng dari sepeda. dan berlanjut bubur ayam di lapangan merdeka. sayangnya tidak bisa lagi begitu bukan, karena kita sekarang sudah jalan sendiri-sendiri (lagi).

6.30, segera saja aku keluar rumah tanpa sarapan. mengayuh sepeda sejadi-jadinya di tengah jalanan minggu pagi yang masih lengang. dalam waktu hampir 20menit aku berbelok ke arah bukit. bukit yang dulu bikin aku oleng dari sepeda, dan meninggalkan memar berhari-hari di sekitar lutut kanan. kali ini aku naik bukit tanpa ada berhenti sekalipun, pun tanpa oleng dari sepeda, tanpa minum dulu, dan tanpa teman. sampai di puncak bukit, aku belum merasa lelah, tidak capek, tidak panas, belum ingin minum. aku masih ingin mendaki bukit kedua yang tanjakannya lebih curam. aku kesana. berpapasan dengan beberapa pesepeda yang berkelompok. aku sendirian. mengayuh sepeda sejadi-jadinya. sampai ke puncak bukit kedua. aku tidak kehausan. aku belum ingin minum. ingin mengalap udara sejuk yang disediakan alam, sedalam-dalamnya. harusnya begitu, tapi napas tak lagi bisa normal. terasa air asin mengalir ke bibir.

robohlah aku. sendiri dan sedih di tengah-tengah bukit berhutan yang orang bilang angker. melemparkan sepeda, helm, water bag, ingin pula rasanya menanggalkan dan meninggalkan hati yang sudah tak bisa lagi mendapat oksigen. hampa.

aku kira kelelahan karena bersepeda akan menggantikan lelahku akan kejadian 5 hari lalu. aku kira lelahku bersepeda ini akan menguras begitu banyak energi sehingga tak ada energi lagi bersisa untuk menangis. tapi ternyata, regulasinya tak begitu. tidak pernah bisa begitu. meski kita bertukar posisi, efeknya akan sama. hari ini aku tetap akan berada di tengah antah berantah, merasa semakin lelah dan sakit. maka aku harusnya bisa lebih mengerti bagaimana dirimu saat ini. mengerti jika ini juga sama beratnya untuk kamu.

---

rumputnya masih basah, sisa hujan semalam. ingin berbaring saja disini. menguapkan sakit, melebur rindu, menahan harap, dan menunggu kamu datang menemukanku.
dan semuanya akan kembali seperti dulu lagi.
kita yang sedang bersepeda bersama...

July 18, 2010

accross the deep blue ocean

'mau tanya...boleh ya...'
'ya ya apa apa?pake minta ijim segala sih haha'
'hmmm...gmn sih perasaannya ketika km yakin. merasa yakin wkt mau nikah itu,gmn perasaannya?'

mungkin untuk pertama kalinya, sepanjang pertemanan kami, ini lah kali pertama saya secara resmi bertanya hal se-serius ini. urusan yang cukup pelik bagi saya.

'hmmm...yang jelas...perasaannya itu tenang. ketika km bilang 'iya' itu adalah dgn hati yg tenang. tdk ada perasaan lain2 kecuali tenang. mantap'
'...listening...'
'ato, pun ketika km bilang 'tidak' itu jg dgn perasaan sanagat tenang. tdk ada perasaan bersalah krn menolak. sama sekali gak ada perasaan itu. hanya hati yg tenang.'
'okey...pokonya bnr2 tenang yah?'
'iyah...klo km msh suka bertanya2 'siap g yah?' nah itu berarti km blm siap'

mungkin ini kali pertama kami membahas hal se-serius ini. dgn bahasa yg serius, dgn tanggapan yg serius, dan dgn perasaan yg serius.

'minta sama Allah biar d kasih ketenangan hati. klo hatinya tenang, keputusan apappun yg km ambil, insyaallah tepat. dan yakin. mantap'
'bkn gmn kita yah?gimana Allah...'
'iya, gmn Allah. kita g kan bs maksain blg udah yakin. tp dgn hati yg msh suka berperasaan lain2. tenang...cuman itu yg kerasanya'

ahh...selalu dia bisa menjawab pertanyaan saya. apapun bentuknya, apapun temanya, apapun keadaannya. setelah lewat 7 bulan tidak pernah sua melalui media apapun, malam ini dia masih bisa mengerti arah pertanyaan saya. masih mengerti bagaimana harus menjawab tanya saya.

iya, mungkin ini kali pertamanya kami berbicara begitu serius sepanjang chatting.

'Rana...aku percaya kalo km skrg jd lebih baik...dr dl jg km dah baik'
'cuman km yang percaya Sri...yg percaya klo aku much much better. insyaallah... doanya ya Sri, biar hati ini benar2 tenang...'
'insyaallah Ra, pasti aku doain. take care ya disana'
'km jg, take care. terutama buat calon baby nya...'

July 2, 2010

birth, give a birth

akhir juni, 2010

'selamat siang, rumah sakit restu ibu'
'siang mba, bisa daftar untuk praktek mlm ini mba?'
'ke dokter siapa mba?'
'dokter kulit, bisa?'
'atas nama siapa?'
'atas nama ***m* *u****t*'
'baik, saya komfirmasi data dulu ya mba. ***m* *u****t*, komp. bla bla noXX, tanggal lahir 2 Juli 198X. betul?'
'eerrrr iya iyah mba betul...'
'baik nanti mlm tinggal datang saja ya mba. terimakasih'
'terimakasih...'

2 juli....
2 juli....
tanggal lahirnya ternyata 2 juli. dia ulang taun tanggal 2 juli.
dan gw baru tau :D


*makasih to RS Restu Ibu ;)

April 28, 2010

trouble sleeping

"...could it be i'm suffering because i never give in? won't say that i'm falling in love.
tell me i don't seem myself couldn't i blame somethin else? just don't say i'm falling in love..."

WITH YOU...

March 26, 2010

anti-collision rules

kerjaan sehari-hari kami (gw dan yg lain yg seruangan) adalah berhubungan dgn sumur2 minyak yg di bor. baik planning, execution ato evaluate. ketika planning sebuah sumur yg mo di bor, salah satu yg kita perlu adalah nge-scan seberapa dekat jarak sumur dengan sumur sekitarnya, untuk menghindari tabrakan alias collision bahasa inggraisnya mah. semakin dekat jarak dgn sumur lain, kemungkinan collision ato tabrakan semakin tinggi. singkatnya begitu.

sama hal nya kaya orang. semakin dekat hubungan kita dengan seseorang, collision itu malah semakin mungkin terjadi. gak mungkin jg kan, kita beda pendapat ampe bs bete2an klo sama org yg cuman kita kenal selewat?pastinya yg begitu, bisa terjadinya justru sama sobat sendiri, sama pasangan kita, bahkan ke keluarga. lebih bisa marah, lbh gampang merasa bete, lebih bisa meluapkan emosi, dan lebih akan cepat merasa kecewa or sakit hati ya justru sama org2 terdekat kita. karena apa? ya karena relationship yg erat itu. karena gap kita dgn org2 dekat itu kecil bahkan nyaris gak ada. apa bisa, kita komplain ttg kebiasan jelek org klo org itu br kita kenal kemarin? yg ada malah dimaki 'sape lo?ngapain protes?' tapi klo org2 terdekat kita yg blg, tentunya akan lbh didengar dan dituruti. meskipun lbh cepat tersinggung, tp akan lbh mendengar jg.

March 24, 2010

warm and fuzzy

it could give you warm feeling...
when it touch you with the right and proper way,
when it touch you with happiness,
when it touch you with heart, from the bottom.

it could give you fuzzy feeling...
when it turns you into fall.

...and you can call it LOVE

March 22, 2010

i'll get carried away

lebih dari sebulan sudah gak nge-blog. entah mengapa oh mengapa lagi gak ada sedikit pun ide. cek bebi cek di draft jg, hmm..sudah di posting semua ternyata. oh buntu sekali. habis ini, bakal diniatin lg deh ketakketik di blog.

