August 4, 2011

penurun kolesterol

Ramadhan Day #4

Alhamdulillah, satu hari lagi tunai sudah. bersyukur buka puasa tadi ada rejeki buka puasa bersama di kantor. ada salah satu teman warga negara China yang resign, jadi farewell dengan ngadain bukber. pas lagi ambil makan,saya tadi keceplosan. saya bilang ke salah satu teman 'Mas, kolesterol! kolesterol!' ketika posisi si teman tepat sedang menciduk sup daging. dan si Mas sambil terkekeh menjawab 'duuh jangan diingetin dong, Ag...' padahal, saya bilang gitu juga ingat kalau saya (juga) mesti agak memilih makanan karena...saya...juga... kolesterol tinggi. yap! meskipun berat badan saya jauh dibawah 50kg, tapi kolesterol saya diatas batas normal.

teringat akan perbincangan seminggu lalu dengan si Mas tadi ketika saya nebeng pulang ke Bandung bersama dia dan satu teman lain, sebut saja si Akang. kami berbincang ini itu hingga tibalah pada topik seputar kesehatan. terutama perihal kolesterol. curhatlah saya tentang kolesterol saya yang diatas ambang normal. saya curhat ke mereka kalau saya bingung mesti hidup dengan cara gimana supaya kolesterol ini stabil di angka normal. saya rajin berolahraga, malah waktu di balikpapan sampai seminggu 3 kali. jumat lari, sabtu basket, minggu sepedaan. saya juga selalu makan sayur, oatmeal, dan mulai meninggalkan makanan yg lemaknya berlebihan, sejak terdiagnosa kolesterol tinggi 3 tahun lalu. sampai keputus-asaan saya yang bilang 'kolesterolku bisa turun, tapi itu kalau aku pure hanya makan sayur selama 2 bulan. dan gak makan goreng-gorengan sama sekali. ' yang tentu saja jadi ngaruh ke berat badan. menurun, dan beberapa orang bilang saya lebih pucat. tertawalah si Mas dan si Akang. karena katanya aneh, saya sudah melakukan banyak cara tapi tetep kolesterol tinggi. tetap lebih percaya kalau saya makannya segala masuk.

sampai si Akang tiba-tiba nyeletuk. celetukan yang bernada serius 'kalau gitu, kamu harus coba cara yang paling efektif. terbukti dapat menyembuhkan segala jenis sakit.' waaah apa tuh, saya jadi penasaran... 'apa tuh Kang?' (mata berbinar) 'se..de...kah...' glek! saya spechless... aaaah mungkin benar yang dibilang si Akang. saya kurang sedekah. sedekah yang saya keluarin kurang banyak dibanding rejeki yang saya peroleh. dan apakah sedekah yang udah saya keluarin juga benar-benar dikeluarkan dari 'hati'?wallohualam... tapi pastinya akan saya coba 'penurun kolesterol' yang satu ini :)

No comments: