March 21, 2011

[review] Rahasia Meede

Taruhan! bakal banyak yang gak setuju klo memilih refreshing dengan membaca novel ini. Tidak mainstream, berani beda (dari kebanyakan novel Indonesia), dengan garapan yang sangat serius. Layaknya novel-novel yang sealiran dengan hasil karya Dan Brown, tentu Rahasia Meede ini cukup 'thrilling'. Dengan kemampuan otak saya yang (sungguh) terbatas ini, alhasil waktu pembacaan jadi lama, lebih dari seminggu (akibat lama gak disuguhi bacaan 'berbobot' - salahkan novel-novel roman picisan dengan cover-nya yg menarik itu :D).


Background sejarah kolonial Belanda yang dimulai dengan sarikat dagang bernama VOC menjadi selubung cerita. Perihal mitos harta karun VOC yg konon tertanam di perut bumi negara bekas jajahan Belanda mendatangkan beberapa pihak untuk menemukannya. Masa kini... 3 peneliti muda dari Belanda, 1 mahasiswi pasca-sarjana Leiden, serta beberapa pihak pribumi yang semua carut-marut menguak tabir rahasia harta karun tersebut.

Membaca novel ini, saya diajak berkeliling ke daerah-daerah terpencil di Indonesia, diajak mengingat kembali pelajaran sejarah kolonial Belanda, berlayar dengan kapal phinisi, menyeberangi lautan hingga ke negeri kincir, sampai menyeberangi nalar pikiran dengan ikut-ikutan berasumsi akan plot cerita. Saya diajak pula berkenalan dengan Hatta dengan pidato-pidatonya dan Gandhi dengan 7-Dosa-Sosial nya. Diksi menarik, membuat 'otak bekerja'. Dan imajinasi berputar liar. 4 of 5 stars.

Lalu, apakah sebenarnya harta karun VOC itu? siapakah Meede yang menyimpan rahasia itu?

temukan rahasianya dalam Rahasia Meede ;)

1 comment:

Rusa said...

wah
justru tipe2 novel yg kek begini yg Rusa suka :)