January 26, 2010

c'est difficile!

curhat ah..boleh yah...

2 minggu lalu, hasil tes term pertama di level pertama les prancis di bagikan. ya ya ya ini kali ketiganya saya berada di kelas DEBUTAN a.k.a kelas pemula. kelas dasarsedasardasarnya. (jgn tanya kenapa bisa sampe 3 kali begini). hasilnya... tara! 85/100 untuk écrit (tulisan), dan 23.5/25 untuk orale (lisan). not bad lah ya... dan itu adalah hasil tertinggi di kelas. klo di bilang wajar hasilnya gede krn saya udah pernah ikutan les sblmnya, hmm ga bisa d bilang gt jg. karena skrng udah beda metode belajarnya. handbooknya jg beda. dan... trakhir kalinya saya les itu adalah lebih dari 2 taun lalu. dah lupa lagi (ngeles mode ON).

seperti biasa, (bagi saya) hal tersulit dalam belajar bahasa adalah grammar, grammaire, alias tata bahasa (grammar itu tata bahasa, gt?)
dari hasil écrit, nothing special. nilai banyak berkurang di bagian essay. well...saya msh suka lupa deh kapan pake è kapan pake é atau ê. salahkan otak saya yg udah kebanyakan msg. les kali ini jd susaaaah deh. dan yg utamanya, conjugasion. that's the hardest part of learning this language. dammit! (ooops sorry my word).
dari hasil orale, sama! nilai terendah adalah nilai di grammaire. sementara nilai comprehension dan lain2 dpt nilai penuh... giliran grammaire?! jedang! kelaut dah! hikshikshiks lemah otak!

intinya, saya harus develop bagian itu habis2an. sadar bgt kelemahan terbesarnya adalah bagian itu. owh. dan bagian grammaire ini, akan bisa berhasil dengan MENGHAPAL. yg mana dari dulu saya paling ga bisa deh yg namanya hapal menghapal. kecuali ngapalin dongeng atau sejarah kerajaan kuno Indonesia. hehe...

anyway... learning french is sooo difficult!
c'est tres tres tres difficile! *sigh*

[english aja msh belepotan, sok2an bljr bhs laen..hehe...]


January 13, 2010

patah hati

patah hati karena cowo/cewe? hmm itu siyh udah biasa. tp patah hati karena hal selain itu, beberapa org mungkin pernah mengalaminya. apa kamu pernah mengalaminya?

suatu kali saya ngajak temen saya sepedaan. berceritalah dia karenanya mengapa dia ogah sepedaan. ternyata alasannya karena dia pernah patah hati sama sepeda. alkisah ketika kecil dia gemar bersepeda hingga lupa waktu dan kejauhan genjot, papanya marah. dari situ lah dia patah hati akan sepeda. patah hati yang hingga enggan lagi bersepeda, bahkan untuk melihat si sepeda itu sendiri.


lain lagi cerita patah hati saya. sedari SD saya bercita-cita ingin jadi guru bahasa inggris SMA. spesifik. meskipun sempat terdistrak akan cita-cita lain yg datang silih berganti, tapi cita-cita itu senantiasa ada. hingga tibalah menentukan salah satu jalur hidup. SPMB. tentu saja jurusan bahasa inggris menjadi prioritas. selain prioritas lain yaitu menjadi dokter gigi (alasannya hanya krn gigi saya jelek). singkat cerita, dengan berbagai alasan, orangtua (terutama ibu) gak merestui pilihan bahasa inggris ini. sebagai anak pertama yang penurut(iya saya sering bandel dan membantah, tp untuk urusan seserius ini saya gak bisa apa2), tanpa pembela, dan gak pernah berani untuk adu argumentasi sama orangtua, walhasil saya hanya bisa menyerah. jurusan bahasa inggris pun tidak masuk kedalam daftar pilihan spmb. itulah patah hati terbesar saya. bahasa inggris.


dari situ saya patah hati se-patahhati-patahhati-nya. malas lah saya akan bahasa inggris. gak pernah lagi saya mendalami dan mempelajarinya lagi dengan sungguh2. adapun nilai bahasa inggris selalu paling tinggi ketika kuliah, tetap saja saya kena sindrom 'english blue'. dan melayang sudah impian dan cita-cita terbesar saya. menjadi 'Guru Bahasa Inggris SMA'.

bebek goyeng


ada yang kirim mms ini, ketika sedang menahan lapar...
bebek goreng. sambalnya maknyusss!
[tuesday @office, 8:37pm]

January 2, 2010

maen kartu episode 1: CEPE(100)-an


maen kartu. sapa yg ga tau? pasti semua pernah maen kartu kan, minimal tau lah ya. nah diantara semua jenis permainan kartu (baik yg resmi atau yg ga resmi) ada bbrp permainan yg memorable bagi gw.