"...March, April, May, I'll get carried away.."
(this year - Chantal Kreviazuck)

February 14, 2010

24/7

just another litle chitchat with old fella (my fella since elementary school, but she's not old yet :D), couple days ago...

miss.R: Ni... kmrn kan gw ke UGD gara2 perut bermasalah, nah pagi ini si D*** jemput gw, pegi brg k kntr. and he said 'klo mau minta anter jemput, jgn segan ya. gw 24/7 kok...' wkwkwk... gombal yak, dasar pria...'
gw:
wkwkwkwk :D
(didn't know what should i say that time)

baca chattingan sambil nyengir, nyaris ngakak. pasalnya, bbrp hari lalu nya lagi, sblm chattingan tadi terjadi, ada yg bilang ke gw
'ojeknya 24/7 kok neng...'
exactly the same, that 24/7...

24 hours a day, 7 days a week...
ternyata bukan hanya Circle K ato McD ato UGD.
but 'they' do commonly say it... xixi


*are you guys really mean it when sayin that 24/7?haha

February 5, 2010

convers(e)ation

[once upon a time...]

'itu sepatunya emang udah begitu dari
sananya?'

errrr gw liat ke sepatu gw yg compangcamping itu. warnanya abu.


'iya, dari sananya udah begini...kenapa?buluk banget yak?'


kedua kaki bersepatu buluk itu gw lipat. si sepatu bersembunyi, menghilang sementara dari pandangan.

'emang gak ada talinya dari sananya, gitu?'


sana..sana.. sana mana siyh emngnya?stop asking about my shoes for now, please..

'he eh, emang modelnya begini...'

dari rumah merasa cool, tp ternyata malu juga gw. beberapa detik menyesali akan keputusan gw pake sepatu ini. bisa jadi dia berpikir sebaliknya ttg sepatu gw, instead of cool.


just imagine how i was that nite. more or less was like this. with a black one. and the shoes were exactly the same like the one on top (much more 'compangcamping' for sure). btw, i like number 2 from the right. love it most. yes, the yellow one with the gray ox.


how bout this style?wedding with 'All Star'...
(uuh i want the purple ox sooo bad)



it'll be really cool if i could have like this on my home...
how i really wish!

January 26, 2010

c'est difficile!

curhat ah..boleh yah...

2 minggu lalu, hasil tes term pertama di level pertama les prancis di bagikan. ya ya ya ini kali ketiganya saya berada di kelas DEBUTAN a.k.a kelas pemula. kelas dasarsedasardasarnya. (jgn tanya kenapa bisa sampe 3 kali begini). hasilnya... tara! 85/100 untuk écrit (tulisan), dan 23.5/25 untuk orale (lisan). not bad lah ya... dan itu adalah hasil tertinggi di kelas. klo di bilang wajar hasilnya gede krn saya udah pernah ikutan les sblmnya, hmm ga bisa d bilang gt jg. karena skrng udah beda metode belajarnya. handbooknya jg beda. dan... trakhir kalinya saya les itu adalah lebih dari 2 taun lalu. dah lupa lagi (ngeles mode ON).

seperti biasa, (bagi saya) hal tersulit dalam belajar bahasa adalah grammar, grammaire, alias tata bahasa (grammar itu tata bahasa, gt?)
dari hasil écrit, nothing special. nilai banyak berkurang di bagian essay. well...saya msh suka lupa deh kapan pake è kapan pake é atau ê. salahkan otak saya yg udah kebanyakan msg. les kali ini jd susaaaah deh. dan yg utamanya, conjugasion. that's the hardest part of learning this language. dammit! (ooops sorry my word).
dari hasil orale, sama! nilai terendah adalah nilai di grammaire. sementara nilai comprehension dan lain2 dpt nilai penuh... giliran grammaire?! jedang! kelaut dah! hikshikshiks lemah otak!

intinya, saya harus develop bagian itu habis2an. sadar bgt kelemahan terbesarnya adalah bagian itu. owh. dan bagian grammaire ini, akan bisa berhasil dengan MENGHAPAL. yg mana dari dulu saya paling ga bisa deh yg namanya hapal menghapal. kecuali ngapalin dongeng atau sejarah kerajaan kuno Indonesia. hehe...

anyway... learning french is sooo difficult!
c'est tres tres tres difficile! *sigh*

[english aja msh belepotan, sok2an bljr bhs laen..hehe...]


