March 26, 2010

anti-collision rules

kerjaan sehari-hari kami (gw dan yg lain yg seruangan) adalah berhubungan dgn sumur2 minyak yg di bor. baik planning, execution ato evaluate. ketika planning sebuah sumur yg mo di bor, salah satu yg kita perlu adalah nge-scan seberapa dekat jarak sumur dengan sumur sekitarnya, untuk menghindari tabrakan alias collision bahasa inggraisnya mah. semakin dekat jarak dgn sumur lain, kemungkinan collision ato tabrakan semakin tinggi. singkatnya begitu.

sama hal nya kaya orang. semakin dekat hubungan kita dengan seseorang, collision itu malah semakin mungkin terjadi. gak mungkin jg kan, kita beda pendapat ampe bs bete2an klo sama org yg cuman kita kenal selewat?pastinya yg begitu, bisa terjadinya justru sama sobat sendiri, sama pasangan kita, bahkan ke keluarga. lebih bisa marah, lbh gampang merasa bete, lebih bisa meluapkan emosi, dan lebih akan cepat merasa kecewa or sakit hati ya justru sama org2 terdekat kita. karena apa? ya karena relationship yg erat itu. karena gap kita dgn org2 dekat itu kecil bahkan nyaris gak ada. apa bisa, kita komplain ttg kebiasan jelek org klo org itu br kita kenal kemarin? yg ada malah dimaki 'sape lo?ngapain protes?' tapi klo org2 terdekat kita yg blg, tentunya akan lbh didengar dan dituruti. meskipun lbh cepat tersinggung, tp akan lbh mendengar jg.

2 comments:

Ka-el said...

jadi inverse analoginya gimana nih..kalo gak mau collision ama "org deket"..harus di atur apanya nih?
taro lah kalo drilling berarti ada "space optimization"nya..atau "well placement"nya hahahah....nah kalo di "hubungan" berarti ada juga kali ya?
hihihi...serius amat..

Agni Giani said...

kira2 gmn lin? ide gw br sampe tahap yg gw tulis ini. lbh lanjutnya perlu penelaahan yg lbh serius lg wkwkwk... ya klo secara analogi ini, ya separation factornya mesti gede. mungkin bisa jg d gyro :p