January 26, 2010

c'est difficile!

curhat ah..boleh yah...

2 minggu lalu, hasil tes term pertama di level pertama les prancis di bagikan. ya ya ya ini kali ketiganya saya berada di kelas DEBUTAN a.k.a kelas pemula. kelas dasarsedasardasarnya. (jgn tanya kenapa bisa sampe 3 kali begini). hasilnya... tara! 85/100 untuk écrit (tulisan), dan 23.5/25 untuk orale (lisan). not bad lah ya... dan itu adalah hasil tertinggi di kelas. klo di bilang wajar hasilnya gede krn saya udah pernah ikutan les sblmnya, hmm ga bisa d bilang gt jg. karena skrng udah beda metode belajarnya. handbooknya jg beda. dan... trakhir kalinya saya les itu adalah lebih dari 2 taun lalu. dah lupa lagi (ngeles mode ON).

seperti biasa, (bagi saya) hal tersulit dalam belajar bahasa adalah grammar, grammaire, alias tata bahasa (grammar itu tata bahasa, gt?)
dari hasil écrit, nothing special. nilai banyak berkurang di bagian essay. well...saya msh suka lupa deh kapan pake è kapan pake é atau ê. salahkan otak saya yg udah kebanyakan msg. les kali ini jd susaaaah deh. dan yg utamanya, conjugasion. that's the hardest part of learning this language. dammit! (ooops sorry my word).
dari hasil orale, sama! nilai terendah adalah nilai di grammaire. sementara nilai comprehension dan lain2 dpt nilai penuh... giliran grammaire?! jedang! kelaut dah! hikshikshiks lemah otak!

intinya, saya harus develop bagian itu habis2an. sadar bgt kelemahan terbesarnya adalah bagian itu. owh. dan bagian grammaire ini, akan bisa berhasil dengan MENGHAPAL. yg mana dari dulu saya paling ga bisa deh yg namanya hapal menghapal. kecuali ngapalin dongeng atau sejarah kerajaan kuno Indonesia. hehe...

anyway... learning french is sooo difficult!
c'est tres tres tres difficile! *sigh*

[english aja msh belepotan, sok2an bljr bhs laen..hehe...]


6 comments:

Ka-el said...

ajarin Neng..
mantap nih..lgsng lancar ngmng ama client situh..
(cara cepat biar gak usah kursus..pacarin client aja tuh hehe..kan ngmngnya France smua tuh..)

Agni Giani said...

hihihi gud idea. ah tp ntar conflict of interest wkwkwk *lebay*

piqs said...

ahh,, itu betul sekaliiii... =_=

belum masculine feminine nyaa,, grao grao

tp pasti lebih gampang daripada bahasa arab deh :P

Agni Giani said...

setujuuuu emng lbh gampang dr arab haha...
arab mah yg buat k 1 org, 2 org, banyak org... waks! :D

iyul said...

hohoho..saya mah belajar espanola ge teu ngartos2.. T_T

Agni Giani said...

sami wae yul, ini jg teu ngartos2. sama kita lepel pemula :D