August 7, 2011

hormon yang tidak beres

Ramadhan Day #7

cerita berikut adalah sedikit sharing tentang kesehatan yang sebenarnya tidak begitu related bahkan sama sekali gak ada hubungannya dengan bulan Ramadhan, hanya saja kejadiannya kebetulan bertepatan terjadi di bulan Ramadhan ini. eeerrr ini sih lebih kepada curhat ya teman-teman :D

jadi hari kemarin puasa hari ke-6, menjelang sahur perut saya sakiitt sekali. ah dikira mulas biasa karena semalamnya belum pup. ternyata saya mengalami pendarahan bulanan alias menstruasi. dan... mulesnya keterusan. sampai ke tahap bukan mulas lagi, tp sudah kram perut, melilit, dan sebagainya segala sakit perut kaya campur aduk terasa. alhasil saya gak bisa bangun sama sekali. hanya bisa kruntelan gulangguling di kasur (mana telapak kaki tangan mulai berasa gatel pula), hingga kira-kira jam 10an pagi, sepupu saya datang menyelamatkan dengan membawakan makanan dan mengambilkan obat nyeri di rak kamar saya (bahkan ke rak sebrang tempat tdr aja saya gak bisa T_T ).

setelah makan beberapa potong roti dan minum obat, dengan sangat terpaksa saya mengiyakan ajakan sepupu saya untuk evakuasi ke Depok. katanya biar kalo kerasa nyeri saya bisa langsung cepat ditolong. sepupu saya hanya berhasil mengevakuasi saya ke Depok, tidak beserta cek-up ke dokter. saya bersikeras gak mau ke dokter. **seumur-umur ini baru kali kedua saya ngalamin dysmenorrhea macam gini. yang parah sampe begini. pdhl dulu hari pertama ajah masih bisa maen basket..ihiks..**

lebih dari setahun lalu, terakhir kalinya saya ngalamin dysmenorrhea (nyeri perut ketika mens) parah gini. saya ke dokter, di beri obat anti nyeri, obat yg dimasukin lewat dubur jg, dan berakhir dengan proses USG karena sakit perut saya gak hilang hingga hari ke-5 menstruasi. setelah USG itu, berlanjut dengan kontrol 2 minggu kemudian setelah selesai mens, dan kontrol lagi 1 bulan setelah cek-up dan USG kedua itu. intinya proses yang panjang demi berujung pada keputusan: 'hormon kamu agak tidak seimbang..bla bla bla.' sungguh saya gak ngerti sebenarnya maksud dokter obgyn ini apa. iya, saya kontrol ke dokter kandungan, beberapa kali di usg hingga tes laboratorium. saya ditanya ini itu terutama pertanyaan 'ada rencana menikah?' bla bla bla... hingga disarankan ini itu termasuk 'minum pil KB yah...' haaahhhh!? pil KB!?? @_@

gak percaya gitu aja sama satu dokter, saya mendatangi 2 dokter kandungan lainnya. hasilnya tetap sama, tapi dokter terakhir lebih menenangkan. 'ga apa-apa kok mba. ini kalau mau dipastikan memang harus 'diteropong' gak bisa hanya tes lab saja. cuman gak perlu sekarang juga ndak papa...nanti kalau mau menikah cek lagi saja mbak...' terimakasih dokter, meskipun diagnosa mu itu entah benar atau tidak at least bikin saya lebih tenang. what the hack segala obat-obatan dan pil KB yang sudah setumpuk di kasih dokter sebelumnya (yg akhirnya saya kasih buat KB kucing2 cewe di rmh), gak ada yang saya minum kecuali vitamin E dosis tinggi sebagai pencegah radikal bebas (dokternya bilang sih gitu). 

balik lagi ke kejadian kemarin, itulah dia knp saya gak mau ke dokter *bandel*. karena toh hasilnya bakal sama ajah, si hormon yang agak gak beres ini. bukannya saya anti dokter, tapi malam sebelumnya kan saya baru ke dokter karena gatal-gatal itu...huwaaa masa iya 2 mlm berturut-turut ke dokter :(( *ngeles*

ini saya bukan mau nakut-nakutin teman cewe yang langganan dysmenorrhea tiap bulan yah.. tp klo memang sakit perutnya udah anomali, sebaiknya sih jangan takut buat cek ke dokter. langsung aja ke obgyn. semakin cepat diketahui ada apa, semakin baik. bisa cepat diatasi. paling gak, kalau suatu ketika kejadian lagi, udah tau kenapa. jangan ngerasa gak siap akan menghadapi kenyataan terburuk yang bakal diketahui setelah periksa. insyaalloh semua ada solusinya. later setelah mens saya selesai ini, saya akan meluangkan waktu untuk cek-up ke dokter. make sure kalau gak ada yang aneh-aneh.

3 comments:

rudi said...

kujungan perdana ^_^!

hmm gmn ya rasanya, blum pernah ngalamin,,penasaran.hihi

Nina said...

Mengalami hal yang sama juga :D.
Dokter cuma bilang "hormonnya ga seimbang" bahkan setelah 2 bulan ga datang bulan, selama bulan puasa datang bulan 20 hari lalu seminggu berikutnya datang bulan plus rasa sakit yang ga ilang2 setelah hari ke 4 ini (*jadi curhat).
Sebenernya apa ya yang bikin si hormon ini ga mau bersikap normal aja?

Unknown said...

Kalo aku gatal2 cuma dijari2 kaki kanan tp ga ada tanda apa2 kulit.a normal.cuman gatal.a itu banget2 bahkan udh. Berbulan2 gatalnya hlg dan pergi,knp yah?