pada kesempatan kali ini, gw akan membahas permainan cepean.
nama permainan: CEPEAN. CEPE-an.
manfaat permainan: melatih kemampuan aritmatik, cepat tanggap dalam menjumlahkan angka2.
kartu yg dibutuhkan: 1 pak cukup
jumlah pemain: besbas (enaknya lbh dari 2org)
aturan umum:
roughly, menjumlahkan kartu2 tapi jumlahnya gak boleh lbh dari 100 (cepe).
nilai-nilai kartu:
dalam permainan ini, motif kartu tak berpengaruh.
1. As sampai 9 (kecuali kartu 4): bernilai sesuai angka nya, As berarti 1 dan seterusnya
2. kartu 10: bernilai +/- 10
3. Jack: kartu pass atau lewat atau skip.
4. Queen: +/- 20
5. King: bernilai 100 atau membuat 100.
6. kartu 4: balik arah giliran buang kartu. (sejenis reverse card klo d UNO mah)
aturan maen:
- setiap pemain dibagi 4 kartu. sisa kartu d taruh telungkup d tengah meja.
- setiap pemain mengeluarkan satu kartu sambil menjumlahkan setiap kartu yg dikeluarkan dgn kartu sebelumnya.
misal: pemain#1 mengeluarkan kartu 5, pemain#2 mengeluarkan kartu 6 sambil menyebut 'sebelas' (5+6=11). begitu seterusnya, jumlahkan terus setiap kartu yg dibuang sesuai nilainya dan berputar terus menerus giliran buang kartunya. (ingat nilai setiap kartunya)
- setiap pemain mengeluarkan satu kartu, makan pemain tersebut wajib mengambil satu kartu yg ditelungkup di tengah. jd setiap pemain masing2 selalu memegang 4 kartu. kalo cangkulan kartu yg di tengah abis, kartu yg udah d buang d telungkupin lagi aja.
- apabila yg dibuang adalah kartu King, berapapun nilai total kartu yg terakhir akan menjadi bernilai 100 (total nilai maksimal yg diperbolehkan).
misal: jumlah nilai kartu adalah 75, dan dibuanglah kartu King. maka otomatis total nilai menjadi 100. buang kartu King dan berteriaklah 'cepeeeee!'
- bila ada pemain yg tak bs mengurangi nilai 100 tadi (tak ada kartu spesial), maka dia mati. yg terakhir bertahanlah pemenangnya.
misal:
contoh kasus 1: kartu ditangan gw adalah 2, 6, 5, 9. jumlah nilai kartu yg d meja adalah 99. bila gw mengeluarkan kartu 2, maka jumlah nilai menjadi 101(lbh dari 100). gak boleh. nah gw jadinya mati. begitupun bila gw mengeluarkan kartu 5, 6,or 9. jumlah nilai kartu jd lbh dari 100. mati.
contoh kasus 2: tarolah jumlah kartu d meja adalah 99. kartu d tangan gw ada J, 10, 5, 4. ini kartu cukup bagus dan aman. untuk kartu 5, ga mungkin dikeluarin krn akan membuat total nilai jd lbh dari 100. kartu 4, J, ama 10, aman buat d keluarin. bebas mau ngeluarin yg mana. bila yg d keluarkan kartu 10, maka total nilai skrng jadi 89 (fungsi -10 yg diambil). keluarkan kartu 10 sambil bilang 'delapanpuluhsembilan'. maka gw pun selamet. klo mau keluarin kartu 4 boleh. arah putaran giliran buang kartu jd reverse. lu aman juga. atau, buang kartu J yg berarti kartu pass. cuman tinggal buang kartunya aja, total nilai ga berkurang atau bertambah dan arah giliran buang kartu jg tetep aja.
contoh kasus 3: gw memegang kartu Q, 2, 8, 6. jumlah nilai kartu misalnya 80. gw bebas ngeluarin kartu mana aja, total nilai masih aman(baca: msh jauh dr 100). dan dengan gw mengeluarkan kartu Q, gw bisa membuat total nilai menjadi 100 (fungsi +20) atau menjadi 60 (fungsi -20 yg dipakai). plus minus ini berlaku juga untuk kartu 10. (ingat2 lagi nilai2 kartu spesial yg td dah disebut diatas).

segitu dulu aja kali ye, gw jg agak belibet deh neranginnya dalam bentuk tulisan gini.
selamat mencoba! sesi pertanyaan terbuka lebar kok.
klo msh bingung juga, ajakin gw aja maen kartunya :D

*tribute to Jamil, buddybuddy yg permainan kartunya segudang

This Year

This Year - Chantal Kreviazuk

This year, is gonna be incredible

This year, is gonna be the one

All the planets are lining up for me

This year, I'm gonna have fun


This year, I'll paint my masterpiece

This year, I'll be recognized

I can feel like I'll fall in love for real

This year, this year


January, I'll learn to fly

February, love's gonna find me

March, April, May, I'll get carried away
Oh, oh...

This year, I'll reach the pinnacle

This year, I'll get to the top

People will ask where she get that energy

This year, I'm never gonna stop


January, I'll learn to fly

February, love's gonna find me

March, April, May, I'll get carried away

Oh, oh, oh, oh...

January 1, 2010

momentum

bukan masalah perayaannya...(karena toh saya gak pernah merayakan)
bukan masalah pestapora...(karena toh saya gak pernah pestapora)
bukan pula masalah pergantian angka belakang tahunnya...(karena toh semua hari sama saja)

tapi momentumnya...
sensasinya....
ketika mendapati angka berganti, bertambah besar...

yang berarti waktu terus bergulir...