January 13, 2010

patah hati

patah hati karena cowo/cewe? hmm itu siyh udah biasa. tp patah hati karena hal selain itu, beberapa org mungkin pernah mengalaminya. apa kamu pernah mengalaminya?

suatu kali saya ngajak temen saya sepedaan. berceritalah dia karenanya mengapa dia ogah sepedaan. ternyata alasannya karena dia pernah patah hati sama sepeda. alkisah ketika kecil dia gemar bersepeda hingga lupa waktu dan kejauhan genjot, papanya marah. dari situ lah dia patah hati akan sepeda. patah hati yang hingga enggan lagi bersepeda, bahkan untuk melihat si sepeda itu sendiri.


lain lagi cerita patah hati saya. sedari SD saya bercita-cita ingin jadi guru bahasa inggris SMA. spesifik. meskipun sempat terdistrak akan cita-cita lain yg datang silih berganti, tapi cita-cita itu senantiasa ada. hingga tibalah menentukan salah satu jalur hidup. SPMB. tentu saja jurusan bahasa inggris menjadi prioritas. selain prioritas lain yaitu menjadi dokter gigi (alasannya hanya krn gigi saya jelek). singkat cerita, dengan berbagai alasan, orangtua (terutama ibu) gak merestui pilihan bahasa inggris ini. sebagai anak pertama yang penurut(iya saya sering bandel dan membantah, tp untuk urusan seserius ini saya gak bisa apa2), tanpa pembela, dan gak pernah berani untuk adu argumentasi sama orangtua, walhasil saya hanya bisa menyerah. jurusan bahasa inggris pun tidak masuk kedalam daftar pilihan spmb. itulah patah hati terbesar saya. bahasa inggris.


dari situ saya patah hati se-patahhati-patahhati-nya. malas lah saya akan bahasa inggris. gak pernah lagi saya mendalami dan mempelajarinya lagi dengan sungguh2. adapun nilai bahasa inggris selalu paling tinggi ketika kuliah, tetap saja saya kena sindrom 'english blue'. dan melayang sudah impian dan cita-cita terbesar saya. menjadi 'Guru Bahasa Inggris SMA'.

bebek goyeng


ada yang kirim mms ini, ketika sedang menahan lapar...
bebek goreng. sambalnya maknyusss!
[tuesday @office, 8:37pm]

January 2, 2010

maen kartu episode 1: CEPE(100)-an


maen kartu. sapa yg ga tau? pasti semua pernah maen kartu kan, minimal tau lah ya. nah diantara semua jenis permainan kartu (baik yg resmi atau yg ga resmi) ada bbrp permainan yg memorable bagi gw.

