August 5, 2011

gatal yang aneh

kemarin pagi, ketika bangun sahur tiba-tiba kedua telapak tangan saya berasa gatal. ah dikira gatal biasa. tapi ko ternyata gatalnya renyem banget. menyengat! menular ke telapak kaki juga mulai merasakan gatal yang sama. gatal di bagian dalam. jadi bingung mau garuknya juga. apalagi di bagian telapak kaki. mau digaruk juga sambil geli *menyiksa!*

lamat-lamat diperhatikan, ternyata bruntus-bruntus itu terdapat pada saya punya semua telapak. baik kaki maupun tangan. seperti ada pentul-pentul bening macam kutu air, hanya saja dia tidak muncul ke permukaan kulit. bruntusan itu berada di balik epidermis, daaan.... jumlahnya bombastis mungkin ribuaan. memenuhi seluruh telapak tangan dan kaki. gatal yang tak bisa hilang dengan digaruk sampai menyebabkan panas dan merah merona. asliii...panas! saya sampe cari-cari sesuatu yang dingin buat ditempelin ke kaki/tangan, macam logam handle pintu. berusaha menggaruk sambil berpikir... saya selalu cuci tangan dan kaki dengan proper. makanan yang terakhir saya makan adalah tumis jamur masakan sendiri. kalau karena mencuci piring dgn sabun colek, knp kaki saya kena juga. aaahh asumsi-asumsi berseliweran.

akhirnya malam ini saya yang tak tahan lagi, segera pergi ke dokter kulit di klinik terdekat dari kosan. asli dekat tinggal koprol dua kali, salto sekali, ngesot lima meter. dokternya tampak meyakinkan meski aga galak-galak tegas gimanaaa gitu *trakhir kali ke dr.kulit d Bpn, galak juga bo!* diliat-liat seluruh telapak pake bantuan kaca pembesar. jidat dokter kerut2 dikit dan bertanyalah dia dalam rangka mendiagnosa 'kerjaannya lagi banyak ya?'

saya: 'haa?apa dok?knp gt?'
dr: 'iya, kamu lg banyak kerjaan di kantor?terus kurang istirahat?'
saya: 'yaaa... lumayan lah. kurang istirahat?'
dr: 'iya, kurang tidur?'
saya: 'rasanya tidur sih lumayan cukup, klo dari segi kuantitas'
dr: 'ini bisa jadi krn km stress...banyak kerjaa tapi kurang istirahat...' *sy mah kerong dok,masa stress!?*
saya: 'hah?! gak ada salah makan atau apa gt dok?' *cari penyebab yg lbh bisa diterima akal*
dr: 'bisa juga itu dari bumbu instan...' *saya mulai bisa menerima diagnosa si dokter*
saya: 'oh'
dr: 'istirahat yang cukup, jgn dulu makan seafood ama coklat yah...' *apaaaaahhh???!!*
saya: *hanya menunduk pelan* *masih ngerasa gak puas akan konsultasi yg singkat namun mahal ini*

setelah selesai konsultasi... seperti biasa, berakhir dengan sekantong obat. berisi 2 macam tablet dan 1 tube kecil krim pereduksi gatal. saya dalam posisi percaya saja sama si dokter. insyaallah dia yang lebih kompeten. dan dengan saya pergi ke dokter adalah merupakan suatu ikhtiar mencari kesembuhan. amin.

Ya Allah, ini penyakit yang menggemaskan... mesti nahan gatel biar gak panas. pengen garuk tapi juga geli... ihik

*updated*
- obatnya gak saya minum. saya hanya pake krim nya saja, tipis2 di telapak tangan dan kaki pagi hari dan setiap tersapu air (cuci tangan, wudhu, etc). alhamdulillah 2 hari kemudian sembuh total. *curiga keras bgt tuh krim*
- dokter yang saya temui waktu itu namanya dr.Elly Moedijatmini, Sp.KK

26 comments:

bayu said...

coba googling "pompholyx" ni, gw juga pernah soalnya

-siTukangTidur- said...

coba tes alergi neng...

Agni Giani said...

bayu: iihh gbrnya serem betull gw gak sampe gt kok, tp setelah gugling emng bener tuh,

People are more likely to develop dyshidrotic eczema(pompholyx) when:
*They are under stress
*bla bla bla...

stres penyebab no 1 kekekek...

Agni Giani said...

wini: gw udah pernah tes alergi, n alergi debu gw bs jd salah satu penyebabnya neng. sodara gw yg sama2 alergi debu (n asma jg) pernah ky gini. ini gw dpt dr wikipedia sedikit kutipan:
"...It is often seen in people already susceptible to allergies and/or asthma."

penyebab lain adalah, eeerrrr... krn hormon gw yg emng (aga) gak beres (termasuk salah satu alesan knp gw dilarang dl mkn coklat). ihiks

Anonymous said...

Sampai aku tulis komen ini aku sambil garuk2 tlapak kaki kanan.hal yg sama tjadi mulai smalem kok gatel bet tlapak tangan n kaki.digosok2 smp panas.(╥﹏╥)‎​ hiks..hiks blm ke dokter.males mnm obatnya.kl krn megang cumi sotong iya gakk sih krn smlm masakin suami n aku alergi sifut*sambil garuk2 lagi.:'(♒♓ωªªª:'(</3◦°˚˚˚°◦</3:'(♒♓ωªªª​ gataalll..pengen suntik aja bs x yaa

Anonymous said...

saya lagi kena yang begituan nih,, punya sis uda sembuh belum? kalo uda, sembuhnya diapain? mohon petunjuknya... (ooaaaa... gataaaaal!!!)

