September 18, 2014

eeerrrrr... agak... hororrrr....

Tetiba terlintas sebuah memori, tentang kali pertama bertemu anaknya teman kantor (yang saat itu umur 2 tahun).

*menjelang magrib di kantor*
saya: "halooo adek... namanya siapa??"
dia: *ngeliatin saya, terus balik badan... ke mamahnya...*
saya: "ihiks... kok ke yang lain mau salam dia..."
(saya merasa bukan orang yang ditakuti anak kecil kok)

kedua... ketiga kali masih begitu...


*suatu siang, saya pergi makan siang bersama mamanya anak kecil ini a.k.a teman kantor*
ngobrol naglor ngidul sampai.....
teman: "...nah, 'kebisaan-liat-makhluk-halus' ini nurun ke anak gue, kalo gue sih enggak."
saya: "owh yaaah? duuh waktu itu dia lihat apa ya di gue? kok gak pernah mau ama gue, selalu balikin badan tiap liat gue??"
teman: "wah iya juga yah... liat apa ya dia..."
saya: ....

i have no clue.

the end.

July 13, 2014

dori peri-peri

I was once tried Nando's and fell in love at the first bite. Love the taste and spicy of the sauce. And at one fine afternoon while looking for some spices, I bumped into Nando's sauce. I got no spices, but I found Nando's peri-peri sauce, extra hot one!

Nando's version Chicken peri-peri
When I arrived in my kitchen, just remember I have my dori fillet in my fridge. Aha! dori peri-peri instead of chicken peri-peri (sori Nando's, I need an improvisation. LOL).



highlight of the recipe
ingredients:
grill dori
~100gr dori fillet
masterfood garlic pepper seasoning
1/2 tbs olive oil

spinach saute
1/2 bunch spinach
1 clove fresh garlic (minced)
1 tbs unsalted butter

yellow rice
1 plate rice
1/2 cm fresh turmeric (minced)
1 clove fresh garlic (minced)
1/2 tbs cooking oil


how to cook:
1. dry dori fish fillet with paper towel, then sprinkle with garlic pepper seasoning generously. leave it to marinate.

2. heat 1/2 table spoon of cooking oil, fry garlic and turmeric till gold brown. add the rice and seasoning with salt.
3. heat 1/2 tbs unsalted butter, fry garlic till it smells good. add the spinach and stir gently till its well cooked.
4. heat 1/2 olive oil in non-sticky pan. grill dori fish in medium heat till get browned and well cooked in both side, around 10mnts.
5. voila! plating all of them together and add Nando's peri-peri sauce extra hot in grill dori.

my version (udah mirip Nando's belum? :D)

(halal) Jjamppong

Mari kita resep-resep-an lagi... Dapurku kembali mengepul dalam rangka bulan Ramadhan. Selain kalau beli makan diluar suka bosan, faktor survival jadi alasan lain. Harus masak buat sahur euy :D

Untuk menu bulan puasa, saya suka yang bersayur-sayur dan berkuah. Kali ini 'nyontek' makanan yang belakangan dilihat dari reality show dan drama Korea dalam versi halal.


bahan:
cumi basah
udang
kerang
wortel
sawi putih
kol
jamur kancing
bawang bombay
bawang putih
bawang daun
jeruk nipis
kaldu (bisa kaldu udang/kaldu apa sajah. enaknya sih kaldu seafood)
mie

bumbu:
red pepper powder
olive oil
saus tiram
minyak ikan
dashi/seafood flavour (pilihan)
garam (jika diperlukan)

