September 28, 2011

random thing happen at kopaja

ini bukan pertama kalinya gue naek kopaja. ditambah lagi hari minggu sore, kopaja cenderung sepi. gak ada desak-desakan dan gue bisa duduk dengan tenang (bahkan terkadang ketiduran). 2000 rupiah saja untuk trip dari terminal ke terminal alias satu rit. alhasil sore hari minggu kemarin gue naiklah kopaja.

KOPAJA = koperasi angkutan jakarta
foto diambil dari sini
naik dengan bersahaja, gue dengan backpack dan tas kamera duduk damai di bangku kedua sisi kiri. setelah bayar ongkos ke abang kernet, separuh nyawa gue mulai melayang. mata mulai lebih sering tarkatup-katup. 'perjalanan masih lumayan jauh, tidur ah capek' pikir gue. keadaan masih damai terkendali.

hingga pada satu perempatan....

kopaja terpaksa berhenti terhadang lampu merah. sesosok abang-abang entah siapa dia naik ke kopaja sambil langsung berteriak. 'assalamualaikum ibu-ibu bapa-bapa... pisau ini tajam...' gue yang nyaris lelap tiba-tiba terjaga dan mulai memperhatikan abang-abang itu. 'oh ini tukang dagang kali yah, lagi demo-in ketajaman pisau nya..' gue berbincang sendiri. eh tapi mana dagangannya? ko dia gak bawa apa-apa lagi selain pisau di tangan kanannya dan.... pensil di tangan kiri. haaaa? apa maksudnya ini?? gue memfokuskan pendengaran. si abang teriak lagi 'pisau ini tajam, tapi tidak akan saya pakai untuk menodong' sambil meraut pensil. haaah maksudnya apa sih?? gue mulai berpikir keras apa maksud semua ini. 'saya butuh makan, tolonglah ibu-ibu bapa-bapa bantu. saling tolong menolong itu baik ya!' sambil tetap berteriak. haaa... dan gue masih gak gitu ngerti what the hell is goin on!? sampai...

si abang mulai meminta uang layaknya pengamen di bis. menyisir setiap orang satu persatu sambil mengulurkan tangan. pas dia melangkah ke gue... dengan masih bengong gue menggeleng kepala sambil membuat gerakan tangan 'stop' dengan maksud 'maap bang, gue gak mau ngasih'. setelah selasai, si abang turun denga terkekeh. gue getok kepala sendiri, menyadarkan diri. ngek! apa-apaan tadi itu?? abang-abang tadi bawa pisau. gimana kalau tadi pas gue gak ngasih duit, malah dia nodong gue. gileee... dan gue baru ngeh!

kopaja masih diam menanti lampu lalu lintas berganti hijau...

gue melirik keluar jendela, melihat si abang 'pemalak terselubung' tadi duduk di trotoar sambil ketawa-ketawa ngobrol ma orang. perhatian gue teralih ke seseorang yang jalan di sebelah abang itu. uwaaaw... dia ini preman apa mahluk hibrib sih... pk kaos ijo stabilo, ya meski kupingnya beranting aneh dan celana n sepatu punk gitu. gue terkekeh dalam hati.

sejurus kemudian....

'assalamualaikum ibu-ibu bapa-bapa kakak-kakak sekalian...' haaaa si preman itu naik ke kopaja gue... yes, the same kopaja yg sebelumnya telah dimasuki si pemalak aneh! more or less, dia melakukan basa basi yang sama dengan yang dilakukan pemalak-1. tanpa pisau, tapi dia dapat dipastikan sedang mabuk. alamaak!! beres basa-basi, dia pun mulai melancarkan aksi malaknya sambil terus berteriak. 'berapa aja... cepe juga saya terima. buat makan pak, bu... bayangkan jika saudara anda yang kelaparan.' tai kucing! gue mengumpat dalam hati. sial buat mas-mas yang dipalakin duluan ma dia. si mas gak mau kasih duit, dia lg terima telepon. si pemalak bilang 'masa gak punya duit mas, henpon bagus gitu. ada henpon gak ada duit, mau beli pulsa pake apa?' si mas udah face to face ama si pemalak. dia kukuh teguh tegar gak mau kasih duit. astagaaa gue langsung cari paling gak gope-an. demi menyelamatkan kamera gue. iya, gue tetep merasa parno akan dia menggeledah gue.

gue kasih lah sekeping duit 500 rupiah.

ini pengalaman terhoror gue naik kopaja. sampe gue istighfar berkali-kali. gemetar gue pun mulai tenang. dan melihat jalan yang dilalui, pertanda gak ada 15 menit lagi gue sampe. di satu halte, penumpang bergantian turun naik. dan naik pula lah mbak ini.

si mbak yang terlihat lusuh, dia menggendong anak dan...

tape gendong. lengkap beserta microphone nya. owh... dia mau karokean nampaknya. setelah permisi dan basa basi, dia menyalakan tape nya itu. jreng jreng... mulai bersenandunglah dia...
'pulangkan sajaaaa... aku pada ibukuuu... atau ayahkuuu... uwoo uwooo'
gue mengulum senyum sebisa mungkin. pengennya sih asli ngakak. karena.... gue punya memori akan lagu ini. menurut cerita nenek dan paman bibi gue, dulu waktu kecil, gue yang lebih rajin berada di rumah nenek sering banget nyanyiin lagu ini. Hati Yang Luka by Betharia Sonata. waktu itu gue berumur kira-kira di bawah 5 tahun. berlagak bak penyanyi yang muncul dari balik tirai lengkap dengan 'dummy microphone' (baca: sisir) bersenandung lagu ini *anak kecil macam apa gue ini*. sekarang gue merasa peristiwa tersebut sebenarnya adalah pem-bully-an *tega banget nenek ama paman bibi gue :( *

balik ke si mbak penyanyi tadi. selesai dia melantunkan lagu, ohoo! dengan senang hati gue kasih duit ke dia dong. suaranya juga gak fals. terimakasih mbak penyanyi, kau cukup menenangkan gue setelah peristiwa 'horor' sebelumnya ;)

hari minggu yang menarik.

bonus track :D

5 comments:

Ins Urs said...

huah! Paragarap pertama langsung bikin diegg!
Haduuuu.. *kringetan

Seharusnya telepon pakdeku aja mbak, Jackie Chan :D

Goiq said...

dulu jaman masih naek kopaja, kejadian kaya gini adalah hal yang paling menyebalkan. pernah ada yang belagu, udah minta ga sopan trus gw kasih 200 perak di lempar lagi ke gw. lah dia minta maksa, dikasih seadanya marah.. orang aneh.. hahahaha

Agni Giani said...

haduuhh iyah bikin deg2an ajah... ntr lg naek transjakarta aja deh :D

iyul said...

di daerah senen lebih banyak lagi nie..dulu tiap hari tuh ketemu yg kayak gitu. "lebih baik kita tolong menolong daripada todong menodong" gitu cenah.
weleh weleh...

Agni Giani said...

nah ini yg aku ceritain tuh P20, arah lebakbulus tp kekeke...
aneh memang yak itu org2 ckckck