Agni Giani said...

anonim1: aku gak minum obat kok. dokter emng kasih obat buat d minum, tp aku cuman pake salep nya aja.

anonim2: saya udah sembuh. diolesin salep. salepnya racikan apotek tmpt dokter kulit saya berobat. daerah cilandak, klinik Aji Waras.

Anonymous said...

msh inget gak mba nama dokter nya n dimana tmpt berobatnya??

Agni Giani said...

anonymous: nama dokternya maap saya gak ingat, yg ingat cuman dia dokter perempuan, praktek di klinik Aji Waras daerah Cilandak KKO :)

Anonymous said...

Sis, ga inget ya nama dokternya? Coz pas ngecek ke web aji waras ada 3 dokter spesialis kulit dan semuanya perempuan. Saya mau kesana jg, saya pny masalah yg sama uda dtg ke 3 dokter yg beda tp msh blm sembuh jg.

q2tatu@gmail.com said...

duhhh sama banget!! sekarang saya yang kena nih telapak tangan saya gatel2 pas bangun subuh lagi...
klo boleh tau salepnya ada merknya gk kak??

Agni Giani said...

sis, maaf banget saya lupa blas nama dokternya, nanti saya coba cari receiptnya ya, kynya ada nama dokternya disitu.

salepnya gak ber-merk, keluaran apotik nya

Agni Giani said...

untuk yg bertanya dokternya, namanya dr.Elly Moedijatmini, Sp.KK

Anonymous said...

aku juga lagi kena neh, guateeelllll....lucunya lagi aku kena "gatel yang aneh" ini hampir setiap bulan puasa, mungkin karena kurang istirahaht kali ya....
untuk mengurangi rasa gatal biasanya aku olesin propolis (maaf tdk bermaksud iklan lho) sebelum tidur, hasilnya agak membantu mengurangi rasa gatal...

Anonymous said...

Kak saya jg lg kena nihh, anehnya cuma di telapak tangan ama kaki aja sampe sela2 jari jg (saya uda dari tgl 16 agustus kenanya tp saya pikir ini karena toksin racun jd saya biarin dulu meskipun ga tahan jg ama gatelnya) skrg merambah ke punggung tangan & kaki jg tp ga gt kliatan :'(
Nama obat tabletnya apa ya kak? Mohon di bales.. trims :')

Agni Giani said...

nama obatnya saya lupa, saya gak minum tablet hanya pake salep nya aja. untuk lebih jelas, klo km di daerah jkt bisa ke klinik aji waras dgn dr.Elly Moedijatmini, Sp.KK. *bukan promosi :D

Poni said...

Lagi ngalamin juga nih mbak, dari kemarin malam, tapi cuman di jari2 tgn & telapak tgn aja. Btw sama, pas siangnya saya makan jamur tiram. Sebelumnya (feb thn lalu) saya juga kena ini gatal2 tp lebih parah, 1mggu baru sembuh :( aku msh blm ngeh penyebabnya apa nih, apa krn dingin, apa krn salah makan, apa krn rinso, abis aneh tiba2 muncul

Tracey Kim said...

sissssteeerrr...
aku jg sama niih tanda2nya kaya kamu. ada bintik2 air banyak dibawah permukaan kulit jadi ga timbul gitu, cm beruntusan ajaah. kmrn tuuh aku abis makan nasi goreng seafood ujung pandang, trus pulang kost'an nyuci baju. nah pas lagi nyuci tiba2 tangan perih dan gatal.. smpe pagi masih kaya gitu juga. malah kulit telapak tangan berasa tebel gituu..
aku sama sekali ga pny alergi apapun kecuali dingin yaah -_-
aku juga bingung apa gara2 detergent.. pdhl aku sering banget pake itu detergent ..

Elok's Blog said...

Obat salepnya apa ya? Diapotik ada?

Agni Giani said...

salepnya resep racikan apotiknya kayanya sis...

Mas Bocah said...

Aku juga nih lagi gatel di telapak kaki. Heran aja, gatel kok sampe 3 hari gak ilang. Udah pernah beberapa kali sih, tapi baru sekarang aku penasaran ini kenapa.

BTW mbak pernah kambuh lagi nggak gatelnya itu?

Hendy Setiawan said...

mbak, setelah sembuh pernah kambuh lagi nggak? mohon dijawab yaa
thanks :)

aisya wulandari said...

Bisa k dokter umum apa langsung k spesialis kulit aja kk?

aisya wulandari said...

Langsung k spesialis apa umum juga bisa kk?

Agni Giani said...

saya pernah kambuh lagi tapi setelag bbrp tahun... langsung ke spesialis aja bisa kok, klo ke dokter umum pun nanti akan dirujuk ke spesialis kulit

Andry Satria said...

Aduh saya lagi ngerasakan kak. Kedua telapak tangan saya dan kedua kaki saya telapaknya gatal gatal... gatalnya tidak ketulungan. Makin di garuk makin gatal. Macam kakak itu juga ampe saya garuk garuk pakai kemacam benda... ketemboklah,batu batalah, besilah, pisaulah, garpulah bahkan saya seduh air panas pun nih saya cuba...

Macam kayak kakak juga ciri cirinya sama 100%. Udah 5 hari ga hilang hilang. Saya kira alergi sebab saya ada alergi tapi hanya alergi Ketam/kepiting . Tapi saya sudah 3 tahun tidak makan ketam. Ini kenapa kaki. Menyiksa sangat kak pas lagi kerja... mohon bantuannya.

Jika boleh inbokskan ke saya Facebook_Singa Asia Tenggara.

Terima kasih.