*disini saya tidak pakai takaran bahan baik bumbu, dapat disesuaikan dengan selera masing-masing ya... :D
*pada prakteknya, saya skip mie. namanya masih jjamppong gak ya klo gak pake mie? hihi

 cara membuat:
1. Siapkan semua bahan. geprek+cincang bawang putih, iris sayuran dan cumi, kuliti udang dan rebus sebentar kerang terpisah menggunakan kunyit (untuk yang merasa terlalu amis). Beri sedikit perasan jeruk nipis untuk cumi dan udang. Siapkan red pepper powder sesuai selera pada mangkuk dan campur dengan olive oil hingga kental (tidak powdery lagi). Tak lupa rebus mie.
2. Panaskan olive oil secukupnya. Tumis bawang putih hingga harum lalu masukkan wortel.
3. Setelah sekian waktu, masukkan sawi putih. Selanjutnya masukkan kol kemudian jamur.
4. Tambahkan bawang bombay.
5. Masukkan cumi lalu aduk merata.
6. Menyusul udang, aduk lagi.
7. Masukkan campuran red pepper+olive oil, aduk hingga merata.
8. Masukkan kerang.
9. Tambahkan kaldu sampai secukupnya (jangan terlalu sedikit, konsepnya seperti sup). Masukkan mie yang telah direbus.
10. Bumbui dengan saus tiram, minyak ikan dan sedikit dashi. Bla kurang asin tambahkan garam. Taburi bawang daun.
11. sajikan ketika masih hangat.

July 4, 2014

Ramadhan lagi

Alhamdulillah... dipertemukan lagi dengan Ramadhan... 
Approval cuti lebaran sudah ditangan, tak ada yang perlu dikhawatirkan (fokus ibadah hoii!)

Yaudah sih itu aja (daripada blog kosong) :D

May 6, 2014

belajar dari tomat dan kentang

Kelihatannya 'enggak banget' ya... Masa tomat ama kentang. Beda spesies, beda rupa, beda bentuk, segala beda. Tapi begitu kentang menjelma jadi french fries dan tomat berubah wujud menjadi saos tomat, sekilas saja kita tahu kalau mereka pasangan yang sempurna.



Well... selagi masih menjadi kentang/tomat, kita mungkin gak akan pernah bertemu 'pasangan' yang sepadan selain kentang/tomat itu sendiri. Padahal di dunia ini banyak rupa bentuk dan 'karakter' selain yang serupa persis diri kita. Gak akan pernah nemu yang 'perfect fit' buat kita selain kita berubah dulu menjadi french fries atau saos tomat. Meski proses untuk menjadinya mungkin tidak mudah and could be painfull.

Tidak akan bertemu yang pas, cocok, match, perfect buat kita, kecuali kita 'change form' into the better one. Menjadi 'wujud' dan pribadi yang lebih 'bernilai' tinggi supaya kelak bertemu dengan pasangan yang menyempurnakan kita. There is no such a perfect couple at the beginning. Pun apabila kita saling bertemu ketika masih menjadi kentang/tomat, it would be better if both increasing the quality, become french fries and tomato ketchup. Thus, will make you a perfect couple. Inshaallah, wallahualam bissawab.

April 22, 2014

Agen Muslimah

“Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis.” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu.” maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu, dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Q.S. al-Mujadilah: 11)

Suatu pagi di taman, saya bertemu seorang perempuan asal Philipina. Dia sedang sendiri setelah satu temannya punya temu janji dengan seseorang di taman yang sama.

"Mau bareng gak? Saya sendirian"
"Oh boleh banget, saya juga jadinya sendirian kok..."

Jadilah kami berjalan-jalan di taman berdua. Ini kali pertamanya saya ke taman dan kali kedua untuk dia. Lumayan juga jadinya, bisa saling motoin hehe... Dari obrolan-obrolan peng-akrab-an diri, diketahuilah dia seorang mahasiswa yang baru beberapa bulan di Perth belajar ilmu keperawatan. Dan dia pun kepo juga sama saya.

Kings Park, Perth WA

"Kamu muslim ya berarti? kamu pake burqa" (sambil nunjuk jilbab saya)
"Ah, ya... saya bilangnya ini hijab sih..." (sambil senyum)
"Di Philipina juga ada muslim nya, tapi saya gak banyak tau tentang muslim. Bisa kasih tau saya, gimana sih muslim kultur? Saya ingin tau..."

