January 2, 2010

maen kartu episode 1: CEPE(100)-an


maen kartu. sapa yg ga tau? pasti semua pernah maen kartu kan, minimal tau lah ya. nah diantara semua jenis permainan kartu (baik yg resmi atau yg ga resmi) ada bbrp permainan yg memorable bagi gw.

pada kesempatan kali ini, gw akan membahas permainan cepean.
nama permainan: CEPEAN. CEPE-an.
manfaat permainan: melatih kemampuan aritmatik, cepat tanggap dalam menjumlahkan angka2.
kartu yg dibutuhkan: 1 pak cukup
jumlah pemain: besbas (enaknya lbh dari 2org)
aturan umum:
roughly, menjumlahkan kartu2 tapi jumlahnya gak boleh lbh dari 100 (cepe).
nilai-nilai kartu:
dalam permainan ini, motif kartu tak berpengaruh.
1. As sampai 9 (kecuali kartu 4): bernilai sesuai angka nya, As berarti 1 dan seterusnya
2. kartu 10: bernilai +/- 10
3. Jack: kartu pass atau lewat atau skip.
4. Queen: +/- 20
5. King: bernilai 100 atau membuat 100.
6. kartu 4: balik arah giliran buang kartu. (sejenis reverse card klo d UNO mah)
aturan maen:
- setiap pemain dibagi 4 kartu. sisa kartu d taruh telungkup d tengah meja.
- setiap pemain mengeluarkan satu kartu sambil menjumlahkan setiap kartu yg dikeluarkan dgn kartu sebelumnya.
misal: pemain#1 mengeluarkan kartu 5, pemain#2 mengeluarkan kartu 6 sambil menyebut 'sebelas' (5+6=11). begitu seterusnya, jumlahkan terus setiap kartu yg dibuang sesuai nilainya dan berputar terus menerus giliran buang kartunya. (ingat nilai setiap kartunya)
- setiap pemain mengeluarkan satu kartu, makan pemain tersebut wajib mengambil satu kartu yg ditelungkup di tengah. jd setiap pemain masing2 selalu memegang 4 kartu. kalo cangkulan kartu yg di tengah abis, kartu yg udah d buang d telungkupin lagi aja.
- apabila yg dibuang adalah kartu King, berapapun nilai total kartu yg terakhir akan menjadi bernilai 100 (total nilai maksimal yg diperbolehkan).
misal: jumlah nilai kartu adalah 75, dan dibuanglah kartu King. maka otomatis total nilai menjadi 100. buang kartu King dan berteriaklah 'cepeeeee!'
- bila ada pemain yg tak bs mengurangi nilai 100 tadi (tak ada kartu spesial), maka dia mati. yg terakhir bertahanlah pemenangnya.
misal:
contoh kasus 1: kartu ditangan gw adalah 2, 6, 5, 9. jumlah nilai kartu yg d meja adalah 99. bila gw mengeluarkan kartu 2, maka jumlah nilai menjadi 101(lbh dari 100). gak boleh. nah gw jadinya mati. begitupun bila gw mengeluarkan kartu 5, 6,or 9. jumlah nilai kartu jd lbh dari 100. mati.
contoh kasus 2: tarolah jumlah kartu d meja adalah 99. kartu d tangan gw ada J, 10, 5, 4. ini kartu cukup bagus dan aman. untuk kartu 5, ga mungkin dikeluarin krn akan membuat total nilai jd lbh dari 100. kartu 4, J, ama 10, aman buat d keluarin. bebas mau ngeluarin yg mana. bila yg d keluarkan kartu 10, maka total nilai skrng jadi 89 (fungsi -10 yg diambil). keluarkan kartu 10 sambil bilang 'delapanpuluhsembilan'. maka gw pun selamet. klo mau keluarin kartu 4 boleh. arah putaran giliran buang kartu jd reverse. lu aman juga. atau, buang kartu J yg berarti kartu pass. cuman tinggal buang kartunya aja, total nilai ga berkurang atau bertambah dan arah giliran buang kartu jg tetep aja.
contoh kasus 3: gw memegang kartu Q, 2, 8, 6. jumlah nilai kartu misalnya 80. gw bebas ngeluarin kartu mana aja, total nilai masih aman(baca: msh jauh dr 100). dan dengan gw mengeluarkan kartu Q, gw bisa membuat total nilai menjadi 100 (fungsi +20) atau menjadi 60 (fungsi -20 yg dipakai). plus minus ini berlaku juga untuk kartu 10. (ingat2 lagi nilai2 kartu spesial yg td dah disebut diatas).

segitu dulu aja kali ye, gw jg agak belibet deh neranginnya dalam bentuk tulisan gini.
selamat mencoba! sesi pertanyaan terbuka lebar kok.
klo msh bingung juga, ajakin gw aja maen kartunya :D

*tribute to Jamil, buddybuddy yg permainan kartunya segudang

4 comments:

iyul said...

iya iya bener, tribute to jamil..hahaha
banyak banget permainan kartunya
jadi inget maen waduk2an
tp sampai skrg naha teu bisa2 maen poker yaks?? teu ngarti2..hihihihi

Agni Giani said...

oia wawadukan... hihi episode selanjutnya bakal ngebahas itu yul.
udah tau yg jumlah2an blm yul? yg itu mah paling hese, mikir pisan.. heu

essypritacinta said...

agni eci mah lebih suka 24!! hayu atuh maen kartu deui.. euy euy..

Agni Giani said...

eci, ini serial kartu msh berlanjut ko tenang aja. yg 24 itu susah njelasinnya yak.. hehe