pada kesempatan kali ini, gw akan membahas permainan cepean.
nama permainan: CEPEAN. CEPE-an.
manfaat permainan: melatih kemampuan aritmatik, cepat tanggap dalam menjumlahkan angka2.
kartu yg dibutuhkan: 1 pak cukup
jumlah pemain: besbas (enaknya lbh dari 2org)
aturan umum:
roughly, menjumlahkan kartu2 tapi jumlahnya gak boleh lbh dari 100 (cepe).
nilai-nilai kartu:
dalam permainan ini, motif kartu tak berpengaruh.
1. As sampai 9 (kecuali kartu 4): bernilai sesuai angka nya, As berarti 1 dan seterusnya
2. kartu 10: bernilai +/- 10
3. Jack: kartu pass atau lewat atau skip.
4. Queen: +/- 20
5. King: bernilai 100 atau membuat 100.
6. kartu 4: balik arah giliran buang kartu. (sejenis reverse card klo d UNO mah)
aturan maen:
- setiap pemain dibagi 4 kartu. sisa kartu d taruh telungkup d tengah meja.
- setiap pemain mengeluarkan satu kartu sambil menjumlahkan setiap kartu yg dikeluarkan dgn kartu sebelumnya.
misal: pemain#1 mengeluarkan kartu 5, pemain#2 mengeluarkan kartu 6 sambil menyebut 'sebelas' (5+6=11). begitu seterusnya, jumlahkan terus setiap kartu yg dibuang sesuai nilainya dan berputar terus menerus giliran buang kartunya. (ingat nilai setiap kartunya)
- setiap pemain mengeluarkan satu kartu, makan pemain tersebut wajib mengambil satu kartu yg ditelungkup di tengah. jd setiap pemain masing2 selalu memegang 4 kartu. kalo cangkulan kartu yg di tengah abis, kartu yg udah d buang d telungkupin lagi aja.
- apabila yg dibuang adalah kartu King, berapapun nilai total kartu yg terakhir akan menjadi bernilai 100 (total nilai maksimal yg diperbolehkan).
misal: jumlah nilai kartu adalah 75, dan dibuanglah kartu King. maka otomatis total nilai menjadi 100. buang kartu King dan berteriaklah 'cepeeeee!'
- bila ada pemain yg tak bs mengurangi nilai 100 tadi (tak ada kartu spesial), maka dia mati. yg terakhir bertahanlah pemenangnya.
misal:
contoh kasus 1: kartu ditangan gw adalah 2, 6, 5, 9. jumlah nilai kartu yg d meja adalah 99. bila gw mengeluarkan kartu 2, maka jumlah nilai menjadi 101(lbh dari 100). gak boleh. nah gw jadinya mati. begitupun bila gw mengeluarkan kartu 5, 6,or 9. jumlah nilai kartu jd lbh dari 100. mati.
contoh kasus 2: tarolah jumlah kartu d meja adalah 99. kartu d tangan gw ada J, 10, 5, 4. ini kartu cukup bagus dan aman. untuk kartu 5, ga mungkin dikeluarin krn akan membuat total nilai jd lbh dari 100. kartu 4, J, ama 10, aman buat d keluarin. bebas mau ngeluarin yg mana. bila yg d keluarkan kartu 10, maka total nilai skrng jadi 89 (fungsi -10 yg diambil). keluarkan kartu 10 sambil bilang 'delapanpuluhsembilan'. maka gw pun selamet. klo mau keluarin kartu 4 boleh. arah putaran giliran buang kartu jd reverse. lu aman juga. atau, buang kartu J yg berarti kartu pass. cuman tinggal buang kartunya aja, total nilai ga berkurang atau bertambah dan arah giliran buang kartu jg tetep aja.
contoh kasus 3: gw memegang kartu Q, 2, 8, 6. jumlah nilai kartu misalnya 80. gw bebas ngeluarin kartu mana aja, total nilai masih aman(baca: msh jauh dr 100). dan dengan gw mengeluarkan kartu Q, gw bisa membuat total nilai menjadi 100 (fungsi +20) atau menjadi 60 (fungsi -20 yg dipakai). plus minus ini berlaku juga untuk kartu 10. (ingat2 lagi nilai2 kartu spesial yg td dah disebut diatas).

segitu dulu aja kali ye, gw jg agak belibet deh neranginnya dalam bentuk tulisan gini.
selamat mencoba! sesi pertanyaan terbuka lebar kok.
klo msh bingung juga, ajakin gw aja maen kartunya :D

*tribute to Jamil, buddybuddy yg permainan kartunya segudang

This Year

This Year - Chantal Kreviazuk

This year, is gonna be incredible

This year, is gonna be the one

All the planets are lining up for me

This year, I'm gonna have fun


This year, I'll paint my masterpiece

This year, I'll be recognized

I can feel like I'll fall in love for real

This year, this year


January, I'll learn to fly

February, love's gonna find me

March, April, May, I'll get carried away
Oh, oh...

This year, I'll reach the pinnacle

This year, I'll get to the top

People will ask where she get that energy

This year, I'm never gonna stop


January, I'll learn to fly

February, love's gonna find me

March, April, May, I'll get carried away

Oh, oh, oh, oh...

January 1, 2010

momentum

bukan masalah perayaannya...(karena toh saya gak pernah merayakan)
bukan masalah pestapora...(karena toh saya gak pernah pestapora)
bukan pula masalah pergantian angka belakang tahunnya...(karena toh semua hari sama saja)

tapi momentumnya...
sensasinya....
ketika mendapati angka berganti, bertambah besar...

yang berarti waktu terus bergulir...