Dan dimulailah perbincangan lebih dalam. Tentang rasa penasarannya dia mengenai Islam, mengenai muslim. Dari pertanyaan 'paling standar' kenapa berhijab? kenapa gak makan babi? kenapa gak minum alkohol? kenapa no sex before  marriage? yang sebisa mungkin saya jawab dan dengan se-logis mungkin. Jawabnya cukup pake mikir, iya mikir jawaban yang tepat yang bisa diterima jangan sampai bikin salah persepsi.

Alhamdulillah, dia bisa menerima semua jawaban saya. Tidak ada perdebatan karena judulnya dia penasaran dan memang ingin tahu. I didn't feel any burdensome... justru inilah kesempatan saya untuk meluruskan segala persepsi yang mungkin salah dari mereka yang non-muslim, memberitahukan yang benar yang mereka belum tahu dan menetralkan segala asumsi (buruk) mereka yang mungkin sempat ada. Gak salah, segala asumsi persepsi dan prasangka mereka timbul karena... mereka hanya tidak tahu. Termasuk kenalan baru saya ini.

"Oh I never know that.."
"Oh.. now it makes sense for me"
"Wow it's interesting..."

Lalu serasa ada yang mengetuk kepala saya... Sebagai seorang muslimah berhijab, saya masih jauh dari kata sempurna. Masih banyak kurangnya akan ilmu Islam. Masih kurang sana sini. Tersadar bahwa sebagai muslim tidak cukup dengan hanya 'menjadi muslim'. Tidak berhenti sampai disitu. Setiap hari harus ada ilmu baru. Dan in case dihadapkan pada situasi seperti saya ini, akan memudahkan... sekaligus syi'ar juga bukan?

Alangkah baiknya bila semua muslim (&muslimah) adalah semua orang berilmu yang dapat menjadi Islam's Representatives, 'agen' yang menyebarkan kebenaran Islam dan meluruskan segala persepsi negatif orang lain akan Islam. Allahuakbar. 

Yuk, kita perbanyak ilmu kita, perdalam lagi ilmu dan iman Islam kita. Supaya menjadi seorang agen yang baik. Inshaallah...

"Agni, terimakasih ya... saya jadi banyak tahu tentang Islam. Sebelumnya saya no clue sama sekali."
"Terimakasih kembali, sudah mau mendengarkan. Hanya itu yang bisa saya sampaikan. Ilmu saya baru sampai situ, maaf ya."
"Kita bisa bertukar email, kalau nanti saya ingin ngobrol-ngobrol lagi..."

April 15, 2014

Sore Hari di Langley Park

Penasaran aja gimana rasanya lari sore di Langley Park. Dengan niat mulia bawa sepatu lari turut serta, tentunya saya gak menyia-nyiakan kesempatan ini. Kebetulan sekali tempatnya tepat sebrang apartemen. Langley Park, lapangan rumput cukup luas. Dan di sebrangnya lagi ada bicycle dan jogging track pinggir kali -Swan River.
 
 
Sore yang cerah kemarin, gak dingin. Hangat seperti sore hari di Cimahi. Cociks banget buat lari cari keringet, dikarenakan setelah hampir 4 hari saya gak keringetan. Sama sekali (and that's bad for your complexion). Ramai orang jogging dan sebagian lagi bersepeda seliweran. Ada juga pemuda lokal yang sambil bawa kamera, habis foto-foto sama temannya kayanya sih. The air was clean, but still it's not easy for me to get sweat. Harus berapa balikan bolak-balik baru ngerasa 'panas'. Hedeeeeh...
 
Sambil nongkrong sehabis lari, kepikiran lah. Analisa saya sih, tentang kenapa orang-orang ini pada rajin lari... (dan seperti mungkin di negara-negara 4 musim lainnya) adalah untuk cari keringet. Literally. Supaya mereka berkeringat. Because sweat is good for your complexion. For your skin, for your health. Kan itu sama kaya pipis ya, buang racun dalam tubuh. Kalau gak dikeluarin (yang mungkin kurang keluar lewat pipis) ya gak bagus juga. Iya gak sih? Khususnya untuk kulit, bisa juga bersiin apa yang nempel di permukaan kulit. Iya gak sih? Intinya, ketika berkeringat, kulit jadi bagus. Kata saya sih ini mah, iya gak sih? hehehe...
 
Jadi sebenarnya, jangan menjudge sih kenapa orang Indonesia kaya pada males olahraga. Berdiri aja pinggir jalan, langsung keringetan juga. Heheheh... (well jangan ditiru juga sih, olahraga mah tetep kudu yah).
 
Ini selintas pemikiran sambil liatin orang lari lalu lalang... tanpa didasari teori medis atau dokumen pendukung :D
 
kaki napa guede sebelah >.<
 
*lagian, kalau tempat larinya kaya gini siih... ya mau laaah lari tiap hari... hahaha...*alasyaan

April 14, 2014

toilet paper vs water

Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Begitu kata peribahasa. Yang artinya kurang lebih, setiap tempat dan orang mempunyai kebiasaan dan tata cara nya masing-masing. My life, my place, my rule tea gening. Hanya...

Saya masih belum bisa paham sih, konsep cebok tanpa air (*maap kalo jijik :D ). Niatnya mulia sih, hemat air katanya. Eco friendly. Save water. Air mahal. Tapi apakah cebok tanpa air (diganti toilet paper) lebih eco friendly? Toilet paper nya terbuat dari apakah? Bagaimana tingkat ke-higienis-an cebok dengan cara demikian? Jujur, masih no clue akan hal ini :D. *kalo saya sih masih merasa geuleuh* Sebagian pelaku cebok tisu bilang sih katanya jijik tangan langsung bersentuhan sama kotoran. Tapi kan yah habisan itu bisa cuci pake sabun dan hand sanitizer. Dan makanya klo makan pake tangan satunya... Iya gak sih??


Adakah yang bisa bantu jelasin?

February 11, 2014

DIY: souvenir display

try to decorate my desk a bit, using kardus bekas :D

bahan:
- kardus bekas
- kertas kado sisa / kain sisa (optional)

peralatan:
- cutter
- penggaris
- double tape


cara buat:
1. bentuk kardus berbentuk kotak menjadi 2 segitiga (ukuran menyesuaikan pojokan kubikel). rekatkan dengan double tape.
2. siapkan kertas kado bekas / kain bekas. disini saya menggunakan kertas bekas yang satu sisinya dicetak motif (ngeprint sendiri habis browsing motifnya).
3. bungkus kardus bentuk segitiga dengan motif.
4. tada! jadi deh... siap dipasang di pojokan kubikel. rekatkan dengan double tape ke rangka kubikel (saya engga, kebetulan bebannya ringan. jadi ternyata sudah cukup stabil tanpa perekat ke rangka kubikel pun).

akhirnya si pajangan punya tempat yang cukup layak :D



January 29, 2014

rou-tine

rou·tine
ro͞oˈtēn/
noun
  1. 1.
    a sequence of actions regularly followed; a fixed program.


Bosen gak sih, setiap hari;
bangun tidur,
mandi,
kerja,
makan,
pulang kerja,
makan,
nonton,
bobo,

and repeat....


This single lady needs something else to do, something totally NEW! (status baru mungkin? #eh #curcol hihi... )

January 23, 2014

Miracle in Cell no.7

How love you are to your father?
How love a father is to his daughter?
This Korean movie tells you a very big love from a daughter to her father and vice versa.

don't be tricked by this comedy-like movie poster

Starts with a false accused to a father (with a-six-year-old mental capacity) who live only with his little daughter, this movie brings you into another side of prison-life. How heartbreak you will when you watch this movie. Hillarious and sad at the same time, just like rollercoaster. Good story and great acting from the casts makes it a perfect package.

Every movies about parents-children relationship never fail me... (I always end up with swollen eyes). So, prepare a box of tissue before watch... oh no, I suggest you to prepare a towel T.T

You may also like:
Wedding Dress
MOM / My Mom

January 16, 2014

bachelorette photo session; Riri's episode

RIRI, one of our boarding house member getting married this weekend. At last monday, after having dinner together at Citos, we held a small bachelorette party and farewell. For blessing Riri a happy wedding and marriage life. And also wish Riri and husband luck for their new life at Balikpapan later on (riri and husband are going to move to Balikpapan after their wedding). So, congrats Riri&Dipo!!

Riri, the bride-to-be
Riri& Dipo wedding will be held on this Saturday, 16 January 2014 at Padang... so sorry we cannot go to Padang Riri... :(

udah kaya photo booth di kondangan belom? :D
seperangkat wajan dibayar tunai!


January 8, 2014

little step

Dipanggil boss itu hanya ada 2 hal:
1. dikasih kabar BURUK
              atau
2. dikasih kabar BAIK


*yaealaah emang mo dikasih duit :p

January 3, 2014

random chit-chat; things I learn from watching Korean*

**pagi hari, baru pada bangun tidur sehabis semalam bbq-an**
MS: ini muka gue kok bengkak banget yaaa... liat deh...
gue: lo semalem makannya banyak... banget. semalem tidur pake AC ga? *banyak makan makanan bergaram, alias kebanyakan garam dalam darah*
MS: emang ngaruh makan banyak? pake AC kok
gue: iya... klo banyak makan terus tidurnya di suhu yang anget, suka bengkak muka... bisa jadi muka lo juga kurang air.
MS: masa sih? emang iya?
gue: iya... itu model-model makanya klo paginya ada pemotretan atau shooting iklan, mereka gak makan malem. *blablablabla* *rada ngasih penjelasan*
MS: oooh... gitu ya...
IA: gue juga baru tau nih... kok lo tau sih?
gue: nonton pelm korea... gue tau dari nonton pelm korea... haha...
MS+IA: ahh elaaaah...
gue: things i learn from watching korean movie.. jadi yaah, byk hal yang bisa didapat dari nonton pelm korea hahaha... blablabla *sokserius*
MS: pembelaan!!
*sebenernya saya gak tau sebab persisnya muka bengkak pas bangun tidur, cuman sebatas ini aja sih yang saya tau... hehe... 

**suatu sesi makan siang bersama teman-teman wanita**
MS: eh agni agni.. jadi gimana itu muka lo pake apa aja? difoto kemarin itu muka lo paling cling sendiri gitu...
gue: masa siih? *ehm ehm... geer sendiri* *ngedipin mata*
MS: huuuuu!!!... jadi pake apaan gimana? malgem itu?
gue: iya... pake malgem dan....... *ini itu gini gitu blablabla *sedikit menjelaskan step by step perawatan muka eke *agak lebay sih klo bilang perawatan, cuman ya gitu lah :D
MS: oooh gitu.. mau deh mau gue beli malgem...
WW: iya... enak itu pake malgem kenyel-kenyel bagus tuh hasilnya *bukan iklan*
IA: lo pake juga? tau darimana? si agni yang racunin?
gue: hehe iya gue... eh lo gak nanya gue tau darimana?
MS+IA: peleeem KOREAAAAA!!!!
gue: hahahaha... *nyengir*
*another -  things i learn from watching korean :D
*ini aslinyah, bukan iklan :D

Some of "things I learn from watching *Korean (show/movie/idol/etc)" :D

saya yang mana hayooh? *gak ada yg cling juga sih yaa* :))